Gampang, Ini Tips Mengurangi Mata Berkunang-kunang

Mengalami mata berkunang-kunang memang cukup mengganggu aktivitas, namun hal ini bukan hal yang harus dikhawatirkan jika tidak disertai dengan gejala lain.

Mata berkunang-kunang atau biasanya disebut fotopsia biasanya terjadi karena adanya tekanan fisik dari mata, misalnya saat kita bersin terlalu keras. 

Dalam beberapa kasus, mata berkunang-kunang juga dikaitkan dengan gejala migraine. Jika kamu mengalami hal ini, sebaiknya segera bertemu dengan dokter untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. 

Bagaimana mata berkunang-kunang bisa terjadi?

Saat mata merasakan cahaya, biasanya saraf optik akan menstimulasi retina dan mengirimkan pesan ke otak untuk diproses dan diidentifikasi

Dalam kebanyakan kasus, selain cahaya, menggosok mata, bersin dan benturan pada kepala juga bisa merangsang retina yang menyebabkan mata jadi berkunang-kunang. 

Selain itu, adanya penyusutan gel vitreus yang melindungi retina juga bisa menyebabkan retina tertarik dengan kuat dan cairan vitreus terpisah dari retina. Jika hal ini terjadi, maka menyebabkan mata berkunang-kunang.

Tips agar mata sehat dan mengurangi mata berkunang-kunang

Agar mata tetap sehat dan terhindar dari gangguan penglihatan yang buruk, kamu bisa mengubah gaya hidup ke arah yang lebih baik, misalnya mengonsumsi makanan yang bergizi dan hidup sehat. 

  • Konsumsi makanan diet seimbang

Sebaiknya mulai konsumsi makanan yang sehat dan kaya akan vitamin serta antioksidan, seperti sayuran dengan daun hijau, ikan berlemak yang mengandung omega-3. Hal ini penting untuk kesehatan makula sehingga penglihatan tetap normal. 

Beberapa rekomendasi sayuran hijau yang wajib dikonsumsi seperti bayam, kangkung, dan juga sawi. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan tinggi protein seperti telur, kacang-kacangan, dan buah-buahan lainnya. 

  • Berhenti merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang membuat mata mengalami gangguan seperti degenerasi makula. Sebaiknya mulai berhenti merokok dan hidup sehat agar tubuh dan organ-organ lain bisa sehat. 

  • Menggunakan kacamata hitam

Selain wajah, mata juga sebaiknya dilindungi dari paparan sinar UV secara langsung dengan menggunakan kacamata hitam.

Paparan sinar UV bisa meningkatkan kemungkinan degenerasi makula. Sebaiknya pilih lensa yang bisa melindungi dari sinar UVA dan UVB. 

  • Tidur cukup dan kurangi begadang

Selain menyehatkan tubuh, tidur cukup juga bisa mengistirahatkan mata yang sudah bekerja selama seharian.

  • Kurangi menggunakan perangkat digital

Di zaman yang sudah canggih, aktivitas kita memang tidak bisa dijauhkan dari layar gadget. Kita bisa menggunakannya hingga berjam-jam setiap hari. 

Penggunaan layar gadget ini bisa memaparkan cahaya biru yang berpengaruh pada mata. 

Agar efek dari cahaya biru pada gadget bisa berkurang, sebaiknya kamu menggunakan layar komputer dalam jarak 20-24 cm, ya. Usahakan layar gadget juga sejajar dengan penglihatan. Jangan sampai cahaya dari layar gadget terlalu terang atau redup.

Sering-sering lah untuk berkedip dan istirahat setiap 20 menit sekali, yakni dengan melihat objek yang lain.

Gunakan tetes mata khusus jika merasa mata terasa kering karena terlalu lama melihat layar gadget.

  • Gunakan kacamata khusus ketika bekerja

Untuk kamu yang bekerja di luar rumah atau di area proyek, sebaiknya mengenakan kacamata khusus yang aman untuk melindungi mata.

Kacamata ini bisa melindungi mata dan mencegah 90 persen cedera pada mata. Gunakan kacamata yang terbuat dari polikarbonat yang 10 kali lebih tahan benturan dibanding bahan yang lain. 

  • Gunakan kontak lensa dengan bijak

Pemakaian kontak lensa yang tidak benar biasanya sering menimbulkan masalah pada mata. Sebaiknya kamu selalu menjaga kebersihan pada lensa dan hindari pemakaian yang terlalu lama, ya. Copot kontak lensa ketika akan tidur. 

Nah, itu dia beberapa tips menjaga mata tetap sehat dan mengurangi mata berkunang-kunang. Jika gejala yang ditimbulkan makin parah sebaiknya langsung menghubungi dokter, ya. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *