Ide Menu Makan Malam Sehat untuk Diabetes Tipe 2

Seorang penderita diabetes tentu harus mengelola gula darahnya supaya tidak naik. Seseorang dapat mengelola diabetesnya dengan melakukan kombinasi antara olahraga, perawatan kesehatan, dan perencanaan diet yang cermat. Hal ini termasuk dalam mempersiapkan menu makan malam sehat untuk diabetes. 

Pasalnya, para penderita diabetes harus mengatur waktu makannya dan dengan menu yang aman untuk mereka konsumsi. Lalu, bagaimana mereka dapat mengonsumsi menu makan malam sehat yang bervariasi, enak dan memuaskan? Ini caranya!

Tips makan malam untuk penderita diabetes tipe 2

Mengikuti pola makan yang sehat tidak harus berarti bahwa penderita diabetes tipe apa pun, harus melepaskan makanan favorit mereka. Kuncinya adalah makan dalam jumlah yang tepat dan memastikan ada keseimbangan antara protein, karbohidrat, dan lemak dengan menitikberatkan pada serat. Pun dengan menu makan malam sehat Anda. 

Berikut beberapa ide makanan yang umum yang bisa Anda coba dan cocok untuk penderita diabetes. Pilihannya meliputi:

  • Steak. Tetap pada porsi 3 ons. Orang harus menghindari atau membatasi jumlah mentega saat memasak steaknya. Pilih potongan tengah untuk mengurangi marbling dan lemak. Sementara steak 3 ons sesekali tidak akan membuat terlalu banyak perbedaan dalam diet diabetes, mereka dengan kondisi tersebut harus membatasi asupan daging merah. Berhati-hatilah saat memilih potongan daging domba, sapi muda, atau babi. 
  • Ubi biasa atau ubi jalar. Hindari tambahan dan topping tinggi lemak, seperti bacon, krim asam, dan mentega. Gantikan krim asam untuk yogurt Yunani yang dapat menyediakan protein dan bakteri yang menyehatkan. 
  • Salad. Tambahkan vinaigrette untuk menambah rasa alih-alih menggunakan saus salad yang sudah dikemas sebelumnya. 
  • Salmon. Ikan tinggi asam lemak omega-3, yang dapat mengurangi risiko dari penyakit jantung dan peradangan. Memanggang salmon adalah cara yang baik untuk menghindari penambahan emak ekstra pada makanan. Pilihan ikan berminyak lainnya untuk diabetes termasuk tuna albacore, mackerel, dan sarden.
  • Asparagus kukus. Mengukus adalah cara menyehatkan untuk mengolah sayuran. Pastikan untuk memilih sayuran dengan indeks glikemik (GI) rendah, seperti brokoli, tomat, kacang hijau, dan terong. Sayuran ini meningkatkan glukosa darah pada kecepatan yang lebih lambat dan lebih terkendali, sehingga mengurangi risiko lonjakan gula darah.
  • Daging putih. Kalkun atau ayam panggang adalah pilihan yang baik. Pastikan untuk menghilangkan kulit yang mengandung lemak jenuh tingkat tinggi. 

Berolahraga setelah makan bisa menurunkan gula darah. Aktivitas fisik memungkinkan otot mengeluarkan glukosa dari darah tanpa insulin. Ini sangat membantu setelah sesekali mengonsumsi camilan manis atau makanan berat. 

Makanan yang harus dihindari

Selain mengonsumsi menu makan malam sehat, penderita diabetes pun harus menghindari atau membatasi beberapa makanan atau minuman.  Ini termasuk:

  • Gorengan 
  • Permen
  • Minuman manis, seperti kopi campur minuman lain, soda, the manis, atau jus
  • Nasi putih dan roti putih
  • Kentang panggang atau nacho dengan toping berlebihan
  • Hidangan dengan saus yang kental dan lembut
  • Minuman beralkohol
  • Pemanis buatan

Kesimpulannya, ketika penderita diabetes merencanakan menu makan malam sehat, berbagai pilihan menu yang tersedia harus aman untuk gula darah mereka. Fokus utama harus pada pengendalian ukuran porsi dan makan jumlah serat, protein, dan lemak sehat yang disarankan. Ini menjadi sangat penting saat makan di restoran. Dan usahakan untuk menghindari gorengan, permen, dan makanan dengan toping yang berlebihan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *