Moms, Ini Tips Memilih Sabun Cuci Botol Bayi yang Aman

Botol bayi dan empeng bisa menjadi salah satu tempat berkumpulnya bakteri yang membahayakan Si Kecil. Untuk itu, diperlukan sabun cuci botol bayi khusus dengan kandungan aman dan efektif membunuh bakteri.

penggunaan sabun pencuci botol bayi tidak boleh sembarangan

Saat mencuci botol bayi kita tidak bisa menggunakan sabun cuci sembarangan. Sebaiknya pilih yang tidak mengandung bahan kimia dan bebas paraben. Bila perlu, pilih sabun cuci yang sudah berlabel food grade, sehingga aman untuk bayi. 

Berikut ini beberapa tips memilih sabun cuci botol bayi yang aman dan efektif membunuh bakteri. 

Pilih yang berlabel food grade

Tidak semua sabun cuci memiliki label food grade. Khusus untuk membersihkan peralatan bayi, khususnya botol susu sebaiknya pilih sabun cuci dengan label food grade, karena sudah dipastikan aman dan bebas dari bahan beracun atau kimia. 

Jadi, saat Si Kecil tidak sengaja menelan sabun yang masih menempel pada botol susu tidak membahayakan kesehatannya. 

Ada banyak merek sabun cuci botol bayi dengan label food grade di pasaran yang bisa kamu pilih. 

Hindari memilih kandungan surfaktan yang tinggi

Hampir semua sabun cuci piring mengandung surfaktan yang tinggi, namun pada sabun cuci khusus peralatan bayi biasanya memiliki kandungan surfaktan yang rendah.

Surfaktan merupakan salah satu kandungan utama ada detergen atau sabun pembersih karena kemampuannya untuk menghilangkan minyak dan lemak yang membandel.

Selain itu, surfaktan juga bersifat sulit dibersihkan, sehingga ada risiko yang lebih tinggi busanya tertinggal di dalam botol susu bayi. Apabila zat surfaktan tertinggal pada botol susu bayi dan tidak sengaja diminum, maka bisa membahayakan kesehatan bayi. 

Jadi, sebaiknya pilih sabun cuci botol bayi khusus yang kandungan surfaktannya rendah. 

Hindari kandungan kimia, pewangi, dan pewarna sabun

Beberapa produk sabun cuci botol bayi kini dilengkapi dengan kandungan non kimia, bebas paraben, dan pewangi serta pewarna buatan. 

Pilihlah produk dengan kandungan alami seperti ekstrak jeruk nipis, aloe vera, dan bahan-bahan alami lainnya.

Pilih sabun yang mudah dibersihkan

Sabun pencuci piring dengan busa yang melimpah biasanya sulit dibersihkan dan memiliki risiko meninggalkan residu di dalamnya. 

Khusus untuk membersihkan botol bayi, kamu bisa mengecek apakah sabun cuci yang digunakan mudah dibilas atau tidak. Apabila sulit dibilas, sebaiknya hindari memilih sabun cuci tersebut. 

Pilih sabun cuci yang busanya tidak terlalu banyak dan mudah dibersihkan dengan cepat, sehingga tidak ada residu yang tertinggal. 

Pilih kemasan sabun yang mudah dibawa

Saat bepergian, kita pasti membutuhkan sabun cuci botol bayi yang praktis dan mudah dibawa ke mana saja. 

Model sabun cuci botol bayi sendiri ada dua, yakni kemasan push type dan juga kemasan spray. 

Pada kemasan push type atau pompa cukup praktis dibawa ke mana saja dan memiliki ukuran yang ekonomis, sehingga tidak memakan banyak tempat. 

Saat akan mencuci botol, kita tinggal menuangkan saja cairan sabun cuci botol bayi ini dan kocok hingga kotoran yang ada di dalam botol terangkat. Lalu bilas dengan bersih.

Sedangkan kemasan spray, juga lebih praktis karena bisa digunakan dengan satu tangan saja. Kita tinggal menyemprot bagian botol yang kotor dan segera bilas menggunakan air bersih. Cukup ekonomis. 

Itu dia beberapa tips memilih sabun cuci botol bayi yang aman dan tidak membahayakan kesehatan bayi. Sebaiknya hindari pemakaian sabun cuci piring dengan kandungan kimia, pewarna, dan pengawet, ya. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *