Cahayasaga Clinic & Diagnostic Center, Tawarkan Promo Pemeriksaan Stroke untuk Anda

Stroke terjadi ketika peredaran darah pada otak terhenti atau berkurang. Tanpa oksigen, sel otak dapat mati dengan cepat dan mengakibatkan kerusakan otak secara permanen. Terdapat dua tipe stroke, yaitu iskemik (nonperdarahan) dan hemoragik (perdarahan). Stroke iskemik disebabkan karena kekurangan aliran darah pada jaringan otak. Hal ini disebabkan ketika pembuluh darah arteri pada otak menyempit karena kondisi seperti aterosklerosis. Pembekuan darah dapat terbentuk di arteri yang menyempit dan menghalangi aliran darah. Cahayasaga Clinic & Diagnostic Center menawarkan promo pemeriksaan stroke yang bisa Anda gunakan agar terhindar dari kondisi ini.

Promo pemeriksaan stroke ini memberikan potongan sebesar 63% sehingga Anda bisa menghemat biaya pemeriksaan dari Rp 313.000 menjadi Rp 199.000. Sekitar 13% dari penyakit stroke adalah jenis hemoragik. Stroke ini disebabkan karena pecahnya pembuluh darah di otak. Stroke hemoragik juga disebut perdarahan intraserebral atau intracerebral hemorrhage (ICH). ICH terjadi ketika pembuluh darah pecah dan darah menumpuk di jaringan sekitar pembuluh yang pecah. Hal ini menyebabkan peningkatan tekanan pada otak dan kehilangan banyak darah di area sekitarnya. Perawatan medis secepatnya sangat penting untuk pemulihan.

Pengobatan khusus yang diberikan pada pengidap stroke tergantung pada jenis stroke yang dialaminya, stroke iskemik atau stroke hemoragik.

  • Pengobatan stroke iskemik. Penanganan awal akan berfokus untuk menjaga jalan napas, mengontrol tekanan darah, dan mengembalikan aliran darah.
  • Pengobatan stroke hemoragik. Pada kasus stroke hemoragik, pengobatan awal bertujuan untuk mengurangi tekanan pada otak dan mengontrol perdarahan. Ada beberapa bentuk pengobatan terhadap stroke hemoragik, antara lain dengan mengonsumsi obat-obatan dan operasi.
  • Pengobatan TIA (Transient Ischemic Attack). Pengobatan TIA bertujuan untuk menurunkan faktor risiko yang dapat memicu timbulnya stroke, sehingga penyakit jantung tersebut dapat dicegah. Obat-obatan akan diberikan oleh dokter untuk mengatasinya. Dalam beberapa kasus, prosedur operasi endarterektomi karotis diperlukan jika terdapat penumpukan lemak pada arteri karotis.

Cara mencegah stroke yang utama adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Selain itu, kenali dan hindari faktor risiko yang ada, serta ikuti anjuran dokter. Berbagai tindakan pencegahan stroke, antara lain:

  • Menjaga pola makan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dan berlemak dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah dan risiko menimbulkan hipertensi yang dapat memicu terjadinya stroke. Hindari konsumsi garam yang berlebihan. Konsumsi garam yang ideal adalah sebanyak 6 gram atau satu sendok teh per hari. Makanan yang disarankan adalah makanan yang kaya akan lemak tidak jenuh, protein, vitamin, dan serat. Seluruh nutrisi tersebut bisa diperoleh dari sayur, buah, biji-bijian utuh, dan daging rendah lemak seperti dada ayam tanpa kulit.
  • Olahraga secara teratur. Olahraga secara teratur dapat membuat jantung dan sistem peredaran darah bekerja lebih efisien. Olahraga juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan menjaga berat badan serta tekanan darah pada tingkat yang sehat.
  • Berhenti merokok. Perokok berisiko dua kali lipat lebih tinggi terkena stroke, karena rokok dapat mempersempit pembuluh darah dan membuat darah mudah menggumpal. Tidak merokok berarti juga mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit paru-paru dan jantung.
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol. Minuman keras mengandung kalori tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan, seseorang rentan terhadap berbagai penyakit pemicu stroke, seperti diabetes dan hipertensi. Konsumsi minuman beralkohol berlebihan juga dapat membuat detak jantung menjadi tidak teratur.
  • Hindari penggunaan NAPZA. Beberapa jenis NAPZA dapat menyebabkan penyempitan arteri dan mengurangi aliran darah.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan guna menjaga kesehatan jantung selain melakukan pemeriksaan stroke secara rutin. Jika ingin melakukan pemeriksaan secara rutin, Anda bisa menggunakan promo pemeriksaan stroke yang berlaku hingga 01 Januari 2022. Ingat, jantung merupakan salah satu organ penting bagi tubuh, jaga kesehatan jantung agar terhindar dari penyakit stroke.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *