8 Manfaat Masker Pisang Bagi Kulit Wajah

Menghilangkan jerawat juga menjadi manfaat masker pisang, yang digemari banyak orang

Buah pisang mengandung berbagai nutrisi penting yang baik bagi wajah seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, serta lainnya. Kandungan nutrisi dalam pisang tersebut dapat membantu menyehatkan kulit terutama kulit wajah. Kini terdapat banyak produk masker dengan bahan buah pisang di pasaran. Anda pun bisa membuat masker pisang sendiri di rumah. Manfaat masker pisang cukup banyak, cara membuatnya pun tidak sulit. Berikut ini 8 manfaat masker pisang untuk kulit wajah.

  1. Membantu melindungi kulit dari sinar UV

Manfaat masker kulit pisang salah satunya yaitu untuk melindungi wajah dari sinar UV. Paparan sinar UV dari matahari langsung bisa memunculkan berbagai risiko kulit terutama pada wajah. Beberapa di antara risiko terpapar sinar UV langsung adalah kerusakan kulit serta kanker kulit. 

  1. Melembapkan kulit wajah

Manfaat masker pisang lainnya yaitu mampu melembapkan kulit wajah. Kandungan vitamin A, kalium, moisture, dan air di dalam pisang mampu mengatasi masalah kulit kering. Dengan rutin menggunakan masker pisang setiap hari, kulit kering dan mengelupas akan berubah dengan sendirinya. Kulit akan mulai terasa kenyal dan lembut setelah pemakaian masker pisang secara rutin selama 1-2minggu.

  1. Membasmi sel kulit mati

Pisang mengandung antioksidan yang berguna membasmi sel kulit mati. Penumpukan sel kulit mati pada wajah dikarenakan banyak terpapar polusi serta matahari langsung. Penggunaan masker pisang yang diolah menjadi scrub akan membantu mengatasi masalah sel kulit mati pada wajah.

  1. Membantu mencegah jerawat

Untuk wajah dengan masalah jerawat, manfaat masker pisang sudah tidak perlu diragukan lagi. Masker pisang mampu membantu mencegah munculnya jerawat sebab kandungan Zinc dan vitamin C bisa melawan bakteri. Selain itu, kandungan fenolik pada pisang juga membantu menghilangkan jerawat yang sudah terlanjur muncul di wajah.

  1. Mengencangkan kulit

Masker pisang juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah. Kolagen merupakan zat yang bisa menjadikan kulit lebih kencang dan kenyal. Untuk membantu proses produksi zat kolagen, maka diperlukan vitamin C yang ada pada pisang. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan masker pisang jika ingin memiliki kulit yang tetap kencang.  

  1. Mengatasi kulit berminyak

Buah pisang ini cukup unik, lho! Manfaat masker pisang sendiri tidak hanya bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering saja, namun juga bisa cocok untuk kulit berminyak. Kandungan vitamin C dan E menyebabkan masker pisang mampu membantu mengontrol minyak berlebih pada wajah. 

  1. Mengurangi kerutan 

Kerutan pada wajah yang muncul pada area mata, leher, atau dahi terkadang bisa mengurangi kepercayaan diri karena merasa sudah tua padahal usia masih 30-an. Masker pisang bisa membantu mengurangi kerutan pada wajah. Gunakan secara teratur dan rutin untuk hasil maksimal.

  1. Menyamarkan bekas hitam

Bekas hitam di wajah bisa bermacam-macam jenisnya seperti tahi lalat kecil, bintik penuaan, dan bekas jerawat. Bekas hitam di wajah bisa membuat wajah terlihat kusam. Manfaat masker pisang salah satunya untuk menyamarkan berbagai bekas hitam yang muncul pada wajah.

Manfaat masker pisang sudah tidak perlu diragukan lagi. Akan tetapi bagi Anda yang memiliki alergi terhadap buah ini tidak disarankan menggunakannya kecuali sudah mendapat izin dari dokter. Jika Anda memiliki alergi terhadap pisang, nantinya akan muncul beberapa gejala saat menggunakan masker tersebut di wajah. Beberapa gejala yang sering muncul seperti kulit memerah, bengkak, gatal, serta bersin-bersin. Untuk alergi parah, Anda bisa merasa sesak napas dan pingsan ketika menggunakan masker berbahan pisang. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan apakah kulit Anda cocok menggunakan masker pisang. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *