5 Bahan Alami Pengganti Salep Ruam Popok

Salep Ruam Popok

Salah satu kepusingan para ibu adalah menghadapi ruam kemerahan pada kulit bayi yang muncul akibat penggunaan popok. Jika ruam ini sudah timbul, kemungkinan kulit bayi akan lecet dan terinfeksi pun menjadi lebih rentan dan pengobatannya akan menjadi kian sulit. 

Sebenarnya, saat ini sudah banyak produk salep ruam popok yang bisa segera meredakan kekhawatiran Anda dalam menghadapi keluhan kulit buah hati. Namun, tidak jarang pula ibu yang ragu menggunakan salep-salep tersebut karena khawatir akan ketergantungan maupun kontra indikasi yang menyebabkan alergi atau infeksi yang tidak diharapkan. 

Kalau Anda termasuk golongan ibu yang tidak terlalu yakin dengan penggunaan salep ruam popok yang diproduksi secara massal, tidak ada salahnya mencoba membuat racikan sendiri untuk menyembuhkan ruam si kecil akibat popok. Beberapa bahan alami di bawah ini nyatanya ampuh untuk membuat kulit bayi kembali mulus dan Anda bisa lebih tenang menggunakan popok untuk sang buah hati.

  1. Minyak Kelapa 

Minyak kelapa adalah salep ruam popok yang paling sempurna untuk bayi Anda. Mengekstrak minyak kelapa murni nyatanya dapat berfungsi sebagai anti jamur dan anti bakteri untuk kulit anak yang cenderung sensitif. Anda bisa membuatnya sendiri dengan memasak kelapa murni dalam jangka waktu agak lama sampai seluruh minyaknya keluar. Setelah itu, Anda tinggalnya menaruh dalam wadah untuk sesering mungkin digunakan di selangkangan dan pantat bayi guna mencegah munculnya ruam. 

  1. Lidah Buaya 

Lidah buaya sangat efektif membuat kulit lebih lembab sehingga mencegah iritasi. Sudah banyak produk kecantikan dunia yang menggunakan bahan alami dari lidah buaya untuk menghasilkan salep dengan kualitas terbaik. Tidak jarang pula ditemukan salep ruam popok yang salah satu bahannya merupakan gel lidah buaya. Lalu, kenapa Anda tidak mencobanya mengambil lidah buaya dari halaman depan rumah Anda untuk di ekstrak gel nya guna menjadi salep buatan sendiri?

  1. Soda Kue 

Manfaat soda kue sebagai bahan natural untuk membersihkan peralatan rumah tangga sudah terbukti ampuh. Namun, tahukah Anda bahan alami ini juga dapat menjadi salep ruam popok yang efektif? Ini karena soda kue merupakan bentuk garam yang sangat basa yang dapat menetralkan bakteri dan keasaman pada kulit yang biasanya disebabkan oleh penggunaan popok yang kotor atau terlalu lama. Ketika dioleskan ke kulit anak, soda kue akan membuat, membunuh bakteri, menurunkan peradangan, sampai mengurangi kemerahan pada kulit sang buah hati.Kemampuan ini terjadi karena soda kue mampu dengan cepat membunuh bakteri dan menetralkan pH kulit bayi Anda.

  1. Tepung Jagung 

Coba periksa bahan dan bumbu masakan di dapur Anda, apakah ada tepung jagung di antaranya? Jika iya, jangan ragu menggunakan tepung jagung sebagai alternatif salep ruam popok untuk buah hati Anda. Penggunaan tepung jagung pada selangkangan dan popok bayi akan membuat area kulit anak menjadi lebih kering. Ruam popok sendiri timbul karena kulit bayi terlalu lama dalam kondisi lembab. Namun ketika memakaikan tepung jagung ke bagian ruam kulit bayi, cukup taburi sedikit saja dan oleskan secara merata. Setelah itu, Anda bisa kembali memasangkan popok ke anak. 

  1. Cuka Apel 

Satu lagi bahan alami yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengganti peran salep ruam popok! Cuka apel termasuk bahan alami yang efektif membuat ruam pada kulit anak berkurang. Anda harus tahu bahwa ruam akibat popok bisa juga terjadi karena kulit bayi menjadi sangat basa karena kondisi popok yang basah. Kondisi kulit yang terlalu basah mudah membuat munculnya masalah kulit kering yang berujung iritasi. Penggunaan cuka apel bisa membuat kebasaan kulit berkurang. Anda tinggal merendam pantat bayi dengan racikan sedikit cuka apel selama 10 menit, kemudian langsung bersihkan dengan air hangat. 

Perlu diingat, tidak semua bahan alami tersebut cocok di kulit anak Anda. Jika muncul reaksi alergi atau ruam bertambah parah, jangan ragu kontrol ke dokter. Menggunakan salep ruam popok pun karena tidak ada bahan alami yang cocok pun sah-sah saja Anda lakukan. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *