Neuropati perifer adalah suatu kondisi yang menyebabkan kelemahan, nyeri, dan mati rasa pada ekstremitas Anda (biasanya tangan dan kaki). Saraf tepi Anda mengirim pesan dari otak dan sumsum tulang belakang ke seluruh tubuh Anda. Ketika saraf-saraf tersebut rusak, pesan-pesan ini terputus dan memengaruhi bagaimana tubuh Anda merespons rasa sakit, suhu, dan refleks lainnya. Dolo Neurobion tablet merupakan salah satu obat berkhasiat untuk mengatasi nyeri yang diakibatkan karena adanya gangguan pada saraf.

Ini sering kali disebabkan oleh kerusakan pada saraf tepi. Beberapa hal dapat menyebabkan kerusakan ini:

  • diabetes mellitus
  • cedera traumatis
  • alkoholisme
  • infeksi

Efek neuropati perifer dapat berkembang secara tiba-tiba atau dapat menyebar perlahan seiring waktu.

Metode perawatan bervariasi tergantung pada penyebab kondisinya. Banyak metode alami dan tradisional berfokus pada meredakan gejala nyeri.

Perawatan untuk neuropati perifer tergantung pada penyebabnya. Beberapa perawatan umum melibatkan terapi fisik, pembedahan, dan suntikan untuk meningkatkan tekanan saraf. Perawatan lain berfokus pada pengurangan rasa sakit dan ketidaknyamanan dengan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas seperti ibuprofen atau aspirin.

Ada juga sejumlah perawatan alami untuk membantu mengurangi gejala dan neuropati perifer.

  1. Vitamin

Beberapa kasus neuropati perifer berhubungan dengan kekurangan vitamin. Vitamin B sangat penting untuk kesehatan saraf Anda. Kekurangan dapat menyebabkan kerusakan saraf yang signifikan.

Meskipun Anda bisa mendapatkan vitamin B dari makanan Anda, dokter Anda mungkin juga merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen. Tetap berpegang pada dosis yang disarankan untuk mencegah toksisitas dan gejala yang memburuk.

Vitamin D juga dapat membantu mencegah nyeri saraf. Kulit Anda biasanya menghasilkan vitamin D sebagai respons terhadap sinar matahari. Kekurangan dapat menyebabkan nyeri neuropati. Mengonsumsi suplemen dapat membantu mengurangi gejala neuropati.

Dolo Neurobion Tablet mengandung parasetamol,vitamin B1, vitamin B6, serta vitamin B12. Vitamin B1, B6, dan B12 merupakan vitamin neurotropik atau vitamin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan saraf, dengan membantu pembentukan selubung saraf serta transmisi sinyal.

  1. Olahraga

Olahraga teratur dapat membantu melawan rasa sakit dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Menjadi aktif dapat menurunkan gula darah Anda, yang selanjutnya dapat mengurangi atau memperlambat kerusakan saraf. Olahraga juga meningkatkan aliran darah ke lengan dan kaki Anda serta mengurangi stres. Ini semua adalah faktor yang membantu mengurangi ketidaknyamanan dan rasa sakit.

  1. Meditasi

Teknik meditasi dapat membantu orang yang berjuang dengan gejala neuropati untuk mengatasi rasa sakit mereka. Ini dapat membantu menurunkan stres, meningkatkan keterampilan mengatasi, dan menurunkan intensitas nyeri Anda. Mengambil pendekatan pikiran-tubuh adalah teknik non-invasif yang memberi Anda kendali lebih atas kondisi Anda.

  1. Berhenti merokok

Merokok memengaruhi sirkulasi darah Anda. Pembuluh darah menyempit dan darah yang kekurangan oksigen bisa melewatinya. Tanpa sirkulasi darah yang baik, Anda mungkin mengalami mati rasa dan nyeri akibat neuropati perifer. Menghilangkan kebiasaan merokok dapat membantu meringankan gejala Anda. Biarkan ini memotivasi Anda untuk membuat perubahan positif.

  1. cabe rawit

Cabai rawit mengandung capsaicin, bahan dalam cabai pedas yang membuatnya pedas. Capsaicin telah digunakan dalam krim topikal karena sifat pereda nyeri. Ini mengurangi intensitas sinyal rasa sakit yang dikirim ke seluruh tubuh.

Memasukkan cabai rawit ke dalam makanan Anda atau mengonsumsi suplemen capsaicin dapat membantu mengurangi nyeri neuropati.

Salep capsaicin topikal juga bisa digunakan pada tubuh. Meskipun awalnya mungkin terbakar, penggunaan terus menerus secara bertahap akan mengurangi sensasi neuropati.

Pastikan untuk mendiskusikan metode perawatan ini dengan dokter Anda sebelum menggunakannya untuk mencegah gejala yang merugikan.

Pencegahan bekerja jauh lebih baik daripada pengobatan. Menjaga gula darah Anda dalam kisaran normal akan membantu mencegah neuropati Anda memburuk. Jika neuropati Anda terkait dengan asupan alkohol, berhentilah minum sekarang untuk mencegah kondisi semakin parah. 

Dolo Neurobion Tablet juga suplemen yang memiliki aturan bahwa Dolo Neurobion tidak boleh digunakan bagi pasien yang mengalami gangguan ginjal ringan, pasien yang mengonsumsi alkohol, dan tidak untuk mengobati nyeri otot atau rematik.

Kontraindikasi jangan dikonsumsi pada kondisi, bagi penderita hipersensitif terhadap salah satu komponen obat ini dan penderita gangguan fungsi hati dan ginjal yang berat.

Pengobatan alami berhasil mengurangi gejala nyeri neuropati perifer. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum berpartisipasi dalam metode pengobatan baru. Jika Anda mulai mengalami gejala tidak teratur dari pengobatan alami, atau jika kondisi Anda memburuk, segera kunjungi dokter.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *