Ini Dia Manfaat Konidin Tablet yang Perlu Anda Tahu

Konidin tablet adalah obat yang digunakan untuk dapat meringankan batuk

Konidin tablet bukanlah obat yang asing bagi sebagian orang. Banyak orang yang sudah mengenal obat ini. Konidin merupakan salah satu obat pereda berbagai jenis batuk yang bisa dengan mudah didapatkan di warung atau toko obat terdekat.

Konidin diproduksi oleh sebuah perusahaan farmasi nasional terbesar yaitu PT Konimex. Obat Konidin sendiri di produksi dalam 2 varian, yaitu konidin sirup dan konidin tablet. Konidin tablet adalah obat yang banyak digunakan untuk meredakan batuk, baik batuk kering maupun batuk berdahak yang disebabkan oleh virus influenza, alergi, sisa – sisa dari bronkitis, asma, radang saluran pernapasan, pilek dan sebagainya. 

Konidin tablet mengandung berbagai zat seperti Dextromethorphan Hbr, Guaifenesin, dan Chlorpheniramine Maleate atau yang dikenal juga dengan istilah CTM. Konidin tablet memiliki berbagai indikasi atau manfaat untuk menyembuhkan keluhan batuk anda. Kandungan Dextromethorphan Hbr berguna untuk meredakan berbagai gejala batuk yang disebabkan oleh serangan virus influenza, pilek, alergi, radang saluran pernapasan, dan sisa dari bronkitis. Namun, kandungan Dextromethorphan Hbr ini tidak boleh digunakan untuk mengobati atau mengatasi batuk kronis yang disebabkan karena merokok, emfisema, asma kronis dan batuk berdahak kronis.

Selain itu, kandungan Guaifenesin yang terdapat pada komposisi konidin tablet bermanfaat untuk meredakan dan mengatasi gangguan yang menjangkiti saluran pernapasan seperti flu, asma atau bronkitis. Kandungan Guaifenesin ini juga bekerja untuk mengencerkan dahak yang terdapat pada saluran pernapasan sehingga membuat pernapasan menjadi kembali lega.

Konidin tablet juga mengandung Chlorpheniramine Maleate atau CTM. Kandungan CTM ini berfungsi untuk meredakan atau mengurangi efek histamin yang biasa hadir ketika seseorang sedang mengalami flu seperti hidung meler, bersin-bersin serta gatal pada mata dan kulit.

Jadi dapat disimpulkan bahwa konidin tablet memiliki manfaat antara lain meredakan batuk kering yang disebabkan flu, pilek, alergi, dan bronkitis. Konidin tablet juga dapat berguna sebagai ekspektoran untuk mengencerkan dahak dan melegakan tenggorokan.

Jika anda mengalami gejala-gejala seperti diatas, anda dapat langsung mengonsumsi obat konidin tablet sesuai dosis yang tertera di kemasan. Konidin tablet merupakan obat yang dapat dibeli secara bebas di berbagai toko obat terdekat dan dapat dikonsumsi tanpa resep dokter. Namun, anda harus perhatikan cara konsumsi, dosis, efek samping hingga himbauan penggunaan yang terdapat pada kemasan obat.

Apabila anda mengalami efek samping obat yang berkepanjangan atau gejala batuk, pilek, flu yang anda alami tidak kunjung reda, anda dapat langsung memeriksakan kondisi anda ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, apabila anda sedang menjalani perawatan lain yang mengharuskan untuk mengkonsumsi obat tertentu secara rutin, anda dapat mengkonsultasikan hal ini terlebih dahulu ke dokter.

Itulah manfaat dan kegunaan konidin tablet yang perlu Anda tahu. Di masa pandemi dan musim pancaroba seperti ini, kemungkinan untuk terserang batuk, flu, pilek dan sebagainya menjadi semakin besar. Untuk itu jaga selalu stamina dan kesehatan anda, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, multivitamin, serta istirahat secara teratur.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *