7 Obat Wasir Apotik yang Ampuh Atasi Ambeien

Wasir atau disebut juga dengan ambein (hemoroid) terjadi ketika pembuluh darah di rektum dan dubur atau anus membengkak. Orang yang menderita wasir tidak akan bisa duduk dengan nyaman, seringnya membutuhkan bantuan bantal duduk agar tidak terasa sakit. 

Bagi kebanyakan orang, wasir adalah aib karena seringkali dikaitkan dengan kebersihan yang tak terjaga. Padahal kebersihan bukanlah penyebab ambeien. Diare, kehamilan, terlalu lama duduk, atau terlalu sering mengejan adalah pemicu wasir.

Jika Anda terkena wasir, tak perlu malu. Segera obati dengan pilihan obat wasir apotik dibawah ini. 

Rekomendasi obat wasir di apotik yang ampuh

  1. Superhoid Suppositoria

Berbentuk suppositoria, produk ini mengandung zat anestesi sekaligus yang berfungsi meredakan rasa nyeri atau sakit yang disebabkan oleh ambeien internal maupun eksternal. Kandungan zinc oxide dalam obat juga memiliki sifat antiseptik yang akan mencegah 

Selain untuk wasir, Superhoid Suppositoria juga bisa digunakan untuk meredakan sakit akibat fisura ani (robekan pada lapisan anus), dan proktitis atau peradangan pada anus.

Produk ini merupakan obat bebas terbatas, jadi frekuensi penggunaannya harus sesuai dengan aturan pakai yang tertera di kemasan atau anjuran dokter maupun tenaga kesehatan lainnya.

  1. Ambeven

Ambeven bisa ditemukan dengan mudah di apotek maupun mini market. Ambeven merupakan obat wasir oral dengan kandungan bahan herbal yang telah teruji khasiatnya untuk mengobati ambeien, seperti daun ungu, akar rubia cordifoliae, sophorae japonicae flos, dan ekstrak kunyit.

  1. Borraginol-N Suppositoria

Obat ini mengandung bahan aktif  diphenhydramine hydrochloridum, cetrimide, dan dibucaini hydrochloridum. Borraginol-N Suppositoria berfungsi mengobati wasir yang disertai perdarahan, luka terbuka pada dubur, anal prolaps, iritasi, serta gatal-gatal pada dubur.

Borraginol-N Suppositoria merupakan obat keras, sehingga hanya bisa dibeli dan digunakan sesuai dengan resep dokter. Segera hentikan penggunaan jika Anda mengalami reaksi alergi seperti sensasi terbakar, gatal kemerahan, dan bengkak.

  1. Anadium Kaplet

Anadium Kaplet berfungsi untuk mengobati masalah pada pembuluh darah vena, termasuk wasir. Obat ini termasuk kategori obat jamu yang bisa dibeli secara bebas di apotek maupun toko. 

Cara penggunaannya cukup mengonsumsi obat 1 kaplet per hari bersama dengan makanan. 

  1. Haemogal Kaplet

Haemogal Kaplet mengandung hesperidin, vitamin C, ekstrak tanaman butcher’s broom, serta diosmin yang dibuat berukuran mikro sehingga lebih cepat bekerja secara maksimal. 

Kombinasi bahan tersebut dapat mengurangi peradangan pada wasir, melancarkan aliran darah vena untuk mengurangi pembengkakan, serta mempercepat penyembuhan luka akibat ambeien.

  1. Clofen Kapsul

Clofen Kapsul merupakan obat wasir apotik yang terbuat dari herbal yang berkhasiat untuk meredakan gejala wasir. Obat ini mengandung ekstrak pepaya dengan serat tinggi sehingga mampu melunakkan feses dan melancarkan feses, sehingga mencegah sembelit. Sembelit merupakan salah satu faktor penyebab ambeien.

Perpaduan kandungan dalam Clofen Kapsul juga dapat mengurangi pembengkakan pembuluh darah vena di rektum, sehingga duduk atau buang air besar jadi lebih nyaman tanpa rasa sakit.

  1. Venosmil Gel 2%

Jika Anda mencari obat oles, Venosmil Gel bisa jadi pilihan. Obat ini mengandung hirdosimin yang dapat meredakan gejala wasir, seperti pembengkakan pembuluh darah dengan meningkatkan kontraksi otot vena sehingga aliran darah menjadi lancar. 

Untuk menggunakannya, oleskan secara tipis-tipis pada bagian yang sakit sebanyak 3 kali sehari hingga kondisi membaik. Jika Anda mengalami reaksi kulit yang sangat mengganggu, hentikan penggunaan dan segera temui dokter. 

Catatan

Gunakan obat wasir apotik sesuai dengan petunjuk pada kemasan atau sesuai dengan resep dokter. Menggunakannya secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping, seperti gangguan pencernaan. 

Perhatikan juga komposisi yang terkandung dalam obat karena beberapa bisa memicu reaksi alergi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *