10 Rekomendasi Susu UHT Untuk Anak 1 Tahun

Asupan yang bergizi sangat penting bagi pertumbuhan anak. Sejak lahir, anak sudah diberi asupan berupa ASI oleh Ibu agar dapat terus tumbuh dan berkembang. Saat anak semakin besar, asupan dan nutrisi yang dibutuhkan pun juga semakin banyak. Tak cukup hanya ASI, anak harus terus diberi asupan lain untuk melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya.

Bagi Ibu yang masih bingung menentukan asupan pelengkap bagi anak 1 tahun, susu UHT dapat dijadikan pilihan yang tepat. Di dalam susu UHT untuk anak 1 tahun terdapat banyak sekali vitamin dan mineral yang baik bagi pertumbuhan si kecil. Umumnya susu UHT mengandung kandungan Magnesium, zinc, fosfor, selenium, vit A, vit B, hingga vit D yang sangat baik untuk dikonsumsi anak 1 tahun. Selain dapat melengkapi nutrisi harian anak, susu UHT untuk anak 1 tahun juga tergolong praktis, mudah dibawa kemanapun, dan memiliki masa pakai atau kadaluarsa yang cukup lama.

Manfaat susu UHT untuk anak 1 tahun diantaranya adalah:

  1. Memenuhi kebutuhan nutrisi

Didalam susu UHT terdapat berbagai macam kandungan vitamin dan nutrisi yang baik bagi kesehatan anak. Mineral serta vitamin yang ada pada susu UHT sangat baik untuk melengkapi kebutuhan gizi harian pada anak 1 tahun.

  1.  Mendukung proses pertumbuhan tulang, gigi, serta saraf

Terdapat kandungan kalsium pada susu UHT. Kalsium terkenal sangat baik bagi pertumbuhan tulang dan gigi anak. Tak hanya itu, kalsium juga dapat membantu perkembangan sistem saraf serta fungsi otot pada tubuh anak.

  1. Menambah energi

Bisa dibilang, saat anak memasuki usia 1 tahun anak akan semakin aktif. Kandungan susu UHT yang diserap pada anak umur 1 tahun akan menambah energi yang masuk kedalam tubuhnya. Anak pun bisa terus aktif bermain setiap hari karena kebutuhan asupannya tercukupi.

Berikut adalah 10 rekomendasi susu UHT yang bagus untuk dikonsumsi anak 1 tahun:

  1. Ultra Mimi

Susu UHT Ultra Mimi terbuat dari 100% susu cair segar alami dan berkualitas. Didalamnya, terdapat nutrisi yang lengkap untuk anak 1 tahun mulai dari vitamin dan mineral, kolin, DHA, asam linolenat, fosfor, hingga kalsium. Di dalam susu ini terdapat jumlah kalori sebesar 90 kkal. Susu dengan tinggi kalori seperti ini akan sangat cocok untuk anak yang berat badannya masih kurang pada usia 1 tahun. 

Susu keluaran Ultrajaya ini tidak mengandung perasa dan pemanis buatan. Produk Ultra Mimi tersedia dengan beberapa varian rasa, diantaranya rasa stroberi, coklat, vanilla, dan juga full cream. Susu ini dijual dengan harga Rp3.000 persatuannya. Dan untuk ukuran 1 karton dengan isi 40 kotak dijual dengan harga sekitar Rp 103.000.

  1. Diamond Cereal

Diamond Cereal adalah salah susu UHT segar yang diolah dengan tidak memiliki kandungan pengawet di dalamnya. Didalam Diamond Cereal terkandung berbagai macam vitamin lengkap (vit A, C, D,E, K, B1, B2, B3, B5, B6), serta mineral (kalsium, seng, magnesium, fosfor, dan selenium). 

Didalam susu ini juga terdapat juga kombinasi yang dapat menambah energi sang anak. Susu Diamond Sereal tersedia dalam tiga varian rasa, yaitu sereal, sereal coklat, dan sereal stroberi. Harganya pun relatif terjangkau, Diamond Cereal dengan ukuran 125 ml dijual dengan harga Rp2.200 per kotak, dan untuk kemasan karton dengan isi 40 kotak dijual dengan harga sekitar Rp89.000.

  1. Bebelac Go!

Susu Bebelac Go! Mempunyai formula HiQ-EQ yang mampu memberikan nutrisi-nutrisi baik bagi anak. Didalamnya terkandung Omega 3 dan 6, serat pangan inulin, serta vitamin dan mineral. Kadar gula yang ada didalam susu juga tergolong lebih rendah dibandingkan dengan susu UHT pada umumnya. 

Pada susu Bebelac Go! Terdapat dua varian rasa yaitu coklat dan stroberi. Jika dibandingkan dengan susu UHT lain, susu ini dijual dengan harga yang cenderung lebih mahal.  Pada kemasan 112ml susu ini dapat dibeli dengan harga Rp4.400 per satuan, dan sekitar Rp170.000 untuk per kardus dengan isi 40 kotak.

  1. Greenfield UHT

Susu yang sudah terkenal satu ini juga mempunyai varian susu UHT yang bisa dijadikan pilihan para Ibu. Greenfield UHT terbuat dari 100% susu sapi segar dengan kandungan vit A, B1, B2, kalsium, fosfor, magnesium, zinc, hingga kolin yang sangat baik bagi anak 1 tahun.

Greenfield UHT tersedia dalam tiga varian rasa yaitu full cream, choco malt, dan stroberi. Produk ini sudah bisa didapatkan dengan harga Rp3.500 persatuannya, dan sekitar Rp139.000 per karton dengan isi 40 kotak.

  1. Dancow Enriched FortiGro

Produk susu keluaran Dancow satu ini juga mempunyai produk susu UHT bernama Dancow Enriched FortiGro. Dancow Enriched FortiGro mengandung Growth Plus Formula yang didalamnya terdapat berbagai kandungan yang sangat baik untuk anak 1 tahun diantaranya adalah zat besi, protein, zinc, kalsium, vitamin, serta biotin yang mampu membuat pertumbuhan buah hati semakin optimal. 

Susu ini terdiri dari dua varian rasa yaitu coklat dan stroberi. Dengan harga Rp2.800 susu ini sudah bisa didapatkan pada ukuran 110 ml. 

  1. Indomilk Kids UHT

Didalam Indomilk UHT terdapat beberapa kandungan gizi mulai dari vit D dan E, sumber fosfor, vit A, B2 dan B6, serta kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan anak 1 tahun. Indomilk UHT memiliki tiga varian rasa yaitu cokelat, stroberi, dan full cream. 

Bentuknya yang mungil membuat anak semakin mudah untuk menghabiskannya dalam satu kali minum. Susu ini dijual dengan harga Rp2.500 per kotak dengan ukuran 115 ml, dan sekitar Rp89.000 per kardus dengan isi 40 kotak.

  1. Frisian Flag Milky

Di dalam susu Frisian Flag Milky terdapat rangkaian zat gizi makro seperti protein, karbohidrat, dan lemak. Ada juga kandungan vitamin (vit A, B1, B2, B3, B6, B12, dan D3) serta mineral berupa kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk mencukupi kebutuhan gizi anak 1 tahun. 

Selain mudah ditemukan, susu ini juga punya citarasa yang enak. Terdapat dua varian rasa pada susu Frisian Flag Milky yaitu coklat, dan stroberi. Dengan harga Rp2.600 Ibu sudah bisa membeli 1 kotak susu Frisian Flag Milky dengan ukuran 115 ml, dan Rp125.000 per kardus dengan isi 36 kotak.

  1. Vidoran Xmart UHT

Susu Vidoran Xmart UHT adalah susu cair pertama yang didalamnya memiliki kandungan Nutriplex yang diperkaya Cod liver oil (minyak hati ikan kod). Terdapat juga berbagai kandungan vitamin tinggi kalsium serta fosfor yang sangat diperlukan bagi tumbuh kembang anak 1 tahun.

Susu ini terdiri dari dua varian rasa, yaitu coklat dan stroberi. Produk susu dengan kandungan minyak hati ikan kod ini sudah bisa didapatkan dengan harga Rp2.200 per kotak dengan ukuran 115ml. Dan untuk isi 40 dijual dengan harga sekitar Rp88.000.

  1. Morinaga Chill Go

Didalam Morinaga Chill Go terdapat kandungan nutrisi yang dapat dikatakan cukup lengkap. Satu botol susu Morinaga Chill Go terdapat serat pangan larut (inulin), serta 9 sumber vitamin dan 5 mineral yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak. Susu ini juga tidak mengandung banyak gula di dalamnya.

Jika dibandingkan dengan susu UHT lainnya, Morinaga Chill Go memiliki kemasan yang cukup berbeda. Bungkusnya terbuat dari plastik sehingga lebih tidak mudah rusak ketika tak sengaja terjatuh atau terbanting oleh anak. Morinaga Chill Go dijual dengan harga Rp4.360 per kotak dengan ukuran 114ml, dan sekitar Rp119.000 untuk satu karton dengan isi 40.

  1. Clevo UHT

Clevo UHT memiliki kandungan kolin dan juga kalsium yang sangat baik bagi kecerdasan otak serta pertumbuhan anak 1 tahun. Didalamnya juga terdapat vitamin dan fosfor yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta kalium yang dapat menjaga keseimbangan cairan pada tubuh anak.

Susu ini memiliki tiga varian rasa, yaitu coklat, stroberi, serta ice cream. Clevo UHT yang berukuran 125 ml dijual dengan harga Rp2.400 per kotak, dan Rp65.000 per karton dengan isi 30.

10 Pilihan susu UHT tersebut dapat dijadikan referensi bagi Ibu untuk memilih susu UHT apa yang dapat diberikan pada anak 1 tahun. Jika masih ragu atau enggan memberikan susu UHT karena takut akan tidak cocok pada anak, coba konsultasikan pada dokter mendapat informasi yang lebih jelas.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *