Asifit

Asifit merupakan obat yang dapat digunakan untuk melancarkan ASI (air susu ibu). Obat tersebut mengandung ekstrak daun katuk, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, dan vitamin B12 untuk mendukung kesehatan selama masa menyusui.

Pada zaman dahulu, daun katuk digunakan sebagai bahan untuk meningkatkan produksi air susu ibu yang baru melahirkan. Obat yang disertai dengan vitamin yang disebutkan di atas dapat memenuhi kebutuhan vitamin ibu menyusui dan bayinya.

Asifit merupakan salah satu obat yang dapat diperoleh secara bebas. Obat tersebut dijual dengan harga sekitar Rp 25.000,00 dan tersedia dalam kemasan 1 box yang berisi 3 strip sebanyak 10 tablet. Obat tersebut diproduksi oleh Kimia Farma.

Asifit kaplet adalah suplemen untuk memperlancar produksi air susu ibu

Komposisi

Berikut adalah komposisi Asifit:

  • Ekstrak daun katuk: 114 mg.
  • Vitamin B1: 10 mg.
  • Vitamin B2: 2,5 mg.
  • Vitamin B6: 15 mg.
  • Vitamin B12: 20 mg.

Informasi Kandungan Asifit

Berikut adalah informasi tentang kandungan yang ada pada obat tersebut:

  • Vitamin B1

Vitamin B1 memiliki kegunaan dalam menyediakan energi dan menjaga sistem imun di dalam tubuh. Vitamin B1 dapat diserap dengan baik dari saluran pencernaan. Kandungan tersebut tersebar luas di hampir seluruh jaringan tubuh dan mencapai ASI. Kandungan tersebut diekskresikan (dibuang) melalui urine.

  • Vitamin B2

Vitamin B2 memiliki kegunaan dalam menjaga pernafasan jaringan normal. Vitamin B2 mudah diserap dari bagian atas saluran pencernaan. Kandungan tersebut tersebar luas di dalam tubuh, melewati plasenta, dan mencapai ASI. Kandungan tersebut diekskresikan sekitar 9 persen melalui urine.

  • Vitamin B6

Vitamin B6 memiliki kegunaan dalam menjaga fungsi gula, lemak, dan protein. Vitamin B6 juga dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan bagian tubuh lain seperti otak dan saraf.

Vitamin B6 dapat diserap dengan baik dari saluran pencernaan. Kandungan tersebut tersebar melalui plasenta dan mencapai ASI. Kandungan tersebut diekskresikan melalui urine.

  • Vitamin B12

Vitamin B12 memiliki kegunaan dalam membantu perkembangan otak, saraf, dan bagian tubuh lain manusia. Vitamin B12 dapat diserap dengan baik melalui saluran pencernaan. Kandungan tersebut tersebar di dalam darah, dan disimpan di hati dan sumsum tulang. Kandungan tersebut juga melintasi plasenta dan mencapai ASI. Kandungan tersebut diekskresikan melalui urine dan empedu.

Aturan Pakai

Jika Anda sedang memasuki tahap menyusui dan ingin menggunakan Asifit, Anda perlu menggunakan obat tersebut sesuai yang tertera pada kemasan. Obat tersebut digunakan sebanyak 1 hingga 2 kaplet yang dikonsumsi sebanyak 3 kali sehari setelah makan.

Anda perlu menyimpan obat tersebut dalam suhu di bawah 30 derajat Celsius. Obat tersebut juga tidak boleh terpapar secara langsung oleh sinar matahari.

Efek Samping

Sama seperti obat lain, Asifit dapat menimbulkan berbagai efek samping pada tubuh, antara lain sakit kepala, pusing, mual, muntah, diare, sembelit, kehilangan nafsu makan, gangguan tidur, dan otot melemah.

Penggunaan Asifit Dengan Obat Lain

Asifit tidak dapat dikonsumsi secara bersamaan dengan obat-obatan tertentu seperti:

  • Phenobarbital

Mengkonsumsi obat tersebut dengan Asifit dapat menurunkan efektivitas vitamin B2.

  • Altretamin

Asifit yang dicampurkan dengan altretamin dapat menurunkan efektivitasnya.

  • Asam aminosalisilat

Mengkonsumsi obat tersebut dengan Asifit dapat mengurangi penyerapan vitamin B2.

Tanyakan Ke Dokter Terlebih Dahulu

Sebelum Anda mengkonsumsi Asifit, Anda sebaiknya bertanya ke dokter terlebih dahulu, untuk mengetahui apakah obat tersebut aman bagi tubuh Anda atau tidak.

Kesimpulan

Asifit merupakan salah satu obat yang dapat membantu menjaga kesehatan selama masa menyusui. Obat tersebut dapat diperoleh secara bebas (tidak perlu menggunakan resep dokter). Meskipun demikian, Anda perlu perhatikan aturan pakai obat tersebut, efek sampingnya, dan jangan mencampurkannya dengan obat-obatan tertentu. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa tanyakan ke dokter tentang Asifit.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *