Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan latihan aerobik. Aerobik merupakan jenis olahraga yang selama ini dipercaya mampu membakar lemak. Namun, sebenarnya manfaat olahraga satu ini masih sangat banyak, seperti dapat meningkatkan imunitas tubuh, mengontrol gula dalam darah dan lain-lain.

Aktivitas yang dilakukan saat aerobik dapat meningkatkan denyut jantung dan pernapasan. Olahraga ini juga dikenal dengan sebutan olahraga kardio, yakni jenis olahraga yang membutuhkan oksigen guna dikirim ke bagian otot yang sedang bekerja.

Manfaat Latihan Aerobik bagi Kebugaran Tubuh

Manfaat latihan aerobik bisa dirasakan oleh setiap orang yang melakukannya. Secara umum aerobik bisa menjaga kesehatan jantung, paru-paru dan sistem peredaran darah dalam tubuh. Adapun manfaat lainnya adalah sebagai berikut:

1. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Senam aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan berat badan dan membakar kalori yang berlebih. Terlebih lagi jika dikombinasikan dengan mengonsumsi makanan yang rendah kalori, berat badan akan sangat cepat turun.

2. Dapat Mengontrol Gula dalam Darah

Manfaat latihan aerobik yang kedua yaitu dapat mengontrol gula dalam darah. Hal ini bisa terjadi karena olahraga yang teratur dapat membantu mengatur kadar insulin dalam tubuh. Jadi, kadar gula tubuh pun dapat terkendalikan.

3. Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Latihan aerobik dapat melatih jantung sehingga dapat mempengaruhi penurunan tekananĀ  darah. Jika tekanan darah menurun maka risiko penyakit hipertensi dapat diminimalisir.

4. Mengontrol Suasana Hati

Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, namun senam aerobik juga berpengaruh terhadap kesehatan mental. Pasalnya, olahraga ini juga dapat meringankan gejala stress dan mengurangi ketegangan yang berkaitan dengan gangguan kecemasan. Dengan demikian, latihan ini dapat membuat otak menjadi lebih rileks.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Imunitas atau sistem kekebalan tubuh sangat penting agar tubuh selalu sehat dan bugar. Dengan melakukan aktivitas ini, tubuh menjadi lebih kuat dan bugar karena gerakan-gerakannya dapat mengaktifkan sistem imun tubuh. Hal tersebut membuat tubuh menjadi lebih kebal dari penyakit ringan seperti flu dan batuk.

6. Dapat Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Untuk meningkatkan stamina tubuh, latihan aerobik membutuhkan pembiasaan. Saat pertama kali melakukan senam aerobik mungkin akan merasa sangat melelahkan. Namun, lama-lama peningkatan stamina dapat terasa dan kelelahan saat latihan juga berkurang.

Kinerja organ-organ vital dalam tubuh seperti jantung dan paru-paru akan meningkat seiring berjalannya waktu. Begitu pula dengan tulang dan otot, akan meningkat jika dilakukan secara rutin.

7. Meningkatkan Kinerja Otak

Aktivitas senam aerobik juga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak. Sebab, olahraga kardio ini diyakini dapat memperlambat hilangnya jaringan otak serta dapat meningkatkan kinerja dan kecerdasan seseorang.

8. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Aktivitas dalam senam aerobik membuat napas dan jantung berdetak lebih cepat. Hal ini mengakibatkan otot jantung lebih kuat dan mampu memompa darah dengan teratur. Selain itu, latihan aerobik dapat juga menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

9. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Latihan kardio juga dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak ketika malam hari. Namun, jangan sampai olahraga terlalu larut dan dekat dengan waktu tidur, usahakan untuk aerobik minimal 2 jam sebelum tidur. Selain itu, latihan aerobik harus dilakukan dalam keadaan sehat.

Salah satu bentuk usaha menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan melakukan latihan aerobik. Tetapi, perhatikan durasi dan waktu yang digunakan untuk latihan agar mendapatkan hasil sesuai keinginan. Semoga manfaat yang dijabarkan diatas dapat membuat Anda bersemangat mengikuti senam aerobik, ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *