Manfaat Medical Check Up di Klinik Prodia Surabaya

Kapan terakhir kamu melakukan medical check up atau MCU? Segera datangi Klinik Prodia Surabaya jika ingin melakukan MCU demi kesehatan kamu.

Mungkin banyak dari kita yang hanya melakukan MCU sebagai salah satu syarat diterima masuk kerja. Padahal di luar itu, MCU secara regular juga ternyata penting lho.

Melakukan MCU secara rutin memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kamu di masa kini dan masa depan. Simal lebih dalam terkait manfaat MCU pada ulasan di bawah ini!

Apa itu medical check up

Medical check up atau MCU adalah pemeriksaan kesehatan holistik yang dilakukan oleh tenaga kesehatan profesional untuk mengetahui status kesehatan kamu.

Pemeriksaan kesehatan ini biasanya dimulai dengan menelusuri riwayat kesehatan atau medis kamu, informasi terkait yang relevan, operasi yang pernah dijalani, obat yang dikonsumsi, gaya hidup, dan lain-lain.

Setelah itu, kamu akan menjalani berbagai pemeriksaan medis umum seperti:

  • Evaluasi mata, telinga, hidung, mulut, dan tenggorokan
  • Memeriksa dan mendengarkan jantung, paru-paru, dan usus menggunakan stetoskop 
  • Memeriksa bagian tubuh yang berbeda untuk melihat ada tidaknya benjolan yang tidak biasa di perut
  • Memeriksa kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau selangkangan
  • Pengukuran tinggi dan berat badan seseorang
  • Memeriksa tekanan darah
  • Complete blood count (CBC) di laboratorium khusus untuk memeriksa berbagai kondisi
  • Uji sampel darah untuk memeriksa kadar kolesterol dan glukosa dalam darah
  • Tes urinalisis untuk memantau kesehatan ginjal dan saluran kemih

Tak hanya di rumah sakit, kamu juga bisa melakukan MCU di klinik dengan fasilitas lengkap. Salah satunya adalah klinik Prodia Surabaya.

Manfaat MCU secara rutin

Melakukan MCU setidaknya satu kali dalam setahun dapat membantu kamu mencegah ketidaksenangan atau kerugian yang tidak perlu karena penyakit mendadak yang tidak terduga.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan apabila melakukan medical check up secara rutin:

1. Mengurangi risiko jatuh sakit dan dirawat

MCU rutin biasanya tidak hanya meliputi sejumlah pemeriksaan fisik namun juga mental. Hal ini bisa bantu kamu memastikan tubuh dan pikiran dalam keadaan fit dan baik-baik saja.

Dengan tes kesehatan rutin kamu mengurangi kemungkinan jatuh sakit sakit, atau bahkan dirawat di rumah sakit. Hal ini otomatis juga mengurangi pengeluaran biaya kesehatan kamu.

2. Mencegah penyakit kronis

Beberapa penyakit yang mengancam jiwa dapat secara bertahap menumpuk di dalam tubuh bahkan sebelum gejala fisik muncul.

Jika terdeteksi sejak dini, kamu memiliki peluang lebih tinggi untuk mendapatkan perawatan yang tepat dengan segera dan mendapatkan akses sejak dini ke opsi yang dapat mempercepat proses pemulihan. 

3. Mengidentifikasi penyakit terkait stres

Aktivitas padat setiap hari, tekanan pekerjaan, dan hubungan sosial bisa membuat kesehatan mental seseorang memburuk.

Pemeriksaan tubuh secara menyeluruh dan teratur dapat membantu dokter mendiagnosis masalah tersebut dan juga memberi kamu kesempatan untuk mendiskusikan stres guna mendapatkan perawatan yang dibutuhkan.

4. Memperpanjang umur dan kesejahteraan

Selain mendeteksi berbagai jenis gangguan atau penyakit yang mungkin akan muncul di masa depan, dokter MCU kerap kali juga mendorong kamu untuk lebih proaktif dan mengambil langkah yang tepat untuk tetap sehat.

Mulai dari rekomendasi tentang bagaimana mempertahankan kebiasaan baik dan gaya hidup sehat secara keseluruhan. Hal ini berdampak pada kesejahteraan hidup kamu.

Yuk, segera lakukan medical check up secara rutin mulai sekarang. Kamu bisa melakukan MCU lengkap di klinik Prodia Surabaya dengan fasilitas lengkap dan terbaik!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *