Cara Efektif Membuat Bayi Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

Waktu tidur bayi yang cukup sangatlah penting untuk mendukung tumbuh kembangnya. Namun, selalu ada cerita ketika orang tua dibuat pusing karena bayi enggan tidur sebagaimana yang diharapkan, khususnya saat malam hari. 

Sebenarnya, banyak cara efektif yang bisa membuat bayi tidur nyenyak sepanjang malam. Kuncinya ada di kekonsistenan serta kesabaran Anda untuk menerapkan cara-cara membuat bayi tidur

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan supaya bayi tidur lebih nyaman dan nyenyak sepanjang malam. Anda pun jadi punya waktu istirahat juga, bukan? 

Atur Jadwal Tidur Konsisten 

Anda mungkin tidak pernah mengira bahwa bayi sebenarnya punya intuisi untuk membentuk kebiasaan, termasuk kebiasaan untuk tidur. Karena itulah, sangat baik apabila Anda memiliki jadwal waktu tidur bayi tiap malamnya dan sebisa mungkin jangan lewatkan waktu tidur tersebut untuk membuat bayi sadar bahwa itu adalah “jam malamnya”. Mengajari bayi tidur secara konsisten berdasarkan waktu ini sudah mulai bisa Anda terapkan sejak usia bayi 6-8 minggu. Lama-kelamaan ia akan lebih mudah tertidur pada waktu-waktu yang sudah Anda jadwalkan tersebut. 

Rutinitas Mandi Air Hangat 

Mandi air hangat adalah rutinitas terbaik untuk mempersiapkan bayi tidur malam. Ini karena setelah mandi air hangat, otot-otot bayi akan lebih rileks sehingga secara tidak langsung, tubuhnya memberi sinyal waktu tidur ke otak. Pertanyaannya, apa baik bayi mandi saat malam? Asalkan suhu air benar-benar hangat dan suhu ruangan tidak dingin, pastikan suhu ruangan berkisar pada 23—25 derajat Celsius, mandi air hangat saat malam justru bisa membuat bayi tidur lebih nyenyak. 

Susui atau Beri Makan Bayi 

Memberi makan bayi sebelum tidur atau menyusuinya sangat dianjurkan sebagai tips ampuh menidurkan bayi. Soalnya, perut kenyang akan membuat bayi lebih mudah mengantuk. Namun pastikan, kamu tidak menyusuinya sampai ia tertidur. Susui atau beri makan sampai ia kenyang saja, kemudian taruhlah di tempat tidur. 

Menimang Bayi

Ini merupakan metode membuat bayi tidur paling ampuh sejak zaman dahulu. Menimang bayi sangat efektif untuk membuatnya tertidur. Pasalnya, dekapan hangat dari Anda membuatnya merasa tenang dan nyaman. Goyangan pelang saat menimang juga membuat buah hati lebih mudah merasa mengantuk. 

Memutar Musik Lembut 

Suasana tenang memang diperlukan supaya bayi menjadi mengantuk, kemudian tertidur. Tetapi, memasang musik yang lembut justru bisa menjadi lebih efektif untuk menidurkan bayi. Pastikan suara musik yang Anda pasang tidak menyentak ataupun terlalu besar. Cukup suara musik yang lembut, kecil, dan mengalun yang bakal membuat bayi tidur lebih mudah dan cepat. 

Pijat Pelan Bayi 

Ketika sudah waktunya tidur, cobalah untuk memijat tangan atau kaki bayi secara perlahan. Pijatan yang lembut akan merilekskan otot bayi hingga otaknya. Jadi, bayi pun merasa lebih nyaman dan tidak lama kemudian akan mengantuk sebelum akhirnya bayi tidur dengan nyenyak. 

Meredupkan Lampu Kamar 

Bayi sangat peka akan cahaya. Adanya cahaya bisa mengganggu konsentrasi bayi untuk lebih cepat tertidur. Maka, biasakanlah meredupkan lampu kamar ketika waktu bayi tidur sudah tiba. Suasana yang redup akan membuat bayi lebih mudah terlelap karena tidak ada pengalih konsentrasinya lagi. 

Buat Bayi Merasa Sejuk 

Bayi Anda masih saja sudah tidur, walaupun berbagai cara sudah dilakukan? Bisa jadi ia merasa tidak nyaman karena kepanasan. Cobalah menyejukkan udara kamar supaya ia lebih nyaman dan cepat merasa mengantuk. Periksa pula baju yang dipakai bayi. Bisa jadi Anda memakaikannya baju yang terlalu tebal sehingga membuatnya gerah. Kalau begitu, gantilah bajunya. 

***

Masih tidak percaya berbagai tips di atas bakalan sukses membuat bayi tidur nyenyak sepanjang malam? Coba saja mulai praktikkan dan Anda akan bebas dari rasa pusing akibat bayi yang cenderung rewel sepanjang malam.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *