Manfaat Permainan Puzzle

Saat memikirkan permainan puzzle, biasanya orang memikirkan hobi, cara untuk menghabiskan waktu dan bersantai. Faktanya, selain untuk bersenang-senang sebentar, permainan puzzle juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Puzzle bukan hanya sekedar untuk dimainkan, karena mereka lebih dari sekedar permainan. Permainan puzzle hanyalah cara yang menyenangkan untuk membantu anak Anda mengembangkan keterampilan motorik dan kognitifnya. Bahkan lebih dari itu, dari membantu anak-anak dalam pengembangan keterampilan, meningkatkan daya ingat dan suasana hati, hingga mencegah penyakit besar pada orang tua merupakan beberapa manfaat bermain puzzle.

Beberapa diantara manfaat permainan puzzle mungkin tampak cukup jelas bagi Anda. Tapi, Anda mungkin tidak menyadari seberapa besar pengaruh puzzle bagi Anda ataupun anak Anda. Berikut manfaat permainan puzzle:

  • Aktif secara mental dan bugar

Tidak dapat dikatakan bahwa puzzle bukanlah cara yang bagus untuk menjaga pikiran Anda tetap aktif dan sehat. Permainan puzzle memungkinkan pikiran Anda terlibat dalam situasi yang membutuhkan banyak pikiran, konsentrasi, dan kesabaran. Sering dikatakan bahwa menjaga pikiran Anda tetap aktif, memungkinkan Anda untuk merasa dan menjadi lebih aktif. Menjaga pikiran Anda tetap aktif juga memungkinkan Anda mengurangi tingkat stres dan mengurangi kelelahan.

  • Meningkatkan daya ingat

Apakah Anda termasuk orang yang minum kopi, makan buah beri, dan melakukan olahraga untuk meningkatkan daya ingat? Jika demikian, maka ide ini akan menarik bagi Anda. Coba cara baru untuk meningkatkan daya ingat, dengan menyelesaikan permainan puzzle. Memecahkan puzzle meningkatkan kecepatan mental dan ingatan jangka pendek dengan mengingat warna, bentuk, dan detail, lalu membantu Anda untuk berpikir dimana tempat yang tepat untuk puzzle tersebut. 

  • Meningkatkan keterampilan pemecahan masalah

Keterampilan memecahkan masalah sangat penting dalam hidup seseorang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Memiliki keterampilan ini berarti Anda dapat mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi terbaiknya. Jika Anda melatih otak Anda dengan memecahkan teka-teki, Anda dapat meningkatkan keterampilan ini. Saat Anda memecahkan teka-teki permainan puzzle, Anda terpaksa mencari beberapa alternatif solusi dan mencari kesalahan terlebih dahulu. Hal ini bisa sangat berguna di kehidupan sehari-hari.

  • Meningkatkan IQ

Sudahkah Anda melakukan tes IQ? Jika Anda tidak puas dengan hasilnya dan Anda ingin mengubahnya, permainan puzzle adalah cara terbaik untuk melakukannya. Namun tentu saja hal ini tidak bisa terjadi dalam semalam, tetapi pada waktunya meningkatkan IQ dengan bermain puzzle sangat mungkin terjadi. Memecahkan teka-teki meningkatkan daya ingat dan penalaran seseorang. Menurut hasil penelitian dari University of Michigan, orang dewasa bisa menaikkan IQ-nya sebesar 4 poin setelah menyelesaikan permainan puzzle selama 25 setiap harinya.

  • Manfaat emosional

Permainan puzzle juga mengajarkan kesabaran, kepercayaan diri, dan pengendalian diri. Membuat permainan ini membutuhkan waktu dan tenaga. Saat menyelesaikan permainan puzzle, seorang anak akan merasakan kekaguman dan pengakuan untuk mencapainya, terutama pada anak-anak.

Seorang dokter dari University of Delaware telah menemukan bahwa bermain dengan balok, puzzle, dan permainan bentuk membantu mengembangkan keterampilan spasial. Hal ini memainkan peran mendasar dalam pengembangan kesadaran spasial dan kemudian berperan ketika topik sains, teknologi, teknik, dan matematika dibahas. Anak-anak yang sedang tumbuh dapat memperoleh manfaat dalam berbagai cara, selalu menyesuaikan ukuran potongan dan kesulitannya untuk usia mereka.

Ternyata permainan puzzle memiliki manfaat mengejutkan baik untuk anak-anak hingga orang dewasa, apakah Anda tergoda untuk membelinya? Selain itu permainan puzzle bisa menjadi salah satu cara menghabiskan waktu luang Anda dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan dan mendidik serta bermanfaat

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *