Banyak hal yang bisa menyebabkan nyeri otot dan sendi. Selain merupakan gejala suatu penyakit, kondisi nyeri di sendi maupun otot kebanyakan terjadi ketika seseorang berolahraga. Karena pada saat itu, kemungkinan cedera cukup besar. 

Ketika nyeri sendi dan otot mulai terasa, Anda bisa membalurkan minyak GPU untuk meringankan rasa sakit. Namun tentunya, daripada harus mengobati, lebih baik untuk mencegahnya, bukan? Beberapa hal bisa Anda upayakan agar nyeri sendi maupun otot tidak perlu terjadi ketika berolahraga. 

Langkah-langkah preventif untuk menghindari nyeri sendi dan otot ketika olahraga sebenarnya sederhana. Namun, sering kali hal-hal ini diabaikan. Yuk, mulai sekarang mulai praktikkan cara-cara di bawah ini supaya tidak perlu berurusan dengan nyeri sendi dan otot selepas berolahraga. 

Jangan Lupa Pemanasan 

Apakah selama ini Anda selalu melakukan pemanasan dan peregangan ketika hendak memulai berolahraga? Jika tidak, sangat mungkin Anda sering mengalami nyeri sendi dan nyeri otot. Pemanasan sejatinya sangat penting agar olahraga Anda aman. Dengan pemanasan, otot-otot dan sendi Anda menjadi lebih lentur sehingga mencegah terjadinya cedera, seperti terkilir ataupun salah otot dan sendi. Dengan melakukan pemanasan, Anda juga bisa fleksibel melakukan gerakan-gerakan olahraga sehingga risiko cedera dapat makin diminimalkan. Tidak perlu terlalu lama, melakukan pemanasan sekitar 10 menit baru kemudian melakukan gerakan inti olahraga sudah sangat berarti untuk menghindari munculnya nyeri sendi dan otot. 

Kenakan Sepatu yang Sesuai 

Tidak jarang cedera ketika olahraga yang menyebabkan nyeri sendi dan otot muncul karena kesalahan pakaian. Yang paling krusial adalah kesalahan sepatu. Ini bisa membuat Anda lebih mudah terkilir ketika berolahraga. Untuk itu, pastikan Anda memakai sepatu yang sesuai. Bukan hanya pas dengan ukuran kaki Anda, upayakan pula memakai sepatu yang pas dengan jenis olahraga yang Anda lakukan. Bagaimanapun, sepatu untuk bermain sepak bola tidak bisa disamakan dengan sepatu untuk lari. 

Baluri Minyak Hangat 

Membuat otot dan sendi menjadi lebih lentur menjadi sangat penting untuk mencegah munculnya nyeri dan peradangan selepas berolahraga. Salah satu cara yang efektif untuk membentuk kelenturan tersebut adalah membaluri minyak hangat, seperti minyak GPU, ke beberapa area persendian di tubuh Anda. Minyak GPU efektif memberi rasa hangat sehingga membantu meningkatkan aliran darah. Dengan demikian, otot dan sendi dapat lebih lentur dan tenang. 

Pastikan Gerak Bervariasi 

Ketika berolahraga, pastikan Anda bergerak secara variatif. Jangan hanya berfokus pada gerak tertentu untuk melatih area tertentu. Kebiasaan itu hanya akan memberi beban lebih pada otot dan sendi di area yang terlalu banyak dilatih sehingga meningkatkan risiko munculnya nyeri sendi dan otot. Variasikan gerakan olahraga Anda mulai sekarang. Pastikan gerakan Anda mencakup gerakan yang melatih otot di bagian atas dan bawah secara seimbang. 

Waktu Jangan Berlebihan

Olahraga memang baik dan memiliki banyak manfaat. Namun, jika dilakukan tanpa terkendali, otot dan sendi dapat menjadi “stres” dan mudah mengalami nyeri. Kenali tubuh Anda. Beri pula batasan waktu berolahraga per sesi sesuai kemampuan tubuh Anda. Jika memang ketika berolahraga 30 menit, Anda sudah merasa sangat lelah, batasi waktu olahraga hanya 30 menit. Namun, angka tersebut bukanlah patokan. Ingatlah batas daya tahan tubuh, tidak terkecuali daya tahan otot dan sendi, tiap orang berbeda-beda satu sama lain.  

Perhatikan Asupan Makanan 

Konsumsi makanan bisa sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan Anda dan daya tahan tubuh. Beberapa makanan bahkan bisa menjadi pencegah munculnya nyeri otot dan sendi ketika berolahraga maupun saat aktivitas lainnya. Makanan-makanan yang sangat dianjurkan dikonsumsi untuk meminimalkan risiko nyeri sendi dan otot, antara lain bayam, almond, sampai ikan laut berlemak. 

*** 

Mengobati nyeri sendi dan otot dengan minyak GPU memang cukup efektif. Namun, menjadikan minyak GPU sebagai penangkal munculnya nyeri sendi dan otot saat berolahraga jauh lebih baik. 

Reference 

https://toko.sehatq.com/produk/cap-lang-minyak-urut-gpu-30-ml
https://gethealthyu.com/prevent-joint-pain-during-exercise/
https://www.stvincentcharity.com/radiant/posts/4-tips-to-recover-from-joint-and-muscle-pain-from-exercise/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *