Ini Usia Anak yang Perlu Dibawa ke Dokter Gigi

Menjaga kesehatan gigi anak harus dimulai sejak dini, kesehatan gigi dan mulut sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh lain. Gigi tak hanya menjadi pemanis senyuman, tetapi juga menjadi salah satu bagian tubuh yang memengaruhi sistem pencernaan anak. Sangat penting bagi para orang tua mengetahui kapan waktu yang tepat bagi sang anak pergi ke dokter gigi.

Gigi yang sehat membuat anak lebih mendapatkan gizi yang optimal, kondisi ini membuat nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anak mencukupi kebutuhan. Sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak dapat berjalan dengan baik, rutin menggosok gigi menjadi cara tepat untuk menjaga kesehatan gigi meskipun hal ini belum cukup untuk memastikan gigi bersih dan bebas dari kuman.

Kapan Anak ke Dokter Gigi?

Orang tua bisa mulai membawa anak melakukan perawatan gigi ke dokter ketika usia anak sudah menginjak 6 bulan sampai berusia satu tahun atau ketika gigi pertama anak mulai tumbuh. Namun, di saat seperti ini anak biasanya akan merasa takut untuk menjalani perawatan gigi. Perawatan ini fungsinya untuk mengamati pertumbuhan gigi dan mencegah kerusakan.

Ketika anak pertama kali datang untuk memeriksakan gigi, dokter akan melakukan pemeriksaan dengan cara yang sebisa mungkin menyenangkan. Tujuannya agar anak tidak takut pada dokter ketika menjalani pemeriksaan, terdapat beberapa jenis perawatan yang akan dilakukan dokter pada kunjungan pertama anak, berikut di antaranya.

  • Memeriksa gigi secara keseluruhan, memeriksa gigi apakah ada yang berlubang atau rusak.
  • Memeriksa cara anak menggigit, apakah perlu menggunakan kawat gigi, apakah ada kesalahan pada rahang dan kesalahan jaringan di dalam mulut.
  • Membersihkan gigi anak.

Dokter akan mempertimbangkan apakah perlu atau tidak memberi tambahan zat fluoride, zat yang dapat membantu mencegah kerusakan gigi anak dengan membuat gigi lebih tahan terhadap asam yang dihasilkan bakteri yang menempel pada gigi. Selain melakukan pemeriksaan, dokter juga akan memberi edukasi kepada orang tua mengenai cara merawat gigi.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua dalam merawat gigi anak di rumah, seperti selalu menyikat gigi anak secara rutin dua kali sehari pada pagi hari dan malam sebelum tidur. Memberi anak makanan gizi seimbang dan membatasi makanan manis, mengajarkan anak untuk menghentikan kebiasaan menghisap jempol atau minum susu lewat dot.

Tips Mengajak Anak Periksa Gigi

Pada umumnya anak akan merasa takut bertemu dengan dokter ketika pertama kali melakukan kunjungan ke dokter. Hal ini lumrah karena mereka memang belum mengenal dan mengerti apa yang akan dilakukan dokter gigi. Namun tak perlu khawatir, beberapa cara ini dapat digunakan untuk membujuk anak agar mau periksa gigi.

  • Jadwalkan kunjungan ke dokter pada hari ketika anak sedang dalam suasana baik, sehingga dia akan lebih kooperatif.
  • Bersikap tenang ketika menjalani perawatan atau ketika sedang membicarakan rencana melakukan pemeriksaan gigi.
  • Jangan menakuti anak dengan menggunakan pemeriksaan gigi menjadi ancaman jika si anak tidak berperilaku baik, itu hanya akan membuat mereka semakin tidak mau.

Siapkan penjelasan yang rinci mengenai kondisi gigi anak, seperti makanan yang biasa dikonsumsi atau kebiasaan yang sering dilakukan. Lalu pilih dokter spesialis anak yang sudah terpercaya dan lebih baik jika sudah memiliki tempat praktik. Jangan lupa beri gambaran yang baik dari dokter gigi pada anak agar tak lagi merasa takut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *