Fu Fang Ejiao Jiang merupakan salah satu obat herbal tradisional Tiongkok yang terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Mulai dari menjaga atau menambah stamina, hingga bantu atasi gejala pasca kemoterapi pada pasien kanker. 

Lalu, apa sih kandungan dalam obat herbal ini yang membuatnya begitu berkhasiat? Berikut ulasan lengkap soal kandungan dan manfaat dari obat herbal asal China ini!

Khasiat Fu Fang Ejiao Jiang

Ada banyak manfaat yang ditawarkan obat herbal berbentuk minuman ini untuk kesehatan tubuh kamu. Di antaranya:

  • Memelihara daya tahan tubuh
  • Menjaga stamina
  • Tingkatkan vitalitas tubuh
  • Bantu atasi insomnia
  • Cegah penyakit kanker
  • Tingkatkan energi saat olahraga

Khasiat ini bisa diperoleh jika kamu rutin mengonsumsinya. Dosis obat herbal ini adalah 20 ml sebanyak 1 hingga 2 kali sehari.

Kandungan dan manfaat

Obat ini mengandung berbagai bahan herbal kuat yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Berikut adalah kandungan yang ada dalam Fu Fang Ejiao Jiang:

1. Asini corii colla

Asini corii colla atau e’jiao adalah gelatin yang didapatkan dari kulit keledai jenis Equus asinus L. Gelatin ini diperoleh melalui proses perebusan dan pengambilan sari kulitnya.

Kandungan ini dipercaya mampu meningkatkan produksi sel darah merah dengan cepat di tubuh. Hal ini bermanfaat untuk bantu atasi orang dengan masalah anemia.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus juga menemukan kalau kandungan ini efektif dalam menangkal efek penuaan.

Asini corii colla mampu memperlambat laju penuaan dengan cara meningkatkan aktivitas antioksidan, menangkal radikal bebas, dan melakukan modulasi pada gen terkait penuaan.

2. Ginseng

Obat herbal China ini juga mengandung hongshen atau ginseng radix et rhizoma rubra. Ini adalah jenis ginseng panax dari keluarga araliaceae yang sudah melalui proses pengeringan.

Akar ginseng dipanen pada musim gugur, lalu dicuci bersih, dikukus pada suhu 98 derajat celcius, lalu dikeringkan. Proses ini menghasilkan ginseng radix et rhizoma rubra.

Ginseng ini punya sifat antioksidan yang bisa bantu tubuh melawan radikal bebas. Selain itu, ginseng ini juga mengandung 20S-ginsenoside Rg2.

Kandungan ini banyak digunakan untuk mengobati penyakit  kardio-serebrovaskular. Ia juga punya aktivitas anti-diabetes, anti-depresan, cegah Alzheimer, dan anti-inflamasi.

3. Rehmanniae radix praeparata

Rehmanniae radix praeparata atau ekstrak yang didapatkan melalui proses pengukusan wine akar Rehmannia. Rehmannia sendiri masuk ke keluarga tanaman scrophulariaceae.

Pada pengobatan tradisional China, Rehmannia kerap digunakan dalam perawatan sumsum tulang belakang. Rehmanniae radix praeparata memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan neuroprotektif. 

Ia juga mengandung martynoside yang terbukti mampu bantu cegah anemia karena olahraga, dan  menghambat kelelahan otot.

Kandungan ini bermanfaat untuk jaga kesehatan berbagai organ penting yang ada di tubuh kamu. Mulai dari ginjal, jantung, serta hati.

4. Crataegi fructus

Crataegi fructus adalah semak berduri dari keluarga bunga mawar yang tumbuh di lereng bukit. Tanaman ini menghasilkan buah haw, maka dari itu tanaman ini juga dikenal dengan hawthorn.

Bagian daun, buah beri, dan bunga hawthorn digunakan untuk membuat obat. Obat dari tanaman ini digunakan untuk mengobati berbagai masalah dan penyakit.

Mulai dari penyakit jantung, congestive heart failure (CHF), nyeri dada, detak jantung tidak teratur, hingga berbagai masalah pencernaan seperti diare, konstipasi, dan ketidaknyamanan perut.

Nah itu dia ulasan terkait kandungan dan manfaat dari obat herbal Fu Fang Ejiao Jiang. Semoga bermanfaat!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *