Mengenal Kandungan Obimin AF, Multivitamin Bagi Ibu Hamil

Saat mengandung Anda bukan hanya memenuhi kebutuhan untuk diri Anda sendiri tetapi juga untuk si kecil dalam kandungan. Menjaga tubuh untuk tetap sehat dan selalu memperhatikan asupan gizi sangat diperlukan. Bahkan setelah melahirkan pun hal tersebut juga tetap harus diperhatikan terlebih bagi Anda yang ingin memberikan asi eksklusif bagi bayi Anda.

Saat hamil, tubuh mungkin akan lebih sensitif baik itu kepada bau hingga rasa makanan. Hal ini mungkin mengakibatkan nafsu makan menjadi menurun dan kemungkinan kehilangan beberapa nutrisi. Untuk mengatasinya Anda dapat mengonsumsi asupan vitamin. Salah satunya adalah vitamin Obimin AF

Obat ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral Anda selama masa kehamilan hingga menyusui. Obimin AF sendiri memiliki kandungan nutrisi lengkap yang dibutuhkan ibu beserta janin mulai dari vitamin, kalsium, zat besi, dan asam folat.

Berikut kandungan lengkap dari Obimin AF beserta dengan manfaatnya.

Obat Obimin AF

Obimin AF adalah salah satu merek multivitamin yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil hingga sedang menyusui. Obat ini membantu memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan ibu maupun bayi untuk perkembangannya. Obimin AF aman dikonsumsi ibu hamil di trimester pertama kehamilan hingga trimester berikutnya.

Kendati demikian, disarankan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter supaya mendapatkan dosis penggunaan yang tepat.

Kandungan Obimin AF yang baik bagi ibu hamil dan menyusui

Vitamin A 

Vitamin A memegang peranan cukup penting dalam perkembangan janin baik untuk penglihatan dan fungsi kekebalan tubuh. WHO sendiri mengatakan bahwa kekurangan vitamin A merupakan masalah kesehatan masyarakat di berbagai belahan dunia, khususnya Afrika dan Asia Tenggara. 

Meski demikian, vitamin ini cukup krusial untuk ibu hamil atau menyusui karena jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan penyakit liver maupun cacat pada bayi. Oleh sebab itu, imbangi dengan makanan yang sehat dan dosis yang pas. 

National Institutes of Health merekomendasikan konsumsi vitamin A hanya boleh 1.200 hingga 1.300 mcg setiap hari dan juga tergantung pada usia Anda. Konsultasikan pada dokter sebelum Anda mengonsumsinya.

Vitamin B1

Vitamin B berperan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi. Selain itu, juga membantu meminimalkan risiko cacat lahir dan meredakan beberapa gejala kehamilan. Dalam Obimin AF terkandung vitamin B1, B2, B6, dan B12 yang siap untuk menutrisi Anda. 

B1 sendiri berfungsi dalam perkembangan otak bayi. Vitamin B2 bermanfaat meningkatkan penglihatan yang baik, kulit yang sehat, perkembangan dan pertumbuhan tulang, otot, serta saraf bayi. Vitamin ini juga menurunkan risiko berkembangnya preeklamsia atau komplikasi kehamilan. 

Sedangkan B6 atau piridoksin akan membantu perkembangan otak dan sistem saraf bayi, menjaga glukosa darah, dan mengatasi morning sickness. Terakhir kandungan vitamin B12 akan membantu dalam pembentukan tabung saraf bayi, perkembangan otak dan tulang belakang. Untuk Anda, vitamin ini membantu dalam perkembangan dan fungsi otak, saraf, dan sel darah, serta meningkatkan energi dan suasana hati.

Vitamin C dan D

Konsumsi vitamin C dalam dosis yang tepat saat kehamilan maupun menyusui dapat membantu penyerapan zat besi, menurunkan risiko diabetes gestasional, mengurangi risiko preeklampsia, serta membantu tumbuh kembang janin dan menjaganya tetap sehat.

Sedangkan vitamin D sangat berperan penting dalam kekebalan tubuh, kesehatan tulang, dan pembelahan sel baik bagi ibu maupun bayi. Asupan vitamin D yang direkomendasikan dikonsumsi selama masa kehamilan adalah 600 IU atau 15 mcg per hari. Namun, beberapa ahli menunjukkan bahwa kebutuhan vitamin D selama kehamilan jauh lebih tinggi.

Niacinamide 

Niacinamide dapat bermanfaat untuk meningkatkan pencernaan dan metabolisme nutrisi. Dokter menyarankan agar wanita hamil mengonsumsi 18 mg setiap hari.

Kalsium pantotenat dan kalsium laktat 

Kalsium diperlukan untuk tubuh terlebih bagi para wanita. Kalsium dapat menurunkan gejala PMS, ibu hamil dan menyusui juga direkomendasikan untuk mengonsumsi kalsium dalam dosis yang tepat. 

Kalsium yang dibutuhkan adalah kalsium pantotenat dan laktat. Kalsium pantotenat atau dikenal juga sebagai vitamin B5 membantu menciptakan hormon kehamilan dan meredakan kram pada kaki. Kalsium laktat berfungsi dalam pertumbuhan badan, tulang dan gigi.

Asam folat 

Asam folat memegang banyak hal penting bagi tubuh. Dikenal dengan vitamin B9 ini, membantu mengurangi risiko bayi cacat lahir. Asam folat merupakan jenis vitamin B yang paling penting untuk dikonsumsi selama kehamilan. March of Dimes merekomendasikan kepada semua wanita dalam usia produktif hamil untuk mengonsumsi 400 mcg vitamin B9 setiap hari sebelum dan setelah kehamilan.

Zat besi dan tembaga

Kebutuhan zat besi dapat meningkat secara signifikan selama kehamilan, hal ini karena volume darah ibu meningkat sekitar 45 persen. Zat besi berperan penting untuk jalannya oksigen dan pertumbuhan serta perkembangan bayi.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Bila ini terjadi, akan ada risiko kelahiran prematur, depresi pada ibu dan anemia bayi.

Asupan yang direkomendasikan adalah 27 miligram (mg) zat besi per hari. Namun, jika Anda mengalami kekurangan zat besi atau anemia, Anda memerlukan dosis zat besi yang lebih tinggi, konsultasikan dosis yang tepat dengan dokter Anda.

Iodin 

Iodin atau yodium diperlukan bagi ibu hamil dan menyusui maupun untuk bayi. Yodium berfungsi memproduksi hormon tiroid yang bermanfaat dalam perkembangan otak janin dan sistem saraf. Bahkan, WHO dan UNICEF merekomendasikan suplementasi yodium untuk wanita hamil dan menyusui di negara-negara yang memiliki akes kurang dari 20% ke garam beryodium, sampai program iodisasi garam ditingkatkan. 

Tentunya, konsumsi iodin juga harus diperhatikan dan tidak boleh berlebihan. Diskusikan dengan dokter untuk mendapat dosis terbaik konsumsi iodin.

Masa-masa kehamilan dan menyusui adalah masa-masa penting bagi perkembangan bayi. Mereka mendapat nutrisi untuk tumbuh kembangnya melalui apa yang dikonsumsi oleh ibu. Untuk itu, penting mendapat asupan nutrisi dan vitamin yang tepat baik dari makanan yang bergizi maupun tambahan suplemen. Tentunya sebelum mengonsumsi, diskusikan pada dokter Anda mengenai dosis yang tepat sehingga manfaatnya pun didapat dengan benar. 

Suplemen yang dapat Anda pilih salah satunya adalah Obimin AF yang aman dikonsumsi baik dari masa kehamilan hingga menyusui. Dapatkan Obimin AF yang pasti asli hanya di Toko SehatQ yang dapat diakses melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh aplikasinya sekarang juga di App Store atau Play Store.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *