6 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

perut kembung pada bayi

Masalah kesehatan yang sering dijumpai adalah bayi kembung. Hal ini bisa ditandai dengan bayi yang tiba-tiba rewel bahkan sering kentut. Perut kembung pada bayi bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan akan membuat si kecil susah tidur. 

Perut kembung pada bayi memang tidak berbahaya. Akan tetapi, perlu dilakukan berbagai cara untuk bisa menghilangkan perut kembung dengan cara tradisional.

Mengatasi Perut Kembung pada Bayi dengan Cara Tradisional

Mengeluarkan gas dari perut bayi yang kembung bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk beberapa cara tradisional berikut ini, yaitu:

  1. Membedong Bayi

Membedong adalah membalut bayi dengan kain bedong atau selimut agar tubuh bayi jadi lebih hangat. Cara ini diyakini bisa membuat bayi lebih nyaman dan akan membantu mengeluarkan gas berlebih dari perut bayi.

Akan tetapi, perlu diingat agar tidak membedong bayi dengan terlalu kencang. Apalagi di bagian perut karena bisa menyebabkan bayi menjadi tambah kembung. Penting juga untuk melakukan teknik bedong dengan cara yang benar agar bayi tidak sesak napas atau menjadi tidak nyaman.

  1. Mandikan Bayi dengan Air Hangat

Mandi air hangat juga ternyata bisa membantu mengeluarkan angin dari perut bayi yang kembung. Mandi air hangat memang bisa membuat bayi lebih rileks. Akan tetapi, pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas agar tidak membahayakan kulit bayi.

  1. Mengoleskan Minyak Hangat ke Perut Bayi

Perut kembung pada bayi bisa dihilangkan dengan memanfaatkan minyak hangat yang dioles ke bagian perut bayi. Dengan cara ini, akan membantu mengeluarkan angin yang terjebak di perut bayi. Selain itu minyak hangat juga akan menenangkan perut bayi. Sambil mengoleskan minyak hangat, Anda bisa memberikan pijatan lembut searah jarum jam pada perut bayi.

  1. Membantu Bayi bersendawa

Sendawa bisa membuat perut kembung pada bayi jadi lebih reda. Untuk membuatnya bersendawa, gendong bayi dan tepuk bagian punggungnya setelah menyusui. Bila tidak bisa langsung bersendawa, maka cobalah untuk membaringkan bayi dengan cara terlentang selama beberapa menit.

  1. Meletakkan Bayi dalam Posisi Tengkurap

Ketika bayi mengalami perut kembung, cobalah untuk meletakkan bayi dengan posisi tengkurap atau disebut tummy time. Dengan begitu, akan ada tekanan di perutnya yang akan mendorong gas yang berlebih di perut untuk keluar. Ini termasuk cara tradisional untuk mengeluarkan angin dalam perut bayi serta juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan motorik si kecil.

  1. Menggerakkan Kaki Bayi

Cara lain menghilangkan perut kembung yang dialami bayi adalah dengan menggerakkan kaki bayi. Caranya dengan membaringkan bayi telentang. Kemudian, angkat kaki dengan lutut yang ditekuk dan gerakkan kaki bayi seperti sedang mengayuh sepeda. Teknik ini tidak hanya mampu mengatasi perut kembung tapi juga bisa mendorong usus untuk bergerak mengeluarkan angin yang terjebak di dalam perut.

Sebenarnya ada berbagai faktor penyebab bayi bisa mengalami kembung ini. Tentu, selain mengobati, hal yang perlu dilakukan adalah mencegah bayi mengalami kembung. Bagaimana caranya?

Mencegah Perut Kembung pada Bayi

Berikut beberapa cara untuk mencegah agar bayi tidak mengalami kembung.

  • Menyusui Bayi dengan Teknik yang Benar

Mencegah agar bayi tidak kembung adalah dengan memperhatikan teknik menyusui yang benar. Kenali ciri-ciri bayi saat merasa lapar dan jangan biarkan terlalu lama. Posisi bayi ketika menyusui juga perlu diperhatikan. Letakkan kepala bayi lebih tinggi dibanding perutnya. Serta pastikan agar mulut bayi benar-benar melingkupi seluruh bagian puting sehingga tidak membuat udara keluar masuk.

  • Kecocokan Bayi dengan Susu Formula

Perhatikan sebelum memberikan bayi susu formula apabila bayi mengalami intoleransi laktosa. Maksudnya, hal ini terjadi bila setelah minum susu formula bayi mengalami kembung atau bahkan diare. Hentikan dulu pemberian susu formula dan bisa dicoba lagi nanti saat usia bayi sudah bertambah.

  • Hindari Makanan yang Memicu Kembung

Anda sebagai ibu juga sebaiknya tidak memberikan bayi makanan yang berpotensi menyebabkan kembung. Atau menghindari dalam jumlah banyak dan dalam frekuensi yang sering. Ada baiknya juga berkonsultasi dengan dokter terkait jenis makanan yang sebaiknya diberikan atau tidak.

  • Bila Tidak Diperlukan, Hindari Penggunaan Kipas Angin

Jika udara tidak terlalu panas, sebaiknya Anda tidak mengipas si kecil dengan kipas tangan, kipas kertas, atau kipas angin. Selain menyebabkan perut kembung, kipas angin juga bisa menyebabkan masalah pernapasan pada bayi jika terlalu berlebihan.

  • Perhatikan saat Bayi Minum Melalui Botol

Minum melalui botol sebenarnya tidak berbeda dengan ketika minum ASI ibu. Namun, saat minum dari botol, pastikan agar dot berada di atas dan tegak ke atas di mulut bayi. Sehingga mencegah munculnya gelembung udara dalam dot yang bisa tertelan bayi. Kemudian pastikan juga agar dot bayi tidak dilubangi terlalu besar.

Itulah cara mengatasi dan mencegah terjadinya perut kembung pada bayi. Perhatikan berbagai hal yang dilakukan pada anak agar tidak mengalami kembung.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *