Ini Penyebab Kekurangan Kalium dan Cara Mencegahnya

Meskipun memiliki nama yang cukup mirip, kalium dan kalsium merupakan dua mineral yang berbeda dengan peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh manusia. Perbedaan kalium dan kalsium memang penting untuk dipahami, tetapi selain itu penyebab seseorang kekurangan mineral ini juga perlu diketahui beserta cara mencegah kekurangan mineral ini.

Kalium merupakan mineral yang penting dalam menjaga keseimbangan cairan disebut dengan elektrolit yang fungsinya menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengendalikan tekanan darah. Selain itu juga penting dalam menjaga fungsi otot dan saraf yang mengendalikan jantung, jika tubuh kekurangan kalium maka akan muncul serangkaian gejala.

Perbedaan Kalium dan Kalsium

Kalium

Merupakan mineral ketiga paling banyak yang berada di dalam tubuh manusia, mineral ini membantu tubuh untuk mengontrol cairan, mengirim sinyal saraf dan regulasi kontraksi otot. Sekitar 98 persen kalium tersimpan di dalam tubuh, dari jumlah total sebanyak 80 persen bisa ditemukan pada sel otot, sementara 20 persen lainnya ditemukan di tulang, organ hati dan sel darah merah.

Kalsium

Merupakan mineral paling banyak yang terdapat di dalam tubuh manusia, sebanyak 99 persen kalsium tersimpan di dalam gigi dan tulang. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa kalsium memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga tulang dan gigi.

Selain kesehatan tulang, kalsium juga memiliki peran penting dalam menjaga komunikasi antara otak dan bagian tubuh lain. Mineral ini juga memiliki peran penting dalam pergerakan otot dan fungsi kardiovaskuler yakni jantung dan pembuluh darah.

Penyebab Kekurangan Kalium

Kekurangan mineral ini bisa disebabkan karena beberapa hal, misalnya seseorang mengalami muntah dan diare secara bersamaan. Lalu juga bisa terlalu banyak berkeringat, kecanduan alkohol, gangguan makan seperti bulimia dan penggunaan obat pencahar yang berlebihan. Kekurangan kalium juga bisa dikarenakan efek dari kondisi medis yang serius.

Beberapa efek medis yang serius ini seperti gagal ginjal kronis, ketoasidosis diabetes, kekurangan asam folat dan malnutrisi. Pada umumnya faktor yang paling sering menjadi penyebab seseorang mengalami kekurangan kalium adalah pengaruh konsumsi obat-obatan diuretik yang fungsinya mempercepat pembentukan urine.

Hal inilah yang membuat seseorang harus dapat memahami perbedaan kalium dan kalsium dengan benar. Penggunaan obat diuretik sering diresepkan pada orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau penyakit jantung. Salah satu cara agar terhindar dari kekurangan kalium adalah tidak secara berlebihan mengonsumsi obat diuretik.

Cara Mencegah Kekurangan Kalium

Mengonsumsi makanan yang mengandung kalium merupakan cara paling disarankan agar tubuh terhindar dari kekurangan kalium. Beberapa jenis makanan ini juga tidak terlalu sulit ditemukan dan bisa dimasukkan dalam pola makan sehari-hari. Berikut ini jenis makanan yang bisa dikonsumsi dalam mencegah kekurangan kalium.

  • Kentang

Kentang mengandung kalium paling banyak yakni 925 mg, namun perhatikan cara mengolah dan sangat tidak dianjurkan diolah dengan cara digoreng.

  • Alpukat

Memiliki kandungan lemak omega-6 yang berpotensi sangat baik dalam mengurangi risiko penyakit jantung, mengandung asam lemak tak jenuh untuk mengurangi bahaya tinggi kolesterol

  • Pisang

Selain mengandung karbohidrat dan kaya serat, pisang mengandung kalium yang baik untuk tubuh, karbohidrat sehat mampu membuat perut terasa kenyang.

  • Ikan

Tak hanya kaya akan kandungan asam lemak omega-3, ikan juga kaya akan kalium, mineral dan zat besi. Beberapa jenisnya seperti salmon, sarden, tuna dan beberapa jenis ikan laut lainnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *