Bukan Alat, Antigen Adalah Zat Pemicu Munculnya Antibodi

Kata antigen akhir-akhir ini banyak dibicarakan. Ini berhubung dengan penerapan tes COVID-19 antigen sebagai salah satu syarat perjalanan baik darat maupun udara yang dengan kriteria tertentu.

Tes antigen sendiri lebih digemari karena cepat dan harganya yang terbilang lebih murah. Meski demikian, tes antigen sendiri dinilai masih kurang cukup akurat jika dibanding dengan PCR. Lantas apa itu antigen? Berikut penjelasannya. 

Pengertian antigen

Menurut Medline Plus, antigen adalah zat apa pun dalam tubuh yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh memproduksi antibodi untuk melawannya. Ini berarti sistem kekebalan Anda tidak mengenali zat tersebut, dan berusaha melawannya.

Sementara News Medical mengatakan, setiap zat yang menginduksi sistem kekebalan untuk menghasilkan antibodi terhadapnya disebut antigen. Setiap penyerbu asing, baik itu patogen (bakteri dan virus), bahan kimia, racun, dan serbuk sari, dapat menjadi antigen. 

Antigen pada umumnya terdiri dari protein, peptida, dan polisakarida. Setiap bagian dari bakteri atau virus, seperti protein permukaan, mantel, kapsul, racun, dan dinding sel, dapat berfungsi sebagai antigen.

Kehadiran antigen dapat membangkitkan limfosit, sel darah putih yang melawan penyakit tubuh. Limfosit akan membuat sel yang disebut antibodi untuk melawan antigen.

Jenis-jenis antigen

Antigen memiliki dua jenis utama yang dikategorikan berdasarkan asal-usulnya, yaitu:

  1. Heteroantigen 

Heteroantigen atau antigen asing adalah zat yang berasal dari luar tubuh atau zat asing bagi tubuh. Ini melibatkan zat yang dibuat atau ditemukan dalam:

  • Virus
  • Bakteri
  • Protozoa
  • Darah dan sel darah merah dari orang lain
  • Bisa ular
  • Alergen seperti serbuk sari
  • Protein tertentu dalam makanan

Zat asing tersebut bisa saja masuk karena terhirup atau tertelan. 

  1. Autoantigens

Autoantigen atau self-antigen, adalah zat yang berasal dari tubuh yang seharusnya tidak memicu respons imun pada individu yang sehat karena tubuh tahu bahwa mereka tidak berbahaya. Namun, terkadang tubuh secara keliru bertindak melawannya, yang mengarah pada peradangan autoimun. 

Faktor-faktor tertentu, misalnya lingkungan atau genetic menyebabkan sel imun mengidentifikasi mereka sebagai benda asing dan oleh karena itu menyerang sel. Inilah yang terjadi pada penyakit autoimun. Contoh autoantigen adalah nukleoprotein, asam nukleat.

  1. Antigen tumor 

Antigen tumor diproduksi karena mutasi spesifik tumor yang terjadi selama transformasi neoplastik sel normal menjadi sel kanker. Antigen ini diekspresikan pada permukaan sel kanker untuk dikenali oleh sistem imun. 

Namun, meskipun mengekspresikan antigen permukaan sel, sebagian besar sel kanker memperoleh kemampuan untuk lolos dari eliminasi yang dimediasi sistem kekebalan.

  1. Antigen endogen 

Antigen endogen adalah antigen yang dihasilkan dari dalam sel normal dan kemudian ditunjukkan di luar sel pada permukaan sel.  Contoh: antigen yang disajikan oleh sel yang telah terinfeksi oleh bakteri atau virus, antigen golongan darah pada permukaan sel eritrosit (misalnya antigen H pada sel darah merah, antigen A, dan antigen B), HLA atau antigen histokompatibilitas leukosit.

  1. Immunogen 

antigen juga dapat dikategorikan berdasarkan respon imunnya. Immunogen adalah salah satunya. Immunogen, biasanya protein atau polisakarida adalah antigen yang dapat menimbulkan respons imun dengan sendirinya, yang berarti dapat memicu limfosit untuk bertindak melawannya. Immunogen memiliki berat molekul lebih dari 10.000.

  1. Hapten

Berkebalikan dengan immunogen, hapten adalah antigen yang tidak dapat menimbulkan respon imun sendiri. Ia membutuhkan zat lain, molekul pembawa seperti albumin atau globulin, sebelum dapat memicu respons imun. Hapten memiliki berat molekul lebih rendah, yaitu kurang dari 10.000.  

Antigen adalah zat dalam tubuh yang bisa berasal dari dalam maupun luar tubuh yang dapat memicu respon imun tubuh dan membentuk antibodi untuk melawannya. Antigen adalah zat yang dianalisis dalam tes antigen. 

Dalam tes antigen COVID-19, antigen berguna untuk menunjukkan seseorang sedang terinfeksi atau tidak oleh suatu patogen atau dalam hal ini virus corona. Temukan lebih banyak informasi tentang antigen di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.

Anda juga bisa menemukan berbagai layanan tes antigen beserta dengan promonya di aplikasi SehatQ. Selain itu, SehatQ juga menyediakan ruang untuk berkonsultasi dengan dokter di aplikasi SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Play Store.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *