Pola hidup sehat merupakan hal yang sangat penting bagi manusia supaya terus dalam keadaan bugar meskipun sudah memasuki usia senja.

Namun kebanyakan orang menjalani pola hidup yang demikian ketika sudah usia tua atau sehabis terkena penyakit kronis.

Padahal, untuk bisa menjalani gaya hidup sehat tidak perlu seperti itu. Anda bisa memulainya bahkan sejak dini atau di usia muda.

Usia demikian memang banyak sekali godaan terutama soal makanan dan kebiasaan tidak mau aktif bergerak.

Sehingga, hal-hal demikian malah membuat kehidupan di usia muda rentan terkena penyakit kronis seperti jantung, stroke, dan diabetes serta kanker.

Tentu Anda yang berusia muda tidak ingin masa muda Anda bergulat dengan banyak penyakit di tengah begitu produktifnya Anda, bukan?

Karena itu, jika Anda ingin memulai gaya hidup sehat semenjak usia muda ikutilah cara-cara berikut di bawah ini!

Tidur yang cukup

Ini yang pertama harus Anda lakukan jika ingin sehat sedari muda sampai tua tidak sakit-sakitan. 

Kelihatannya aktivitas ini dianggap remeh oleh kebanyakan orang. Namun sebenarnya tidur yang cukup itu malah memberikan dampak yang begitu positif pada kesehatan fisik dan mental.

Tidur yang cukup akan mengembalikan kembali energi yang terkuras habis setelah seharian beraktivitas, dan dapat memberikan kekebalan alami bagi tubuh.

Dampaknya, Anda selalu merasa segar dan bersemangat di kala bangun di pagi hari. Agar bisa tidur secara teratur buatlah jadwal harian. Hindari bergadang dan membawai gawai ke tempat tidur supaya Anda bisa terlelap selama 7-8 jam per hari.

Lakukan dan jaga pola makan sehat

Gaya hidup sehat tentunya juga berkaitan dengan pola makan yang sehat. Pola makan sehat berarti Anda konsumsi makanan dengan asupan gizi yang seimbang secara teratur setiap hari.

Konsumsilah makanan bergizi yang juga higienis dan benar pengolahannya. Kurangi atau jauhi gula dan minyak jika Anda ingin menghindari diabetes dan kolesterol, serta hindarilah makanan cepat saji yang berpotensi mendatangkan penyakit.

Berolahraga secara teratur

Jika Anda ingin melakukan pola hidup sehat sejak usia muda, Anda tentunya juga harus berolahraga sebagai salah satu unsur yang tidak bisa dilepaskan.

Olahraga sendiri akan membuat badan segar dan bugar serta juga membuat Anda terhindar dari serangan banyak penyakit.

Memang untuk berolahraga ini agak susah-susah gampang sebab rutinitas harian yang melelahkan sudah membuat Anda menyerah untuk tidak berolahraga.

Namun jika Anda memang ingin hidup sehat bahkan sampai usia senja, Anda harus berolahraga. Untuk berolahraga ini juga tidak perlu langsung ke level yang berat. Cukup lakukan saja yang ringan, dan bisa Anda lakukan terlebih dahulu. Lakukanlah setiap hari selama 15-30 menit

Selalu terhidrasi

Ketika Anda ingin menjalani gaya hidup sehat sejak usia muda, usahakan juga untuk selalu membuat tubuh terhidrasi alias cukup cairan.

Sebab, tubuh yang terhidrasi akan membuat tubuh bekerja dengan baik serta menghindarkan Anda dari penyakit-penyakit kronis seperti batu ginjal.

Namun cairan yang sebaiknya diminum adalah air putih. Mengapa? Meskipun air putih tidak “wah” seperti air-air lainnya, air ini kenyataannya akan membuat tubuh dapat menghilangkan racun atau limbah, dan air putih sendiri tidak mengandung gula yang tentu saja membuatnya aman bagi tubuh.

Karena itu, ketika Anda sudah mulai merasa haus saat beraktivitas harian dan berolahraga, minumlah air putih yang dapat mengembalikan stamina dan mencukupi cairan.

Hidup bersih

Hidup bersih tentu juga tidak akan lepas dari hidup sehat. Hidup bersih akan membuat Anda terhindar dari bakteri, kuman, dan virus yang berpotensi besar menyerang Anda.

Hidup bersih bisa dimulai dengan seringnya Anda merapikan kamar tidur Anda, mencuci tangan sebelum makan dan beraktivitas dengan sabun serta membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

Hindari dan kurangi stres

Stres dalam kehidupan akan selalu muncul seiring dengan meningkatnya kebutuhan dan tekanan yang dialami manusia.

Apalagi manusia itu sendiri adalah makhluk sosial yang tentu saja memerlukan interaksi antar sesamanya dalam menggapai tujuan.

Namun kenyataannya hal tersebut bisa tidak sejalan sehingga mengakibatkan stres fisik dan mental. Karena itu, yang perlu Anda lakukan adalah bisa mengelola tingkat stres tersebut melalui melakukan hal-hal yang menyenangkan, bermeditasi di tempat yang sepi hingga konsultasi ke psikolog jika stres sudah tidak bisa dikendalikan.

Rutin periksa kesehatan 

Terakhir, Anda bisa melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin jika ingin melakukan gaya hidup sehat dari usia muda.

Pemeriksaan rutin ini akan membantu Anda untuk bisa mengantisipasi terjadinya penyakit yang ada dalam tubuh Anda sehingga Anda bisa secepat mungkin melakukan penanganannya.

Itulah beberapa cara untuk bisa melakukan pola hidup sehat dari usia muda. Memang tidak mudah, dan butuh usaha untuk mewujudkannya. Namun setidaknya ini dapat menjadi investasi Anda di masa depan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *