Tampilan pori-pori wajah yang lebih besar sering kali membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Tidak jarang, banyak yang mencari cara untuk mengecilkan pori-pori wajah agar penampilannya terlihat sempurna. Satu hal yang pasti, pori-pori wajah pada dasarnya tidak dapat dikecilkan, hanya dapat disamarkan.

Bagaimana cara yang mengecilkan pori-pori yang benar tanpa merusak kondisi wajah?

Penyebab utama yang menjadi faktor ukuran pori-pori terlihat besar adalah penyumbatan yang terjadi pada pori-pori itu sendiri. Produksi minyak dan juga kotoran yang dari akibat debu dan polusi menyumbat pori-pori wajah. Selain itu, adanya penumpukan sel-sel kulit mati di wajah juga dapat menjadi faktor pendukung ukuran pori-pori membesar. Apabila minyak, kotoran, dan sel-sel kulit mati ini dibersihkan secara benar dan rutin, maka akan sangat mungkin pori-pori wajah terlihat mengecil. Berikut cara efektif untuk mengecilkan pori-pori wajah agar tampak lebih samar:

  1. Pilihlah produk makeup yang mengandung bahan-bahan yang sesuai dengan kondisi dan permasalahan kulit. Dalam hal ini, pilihlah makeup yang bersifat noncomedogenic, oilfree, dan won’t clog pores. Produk makeup dengan label-label tersebut tidak akan menyumbat pori-pori ketika makeup dipoleskan.
  2. Oleskan tabir surya setiap hari ketika akan beraktivitas di luar ruangan. Kepadatan kulit wajah akan terus berkurang, apabila kulit terpapar sinar matahari secara langsung. Kondisi ini akan membuat kulit terlihat kendur dan tampilan pori-pori menjadi lebih besar. Pilihlan produk tabir surya dengan kandungan SPF 30 ke atas dan gunakan secara rutin, walaupun cuaca sedang tidak terik.
  3. Bersihkan wajah rutin minimal dua kali sehari dapat membantu menghilangkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Usahakan untuk tidak menggunakan air yang terlalu panas agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Jangan lupa untuk menggosok lembut wajah agar tidak terjadi peradangan kulit yang menyebabkan tampilan pori-pori membesar. Pilihlah produk pembersih wajah yang bersifat noncomedogenic untuk menghindari kemungkinan iritasi.
  4. Gunakan produk perawatan kulit wajah pendukung di luar pembersih wajah yang mengandung retinol. Tahapan penggunaan produk ini dapat 30 menit setelah mencuci wajah.
  5. Lakukan eksfoliasi (pengelupasan sel kulit mati) secara rutin. Proses ini berfungsi untuk membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati yang menyumbat pada pori-pori wajah. Usahakan untuk melakukannya secara rutin sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Pilihlah produk eksfoliasi yang memiliki kandungan alphahydroxy acids (AHA) dan betahydroxy acids (BHA).

Itu tadi beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyamarkan pori-pori wajah. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit apabila terjadi permasalahan yang timbul dari cara-cara tersebut. Konsultasikan kondisi kulit Anda yang sebenarnya untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *