Kandungan Diapet untuk Mengatasi Diare Anak?

Masalah diare pada anak memang bisa membuat banyak orang tua kalang kabut. Namun kini jangan khawatir, karena sudah ada produk Diapet khusus untuk anak-anak.

Diapet memang sudah lebih dulu mengeluarkan obat diare untuk dewasa berbentuk kapsul. Nah kini, sudah ada Diapet berbentuk cairan atau sirup yang diformulasikan khusus untuk si Kecil.

Selain lebih mudah dikonsumsi anak-anak, kandungan yang ada di dalamnya juga tak kalah efektif dalam mengatasi diare. Apa saja sih kandungan dan manfaat dari Diapet sirup ini? Berikut ulasan lengkapnya untuk kamu!

Kandungan dan manfaat 

Diapet sirup ini terbuat dari bahan herbal alami yang beberapa di antaranya mirip dengan kandungan yang ada pada Diapet kapsul.

Meski ada perbedaan, efektivitas dan keamanannya tetap diutamakan. Terlebih karena dikhususkan untuk anak-anak.

Di bawah ini adalah penjelasan terkait kandungan dan juga khasiat dari setip bahan yang ada pada Diapet Anak:

1. Ekstrak daun jambu biji

Diapet sirup ini mengandung 140 mg ekstrak daun jambu biji. Daun jambu biji memang sudah umum digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi diare.

Penelitian menemukan kalau itu dapat mengurangi intensitas dan durasi diare. Bahkan penelitian pada hewan lab menunjukkan kalau ekstrak dari daun jambu biji ini bisa bantu mengatasi diare yang disebabkan oleh infeksi.

Beberapa penelitian juga menemukan kalau ekstrak daun jambu biji memiliki efek antimikroba. Ini artinya ekstrak tersebut mampu menetralkan mikroba berbahaya penyebab diare yang ada di usus.

2. Kunyit

Diapet anak berbentuk sirup ini mengandung 120 mg ekstrak rimpang kunyit. Kandungan tanin dalam kunyit bisa membantu mengurangi frekuensi pengeluaran feses dengan cara mengerutkan selaput lendir di usus.

Ekstrak kunyit sendiri memang sering digunakan dalam pengobatan berbagai masalah pencernaan seperti irritable bowel syndrome atau IBS. IBS biasanya juga menimbulkan gejala berupa kram perut, diare, dan sembelit.

Selain itu, ekstrak kunyit juga digunakan untuk bantu mengatasi diare yang disebabkan oleh  penyakit radang usus atau disebut juga penyakit Crohn. Selain diare, penyakit ini juga menimbulkan gejala ketidaknyamanan perut lainnya.

3. Buah mojokeling

Diapet sirup juga mengandung 50 mg buah mojokeling. Mojokeling atau chebulae fructus memang kerap digunakan sebagai obat diare pada pengobatan tradisional tiongkok.

Sebuah penelitian pada tikus lab menemukan kalau ekstrak biji mojokeling memiliki sifat antidiare yang mampu menurunkan intensitas buang air besar.

4. Kulit buah delima

Diapet sirup ini mengandung 40 mg kulit buah dilemma. Kulit buah delima atau buah pome juga tidak kalah bermanfaat dari buahnya lho. 

Buah delima dikenal untuk mengobati diare dan menenangkan sakit perut pada saluran pencernaan. Di India, kulit buah delima yang sudah dikeringkan kerap digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk diare dan juga gangguan peradangan pada sistem pencernaan. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa proses pengolahan yang berbeda dari buah delima, termasuk ekstrak dari kulit, bunga, dan bijinya, menunjukkan aktivitas anti-inflamasi yang signifikan di usus.

Apakah membutuhkan resep dokter?

Diapet anak bisa dibeli secara bebas di toko obat, apotek, maupun e-commerce tanpa memerlukan resep dari dokter.

Ikuti dosis dan anjuran pemakaian yang ada pada label kemasan. Jangan pernah mengonsumsi lebih dari anjuran pemakaian produk ya.

Itu dia sedikit ulasan mengenai kandungan serta manfaat Diapet Anak untuk mengatasi diare. Semoga bermanfaat!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *