Manfaat Melakukan Vaksin Covid-19 di Puskesmas Gambir

COVID-19 adalah penyakit yang sangat menular dan bahkan dalam beberapa kasus, sangat berbahaya. Beberapa populasi, termasuk orang tua dan orang-orang dengan kondisi medis yang mendasari (yaitu, komorbiditas) berada pada risiko yang lebih besar untuk gejala parah dan bahkan kematian. Kekebalan alami yang dikombinasikan dengan kekebalan yang diinduksi vaksin tampaknya menjadi cara paling efektif untuk melindungi diri dari COVID-19. Anda dapat melakukan vaksin di Puskesmas Gambir. Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda harus segera melakukan vaksin.

1. Perlindungan terhadap COVID-19

Cara terbaik untuk tetap sehat adalah menghindari infeksi oleh SARS-CoV-2. Namun, jika Anda terinfeksi, vaksinasi akan membatasi risiko mengembangkan gejala yang parah atau bahkan fatal. Hal ini karena vaksin yang tersedia saat ini mengatur sistem imunologi Anda untuk memproduksi antibodi tanpa menyebabkan rasa sakit. Jika Anda terinfeksi, tubuh Anda siap untuk melawan penyakit. Vaksinasi biasanya menghasilkan gejala yang lebih sedikit atau lebih ringan saat Anda sakit (atau tanpa gejala sama sekali).

2. Perlindungan untuk keluarga dan teman

Dengan mendapatkan vaksin COVID-19, Anda juga mengurangi kemungkinan penyebaran patogen COVID-19 ke anggota keluarga, teman, atau orang lain yang berhubungan dengan Anda.

3. Tingkat efektivitas yang tinggi

Semua obat yang disetujui FDA diuji secara klinis sebelum dirilis ke publik. Vaksin Pfizer-BioNTech telah terbukti 94-95 persen efektif dalam waktu dua minggu setelah inokulasi penuh. Dengan kata lain, vaksin akan melindungi 19 dari setiap 20 orang yang disuntik dari penyakit parah akibat COVID-19.

Seperti halnya vaksinasi, beberapa efek samping telah dicatat. Ini termasuk rasa sakit di tempat suntikan, sakit kepala, kedinginan, demam, dan kelelahan. Dalam sebagian besar kasus, gejala pasca-inokulasi ini akan hilang dengan cepat. Anda juga akan merasakan efek samping yang jauh lebih ringan daripada gejala COVID-19 yang paling serius.

Ketersediaan vaksin tidak mengurangi kebutuhan akan langkah-langkah keamanan untuk membantu memerangi pandemi COVID-19. Bahkan setelah inokulasi, Anda harus:

– Selalu menerapkan protokol kesehatan termasuk sering mencuci tangan

– Pakai masker di tempat umum

– Jaga jarak sosial

– Hindari kontak yang terlalu lama dengan orang banyak, di dalam atau di luar ruangan

4. Anda bisa melihat manfaat kesehatan secara langsung

Menerima vaksin COVID-19 dapat mengurangi kemungkinan tertular COVID-19 dengan persentase yang luar biasa. Mendapatkan vaksin jauh lebih mungkin untuk melindungi kesehatan seseorang daripada menutupi atau menjaga jarak sosial.

Data uji klinis telah menunjukkan vaksin mengurangi tingkat COVID hingga 90 persen. Intervensi terbaik untuk memperlambat penularan kasus pada tahun 2020 adalah intervensi sosial seperti masker dan jaga jarak, yang hanya menghasilkan pengurangan 20 persen hingga 60 persen pada COVID, tergantung di mana dan bagaimana penerapannya.

Menghentikan penyebaran COVID berarti memperlambat mutasi virus juga. Setiap kali virus menyebar ke orang baru, ia memiliki peluang untuk bermutasi. Vaksin memberi kita peluang yang jauh lebih baik untuk membuat tingkat kasus COVID ke tingkat yang dapat dikelola sehingga kita dapat lebih banyak tempat dibuka kembali dan melihat pembatasan berkurang.

Menurut CDC, jika seseorang terpapar virus corona atau mutasinya, orang yang divaksinasi penuh – dua minggu setelah suntikan kedua, 94 persen lebih kecil kemungkinannya untuk dirawat di rumah sakit dibandingkan dengan individu yang tidak divaksinasi. Segera lakukan vaksinasi di Puskesmas Gambir untuk menjaga kesehatan Anda dan orang tercinta.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *