Apgar Score Bayi Rendah Berarti Pencapaian Akademis Rendah?

Bayi dengan nilai Apgar score bayi yang rendah pada saat dilahirkan memiliki risiko lebih tinggi untuk memiliki kebutuhan pendidikan khusus pada saat remaja. Hal ini dilaporkan oleh para peneliti dari Swedia pada Obstetrics dan Gynecology. Apgar score bayi merupakan sebuah cara dalam melakukan evaluasi kesehatan pada bayi baru lahir. Apgar score merupakan sebuah nomor yang akan dijumlahkan, yang terdiri dari nilai usaha pernapasan, detak jantung, warna kulit, respon terhadap catheter di hidung, dan bentuk otot. Masing-masing tanda objektif tersebut dapat menerima nilai antara 0 hingga 2 poin, dengan total Apgar score bayi tertinggi adalah 10, sementara bayi yang hanya mendapatkan score antara 0 hingga 3 perlu mendapatkan resusitasi secepatnya. 

Dr. Andrea Stuart dari Rumah Sakit Pusat di Helsingborg, Swedia, beserta timnya berusaha untuk memperkirakan hubungan antara nilai Apgar score bayi yang rendah dengan fungsi kognitif jangka panjang. Nilai tersebut akan diambil dalam waktu 5 menit setelah bayi dilahirkan, dan mereka secara khusus meneliti nilai di bawah 7. Para peneliti mengumpulkan data Apgar score bayi dari Swedish Medical Birth Registry dan performa akademis dari Swedish School Grade Registry. Mereka secara khusus mencoba untuk menghubungkan Apgar score bayi yang rendah dengan kemungkinan seorang anak untuk mendapatkan sekolah pendidikan spesial. Database tersebut melibatkan informasi sebanyak 877618 bayi dari tahun 1973 hingga 1986. 23 ribu di antaranya masuk sekolah pendidikan khusus. 

Mayoritas bayi baru lahir memiliki Apgar score bayi 9 hingga 10, dan hanya sekitar 1 persen memiliki nilai di bawah 7. Dari mereka yang memiliki nilai di bawah 7, sepertiga di antaranya memiliki nilai di bawah 4. Tim peneliti menghitung bahwa bayi baru lahir dengan Apgar score di bawah 7 dalam waktu 5 menit setelah dilahirkan memiliki risiko dua kali lebih besar untuk mengunjungi sekolah khusus, dibandingkan dengan mereka yang memiliki nilai tinggi. Risiko tersebut tiga kali lebih besar pada mereka yang memiliki Apgar score bayi antara 2 hingga 3. 

Seputar nilai Apgar score bayi

Seorang bayi yang memiliki nilai 7 atau lebih dalam tes Apgar score bayi dianggap memiliki kondisi kesehatan yang baik. Nilai yang lebih rendah bukan berarti bayi Anda tidak sehat. Nilai rendah yang rendah mengindikasikan bahwa bayi mungkin membutuhkan perawatan medis secepatnya, misalnya “suctioning” saluran udara atau oksigen untuk membantu mereka bernapas dengan lebih baik. Bayi yang sehat terkadang memiliki nilai lebih rendah dibandingkan dengan biasanya, terutama pada beberapa menit pertama setelah dilahirkan. Nilai yang sedikit lebih rendah (terutama pada menit 1) lazim dijumpai, terutama apabila bayi terlahir dari kehamilan yang berisiko tinggi, persalinan cesar, memiliki persalinan yang komplikasi, dan lahir secara prematur. Pada 5 menit setelah kelahiran, tes akan dilakukan kembali. Apabila nilai Apgar score bayi rendah pada menit pertama dan tidak meningkat setelah tes kedua, atau ada kekhawatiran lain, dokter dan perawat akan terus memberikan perawatan medis yang dibutuhkan. Bayi juga akan dipantau dengan lebih dekat. 

Meskipun Apgar score bayi memiliki nilai tersendiri dalam membantu penyedia layanan medis memahami bagaimana kondisi bayi setelah dilahirkan, nilai tersebut tidak memiliki beban apapun pada kesehatan bayi jangka panjang. Selain itu, karena bayi akan diberi penomoran, Apgar score bayi bersifat subjektif. Seseorang dapat memberi nilai 7 sementara orang lain memberi nilai 6.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *