Mau Cek Kehamilan? Ini Jenis Test Pack Sensitif Pilihan Anda

testpack sensitif

Hasil kehamilan sangat dinantikan oleh sebagian besar pasangan suami istri. Untuk mengetahui kepastian kehamilan, cara paling mudah adalah dengan menggunakan test pack. 

Alat uji kehamilan dengan cara mendeteksi kadar hormon human chorionic gonadotropin (HCG) pada urin ini bisa dengan mudah ditemukan di apotek hingga supermarket. 

Test pack merupakan alat uji kehamilan HCG ini hanya terdapat pada perempuan hamil dan yang menentukan muncul tidaknya garis dua pada hasil test pack. 

Salah satu produk test pack yang paling populer dan dipercaya untuk mendeteksi kehamilan adalah Sensitif. Alasan Sensitif digemari karena produk test pack yang beragam, harganya yang relatif terjangkau, dan akurasinya yang tinggi. 

Sensitif adalah bagian dari Danpac Pharma, perusahaan Farmasi terpercaya Indonesia yang memproduksi produk kesehatan, perencanaan keluarga dan alat medis sekali pakai. 

Adapun jenis test pack Sensitif diantaranya: 

Sensitif Strip (Rp23.000)

Produk Sensitif ini paling mudah dicari dan banyak digunakan. Alat tes kehamilan berupa strip plastik ini cara penggunaannya hanya dicelupkan pada wadah berisi urin.

Tingkat keakuratan Sensitif Strip juga tinggi yaitu mencapai 99,9%. Anda tak perlu menunggu pagi hari untuk menggunakan test pack ini karena Sensitif Strip dapat digunakan kapan saja.

Cara penggunaan Sensitif Strip ini cepat dan mudah. Anda hanya perlu mencelupkan produk ke dalam wadah urine selama 30 detik. Tujuannya untuk mengetahui kadar hormon HC. 

Celupkan strip selama 5 hingga 10 detik ke dalam wadah berisi urin. Hasil tes bisa Anda lihat dalam 1–3 menit saja. Sementara cara membaca Sensitif Strip adalah:

  • Jika hanya 1 garis muncul pada “Control Zone”, berarti hasil tes menunjukkan negatif atau anda tidak hamil.
  • Jika 2 garis muncul, 1 garis pada “Result Zone” dan 1 garis pada “Control Zone”, maka hasilnya positif hamil, meskipun warna garisnya tidak terlalu tajam.  

Sensitif Container (UC) (Rp28.000)

Sensitif Container secara sederhana yaitu test pack dengan wadah urin. Produk ini menggabungkan Sensitif strip dengan wadah plastik untuk kenyamanan Anda.

Alat tes ini bekerja dengan cara yang sama dengan Sensitif strip yaitu dengan mendeteksi tingkat kadar hormon hCG pada air seni. Anda dapat menggunakannya 7 hari usai berhubungan intim. 

Cara membacanya juga sama seperti Sensitif Strip. 

Sensitif Compact (Rp50.000)

Produk Sensitif selanjutnya yaitu alat tes uji kehamilan dalam bentuk compact. Jika pada Sensitif Container harus memakai wadah penampung air seni, dengan Sensitif Compact, Anda tidak perlu menggunakannya lagi. 

Sensitif Compact menggunakan midstream teknologi untuk menghilangkan kebutuhan untuk menampung air seni di wadah. Penggunaannya pun lebih mudah dan higienis sehingga lebih diminati oleh para wanita.

Hasil tes akan terlihat dalam waktu 1 menit. Pada saat alat tes mulai bekerja, akan muncul satu garis pada jendela berbentuk lingkaran (jendela kontrol). Di mana garis tersebut adalah garis kontrol yang mengartikan bahwa tes bekerja dengan benar

Jendela berbentuk persegi akan menunjukkan hasil tes. Apabila garis muncul pada jendela berbentuk persegi (jendela hasil) maka alat tes telah mendeteksi adanya hormon hCG dan menunjukkan adanya kehamilan.

Untuk membaca hasil Sensitif Compact yaitu: 

  • Jika muncul 1 garis pada jendela kontrol (berbentuk lingkaran) menandakan bahwa Anda tidak hamil dan tes telah dilakukan dengan benar
  • Jika muncul 2 garis pada jendela kontrol (berbentuk lingkaran) dan jendela hasil (berbentuk persegi) menandakan Anda hamil.
  • Jika garis pada jendela kontrol tidak muncul berarti tes tidak dilakukan dengan benar. Ulangi tes dengan menggunakan Sensitif Compact yang baru.

Sensitif Digital (Rp170.000)

Terakhir, Sensitif juga memiliki produk lebih modern yaitu Sensitif Digital. Sama seperti produk Sensitif lainnya, test pack digital ini menunjukkan hasil 99,9% akurat dengan tulisan yes atau no sehingga lebih mudah dimengerti. 

Sensitif Digital adalah alat tes kehamilan berupa stick dengan ujung stick yang dapat dipasang stripe untuk menyerap urin. Untuk membaca hasilnya, posisikan stripe mendatar rata. Stripe ini setelah dipakai dapat diganti dengan stripe refill. 

Harga testpack ini lumayan mahal namun bisa digunakan kembali. Untuk Sensitif Digital, Anda bisa menggunakannya hingga tiga kali pemakaian.

Untuk hasil tes akan terlihat dalam waktu 3 menit. Cara membaca Sensitif Digital adalah:

  • Jika muncul tulisan “No” pada jendela kontrol, menandakan bahwa Anda tidak hamil dan tes telah dilakukan dengan benar. 
  • Jika muncul tulisan “Yes” garis pada jendela kontrol, menandakan Anda hamil. 
  • Jika garis pada jendela kontrol tidak muncul berarti tes tidak dilakukan dengan benar. Ulangi tes dengan menggunakan Sensitif Digital yang baru.

Itulah 4 produk andalan Sensitif yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui kehamilan. Yuk tentukan mana yang paling tepat untuk Anda. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *