5 Tips Aman Menggunakan Essential Oil untuk Bayi

Essential oil memang dikenal membawa banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari, baik dewasa hingga bagi. Tak hanya efek menenangkan, essential oil untuk bayi juga disebut punya manfaat untuk kesehatan.

Namun, penggunaannya untuk bayi harus lebih teliti karena tidak semua jenis ekstrak esensial bisa digunakan pada bayi. Selain itu, porsi atau dosis penggunaannya juga harus diperhatikan.

Manfaat essential oil untuk bayi baik untuk fisik dan emosional

Sebelum mulai memberikan essential oil untuk bayi, sebaiknya simak dulu pembahasan terkait tips penggunaan minyak esensial untuk bayi di bawah ini!

Hal penting sebelum membeli minyak esensial untuk bayi

Sebelum memutuskan membeli sebuah produk tertentu, apalagi untuk bayi maka para orang tua harus ekstra teliti. Termasuk dalam membeli produk minyak ini.

Melansir Johns Hopkins Medicine, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli produk minyak esensial untuk bayi:

  • Tanaman atau herbal apa yang menjadi bahan utamanya
  • Nama latin dari tanaman atau herba tersebut, karena tidak semua varietas aman untuk bayi
  • Bagian mana dari tanaman yang dijadikan ekstrak
  • Negara asalnya
  • Metode penyulingan atau ekstraksi yang digunakan

Pastikan juga kamu beli produk di outlet tepercaya dan produknya sudah terdaftar secara resmi di lembaga terkait.

Kalau di Indonesia kita bisa berpegang lembaga-lembaga seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI), hingga Majelis ulama Indonesia (MUI).

Tips aman pemakaian essential oil untuk bayi

Berikut beberapa panduan aman menggunakan minyak atsiri pada bayi dan juga anak-anak yang harus kamu tahu:

1. Jangan langsung aplikasikan pada kulit

Meskipun berlabel alami karena diekstrak dari berbagai jenis tumbuhan, bukan berarti produk ini aman jika langsung dioleskan pada kulit bayi.

Minyak pada umumnya bisa picu kerusakan pada kulit bayi karena terjadinya penurunan penghalang lipid pada kulit. Pastikan kamu sudah mengencerkan essential oil sebelum mengoleskannya pada si Kecil.

Perbandingan pengencerannya bisa sekitar 0,5-2,5 persen tergantung pada usia dan besaran si anak. Minyak esensial bisa diencerkan dengan krim atau minyak pembawa seperti minyak kelapa atau minyak almond.

2. Lakukan uji tempel

Sebelum mengoleskan essential oil dalam jumlah besar untuk kulit bayi, sebaiknya lakukan uji tempat atau patch test dulu. Terutama jika bayi baru pertama kali menggunakannya.

Oleskan minyak yang sudah diencerkan ke kulit bayi dalam area yang tidak terlalu besar. Setelah itu perhatikan ada atau tidaknya reaksi negatif kurang lebih selama 24 jam.

3. Jangan campurkan essential oil untuk mandi bayi

Jika kamu pernah terpikir untuk mencampurkan minyak esensial ke air mandi si Kecil, sebaiknya jangan pernah dilakukan. Apalagi kalau minyaknya belum diencerkan.

Sebab minyak dan air tidak akan bersatu dan perbedaan konsentrasi ini justru bisa mengiritasi kulit bayi. Jika ingin menggunakannya pada air mandi, dilakukan pengenceran terlebih dahulu.

4. Minyak esensial tidak boleh dikonsumsi

Minyak ekstrak ini hanya boleh untuk penggunaan eksternal alias tidak boleh masuk ke mulut si Kecil. Simpan wadah minyak dengan baik dan jauh dari jangkauan bayi atau anak untuk menghindari insiden.

Selain itu, saat mengoleskannya pada kulit bayi, hindari area-area sensitif seperti telinga, hidung, dan juga area di sekitar mata.

5. Jangan gunakan secara berlebihan

Apapun yang berlebihan tidak bagus, pada produk berlabel alami sekalipun. Jika kamu sudah menggunakan lotion yang mengandung ekstrak serupa, maka penggunaan minyak esensial secara bersamaan akan jadi berlebihan.

Jadi coba lita semua rangkaian produk yang bayi gunakan dan untuk memastikan kalau si Kecil tidak menggunakannya secara berlebihan.

6. Penyimpanan minyak esensial

Beberapa minyak esensial sensitif terhadap sinar matahari, jadi selalu perhatikan petunjuk penyimpanan produk pada label kemasan.

Simpanlah essential oil pada area yang sejuk, kering, dan tidak lembap. Jangan lupa untuk menaruhnya di area yang tidak mudah dijangkau si Kecil.

7. Konsultasi dengan dokter

Jika orang tua masih ragu soal penggunaan minyak esensial ini untuk anak, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Apalagi jika bayi memiliki alergi atau permasalahan kesehatan lain yang bisa memicu munculnya reaksi negatif.
Itu dia beberapa tips menggunakan essential oil untuk bayi yang kamu harus tahu. Karena bayi masih sangat sensitif, jadi bijak dan berhati-hatilah dalam menggunakannya ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *