Berapa Sering Cetaphil Gentle Skin Cleanser Perlu Digunakan?

Membersihkan kulit wajah mungkin terdengar suatu hal yang merepotkan, terutama apabila Anda memiliki kesibukan lain yang penting. Namun, gagal membersihkan wajah dengan teratur dapat menyebabkan gangguan kesehatan kulit yang serius. Jika membasuh muka dengan air cukup merepotkan untuk Anda, saat ini terdapat produk cleanser seperti cetaphil gentle skin cleanser yang praktis. Artikel ini akan membahas seputar seberapa sering Anda perlu membersihkan wajah.

Menurut Kanika Tim, selaku pendiri dari Revita Skin Clinic, setiap orang perlu membersihkan wajah mereka setiap pagi dan malam, baik menggunakan air ataupun menggunakan produk pembersih seperti cetaphil gentle skin cleanser. Namun, apabila Anda hanya bisa membersihkan sekali setiap hari, lakukanlah sebelum tidur. Hal ini dapat membantu Anda membersihkan kotoran dan minyak yang telah menumpuk sepanjang hari saat Anda beraktivitas, sekaligus polutan dan makeup. 

  • Kulit kering dan sensitif

Membersihkan wajah dua kali sehari terbukti dapat membuat kulit iritasi untuk jenis kulit sensitif atau kering. Apabila Anda memiliki jenis kulit ini, bersihkan wajah dengan baik menggunakan formula yang lembut seperti cetaphil gentle skin cleanser pada malam hari, untuk kemudian bilas muka menggunakan air hangat pada pagi hari. Pembersih atau cleanser yang memberikan efek hidrasi juga merupakan pilihan yang baik untuk mereka yang memiliki kulit kering. Produk tersebut biasanya dapat membantu melembapkan sekaligus membersihkan kulit. Anda juga bisa menggunakan cleanser yang berbahan minyak atau memiliki konsistensi lebih kental.

  • Kulit berminyak dan rentan jerawat

Keinginan untuk membersihkan wajah dengan berlebih untuk jenis kulit ini sering terjadi. Namun, bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dan rentan terkena jerawat, Anda tidak perlu mencuci wajah lebih dari 2 kali sehari. Faktanya, terlalu sering membersihkan wajah untuk jenis kulit ini malah akan membuat wajah Anda menjadi kering dan iritasi. Apabila hal tersebut terjadi, kulit akan melakukan hal apapun untuk mengembalikan kelembapan, termasuk meningkatkan produksi sebum, menyebabkan lebih banyak minyak dan jerawat muncul. Jika Anda memiliki kulit jenis ini, pilihlah produk pembersih yang mengandung asam hidroksi untuk membersihkan minyak berlebih. 

  • Kulit kombinasi

Mereka yang memiliki kulit jenis kombinasi dianggap sebagai orang yang beruntung. Dalam kasus ini, Anda bisa memakai pembersih apapun seperti cetaphil gentle skin cleanser. Namun, masih sangat dianjurkan untuk Anda mencuci muka dua kali sehari dan menggunakan cleanser dengan formula lembut yang dapat membersihkan pori-pori secara mendalam, membantu membersihkan makeup, dan membuat kulit terasa segar, bersih, dan terhidrasi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan foaming cleanser, yang dapat membersihkan minyak dan tidak terlalu keras untuk daerah kulit yang kering.

  • Kulit ber-makeup

Makeup dapat menyumbat pori-pori apabila tidak dibersihkan dengan benar, menyebabkan jerawat muncul dengan subur. Bagi Anda yang menggunakan makeup disarankan untuk mencuci wajah di pagi hari kemudian diikuti pembersihan yang lebih mendalam di malam hari sebelum tidur. Anda bisa membersihkan makeup sebelum menggunakan cleanser atau gunakan cleanser dua kali guna memastikan semua bekas makeup hilang. Direkomendasikan untuk menggunakan cleanser berbahan minyak yang tidak mengiritasi. 

Jika kulit Anda tidak memiliki kebutuhan khusus dan Anda tidak memakai makeup apapun atau jarang berkeringat, Anda bisa membersihkan wajah menggunakan air biasa atau cetaphil gentle skin cleanser pada pagi dan malam hari. Pastikan air memiliki suhu yang hangat, dan tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *