Efek Samping Cetrizine Serta Interaksinya Dengan Obat Lain

Saat alergi ringan menyerang, citrizine dapat dijadikan pertolongan awal untuk mengatasinya. Obat antihistamin ini dapat membantu meredakan gejala alergi seperti pilek, mata berair, hidung gatal, dan gatal-gatal. Citrizine hanya dapat digunakan untuk mengatasi alergi ringan saja. Apabila alergi serius, penggunaan citirizine tidak akan mempan. Obat ini tersedia dalam bentuk cairan, tablet kunyah, dan tablet isap. Sebelum menggunakan obat ini, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu tentang efek sampingnya dan interaksi citirizine dengan obat lain. Berikut penjelasan lengkapnya.  

cetrizine

Efek samping cetrizine

Beberapa efek samping dari mengonsumsi cetrizine dapat terjadi, seperti berikut ini. 

  1. Efek samping cetrizine ringan hingga sedang

Mengonsumsi citrizine untuk mengatasi alergi ternyata dapat menimbulkan efek samping tertentu bagi tubuh. Efek samping citrizine yang tergolong ringan mencakup sakit kepala, gatal, diare, sakit perut, pusing, mual, mulut kering, merasa lelah, mengantuk, kesemutan, sakit tenggorokan, masalah hidung, hingga merasa gelisah. Anak-anak yang mengonsumsi citrizine lebih umum mengalami efek samping berupa masalah hidung dan diare dibandingkan orang dewasa.

  1. Efek samping cetrizine parah

Pada kasus tertentu, efek samping cetrizine bisa bersifat parah. Beberapa gejala efek samping yang muncul seperti tubuh lemah, sulit buang air kecil, memar, kesulitan bernapas, sakit kepala parah, pembengkakan (wajah, lidah, atau tenggorokan), hingga pendarahan tidak normal. Apabila Anda mengalami beberapa hal tersebut setelah mengonsumsi citrizine, maka sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang serius. 

Cara mengurangi efek samping cetrizine

Efek samping cetrizine ringan biasanya tetap dirasakan meski dosis yang Anda minum kecil. Untuk itu, terdapat beberapa cara guna mengurangi efek samping tersebut. 

  1. Hindari beraktivitas

Aktivitas yang perlu dihindari hanya yang membutuhkan fokus tertentu serta aktivitas berat. Cetrizine dapat menyebabkan kantuk sehingga akan berpengaruh ketika Anda beraktivitas. Hindari menyetir atau berolahraga terutama setelah menggunakan cetrizine. 

  1. Makan permen

Efek samping lain yang mungkin muncul adalah mulut kering. Anda dapat megatasinya dengan mengunyah permen karet rendah gula. 

  1. Minum air putih

Anda juga dianjurkan untuk banyak mengonsumsi air putih. Selain untuk mengatasi mulut kering, air putih dapat mengurangi efek samping berupa sakit kepala. 

  1. Mengurangi makanan berat

Untuk mengatasi efek samping berupa mual, maka Anda dapat mengurangi makan berat terlalu banyak. Ganti pola makan dengan porsi lebih kecil namun sering. 

Interaksi dengan obat lain

Cetrizine bisa didapatkan tanpa resep dokter sehingga perlunya dipahami tentang interaksinya dengan obat lain. Cetrizine bukan hanya berinteraksi dengan obat lain saja namun juga dengan alkohol. Apabila Anda minum cetrizine bersama alkohol maka dapat membuat Anda semakin mengantuk dan kesulitan untuk fokus. 

  1. Cetrizine juga berinteraksi dengan obat-obatan yang memengaruhi syaraf pusat, sehingga menyebabkan efek tertentu pada fungsi mental dan sistem saraf. 
  2. Cetrizine berinteraksi dengan obat asma teofilin, terutama pada dosis 400mg atau lebih per hari. Penggunaan keduanya secara bersamaan akan membuat cetrizine berdiam lebih lama dalam tubuh. 
  3. Hindari konsumsi suplemen dan vitamin bersamaan dengan cetrizine sebab dapat memunculkan interaksi tertentu. 
  4. Interaksi dengan obat lainnya mungkint terjadi. Oleh karena itu sebaiknya Anda berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter jika akan mengonsumsi obat lain bersamaan dengan cetrizine guna mengurangi kemungkinan risiko yang terjadi. 

Anda juga perlu mewaspadai kemungkinan terjadinya overdosis karena penggunaan cetarizine secara berlebihan. Beberapa gejala overdosis cetarizine di antaranya pusing, diare, lemas, tremor, pupil melebar, dan jantung berdegup lebih kencang. Apabila Anda mengalami gejala overdosis maka perlu segera menghubungi layanan gawat darurat agar segera mendapat penanganan. Untuk konsumsi cetrizine yang aman, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter melalui aplikasi SehatQ.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *