6 Obat untuk Diabetes Alami yang Bisa Diracik Sendiri

Diabetes melitus atau kencing manis bukanlah penyakit yang asing untuk sebagian masyarakat Indonesia. Sebab, diabetes melitus merupakan salah satu jenis penyakit yang umum diderita oleh masyarakat. Dari hal itu, kini banyak obat untuk diabetes terutama yang herbal.

Hal itu karena obat herbal dipercaya aman untuk dikonsumsi dan minim efek samping. Untuk yang sedang menderita penyakit diabetes melitus ada cukup banyak pilihan obat herbal yang bisa dikonsumsi.

Berikut, obat herbal untuk diabetes melitus.

1. Daun belimbing wuluh

Selain jadi pelengkap masakan, belimbing wuluh juga bermanfaat sebagai obat herbal yang ampuh menyembuhkan sejumlah penyakit. Tidak hanya buahnya, bunga dan daunnya juga bermanfaat untuk mengobati sejumlah penyakit seperti batuk, sariawan, demam, sampai penyakit diabetes melitus. 

Berikut bahan dan cara membuat ramuan daun belimbing wuluh untuk mengobati penyakit diabetes melitus alias kencing manis. 

Bahan:

  • Daun belimbing wuluh 20 gram
  • Air secukupnya 

Cuci bersih daun belimbing wuluh. Kemudian, lumatkan alias tumbuk daun belimbing wuluh dengan air. Tumbuk daun belimbing wuluh sampai halus. Setelah itu, minum tumbukan daun belimbing 1/4 cangkir dua kali sehari. 

2. Duwet alias jamblang 

Duwet memiliki bentuk seperti anggur dan berwarna hitam. Duwet muda memiliki rasa asam tapi saat sudah matang rasanya manis. Hal ini disebabkan duwet memiliki sifat antidiabetes dan mengandung tanin yang bisa menurunkan kadar gula dalam darah. 

Bagian duwet yang bermanfaat sebagai obat herbal diabetes melitus adalah bijinya. Berikut bahan dan cara membuat obat herbal diabetes melitus.

Bahan:

  • Biji duwet 15 butir 
  • Air 2 gelas 

Cuci sampai bersih biji duwet yang sudah dikeringkan. Kemudian tumbuk atau haluskan biji duwet. 

Rebus biji duwet dengan air sampai mendidih dan menyisakan air sebanyak 1 gelas. Bagi menjadi tiga bagian air rebusan biji duwet tersebut, lalu minum air rebusan biji duwet tiga kali sehari. 

3. Ciplukan 

Ciplukan merupakan tanaman liar yang banyak tubuh di sawah kering, dan kebun. Pohon ciplukan punya bunga dengan bentuk unik berwarna kuning. Sedangkan, buah ciplukan berbentuk bulat berwarna hijau kekuningan saat masih muda. 

Salah satu penyakit yang bisa diobati ciplukan adalah diabetes melitus.  Cukup mudah untuk membuat ramuan herbal ciplukan untuk obat diabetes melitus, berikut panduannya. 

Bahan:

  • Tanaman utuh ciplukan yang sudah berbuah 
  • Air 3 gelas 

Bersihkan tanaman ciplukan dari daun sampai ke akar-akarnya. Setelah itu, melayukan tanaman ciplukan yang sudah bersih.  Bila sudah cukup layu, rebus tanaman ciplukan dengan tiga gelas air sampai mendidih dan menyisakan 1 gelas air. Minum air rebusan ciplukan satu kali sehari. 

4. Kayu manis 

Sudah bukan hal asing bila kayu manis banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dan taburan makanan serta minuman. Fakta lainnya, kayu manis bermanfaat sebagai obat herbal yang dipercaya mampu mengobati sejumlah penyakit. 

Memiliki senyawa aktif yang bisa menurunkan kadar gula darah, para penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi kayu manis secara sembarangan. Sebab, ada aturan dan cara khusus meracik kayu manis sebagai obat diabetes melitus. Berikut bahan dan cara mengolahnya. 

Bahan:

  • Kayu manis 2 batang (masing-masing panjang 5 cm) 
  • Air panas 200 ml 

Seduh kayu manis dengan air panas lalu minum selagi hangat. Sebaiknya minum air seduhan kayu manis tersebut dua kali sehari agar efektif menurunkan kadar gula darah. 

5. Daun kelor

Daun kelor memiliki sifat antidiabetik, hal inilah yang membuat daun kelor dipercaya efektif mengobati diabetes melitus. Obat herbal di atas memang dipercaya efektif untuk mengobati diabetes melitus. Ada baiknya, kamu mengonsumsi obat herbal tersebut sesuai takaran atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

6. Daun kersen 

Daun kersen bukanlah daun sembarang daun. Daun kersen mengandung cukup banyak vitamin dan nutrisi. Senyawa aktif tersebut berperan untuk meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Hal ini yang membuat daun kersen kerap dijadikan obat diabetes melitus alias kencing manis. 

Untuk mendapatkan manfaatnya cukup mudah, kamu hanya perlu mengumpulkan bahan dan mengikuti cara meraciknya di bawah ini. 

Bahan:

  • Daun kersen segar 100 gram 
  • Air 1 liter 

Cuci bersih daun kersen segar. Setelah itu, rebus daun kersen sampai menyisakan air 500 ml. Dinginkan air rebusan daun kersen. Minum air rebusan daun kersen dua kali sehari masing-masing satu gelas. 

Ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi salah satu obat herbal untuk diabetes di atas. Selain itu, sebaiknya mulai menjalankan pola hidup sehat dan menghindari konsumsi makanan dan minuman yang bisa memicu naiknya kadar gula dalam tubuh.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *