Obat Gigi Ngilu Sebelum Mengunjungi Dokter

Jika Anda sakit gigi atau merasakan ngilu pada gigi, penting untuk mencari tahu apa yang menjadi akar ketidaknyamanan Anda.  Dari sana, Anda dapat menentukan cara hingga obat gigi ngilu terbaik untuk menghilangkan rasa sakit atau gejala lainnya.

Sakit gigi yang nyeri dan ngilu adalah tanda bahwa Anda mungkin mengalami kerusakan gigi. Nyeri atau ngilu pada gigi juga bisa terjadi jika ada infeksi pada gigi atau di gusi yang mengelilinginya.

Jika Anda mengalami gigi ngilu dan merasa tidak nyaman, terdapat beberapa obat gigi ngilu serta cara sederhana untuk mengurangi gejala tersebut. 

Mengobati gigi ngilu di rumah biasanya melibatkan manajemen rasa sakit. Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan ngilu gigi:

  • Gunakan obat gigi ngilu

Menggunakan obat-obatan seperti ibuprofen (Advil, Motrin), acetaminophen (Tylenol), dan aspirin dapat menghilangkan rasa sakit ringan dari gigi ngilu. 

  • Jaga agar kepala Anda tetap tinggi

Menyangga kepala Anda lebih tinggi dari tubuh Anda dapat menjaga agar darah tidak mengalir ke kepala Anda. Jika darah terkumpul di kepala Anda, itu mungkin mengintensifkan rasa ngilu pada gigi dan mungkin membuat Anda sulit tidur.

  • Hindari makan makanan yang asam, dingin, atau keras sebelum tidur

Makanan-makanan ini dapat memperburuk gigi Anda dan semua rongga yang mungkin telah terbentuk. Usahakan untuk menghindari makanan yang memicu rasa sakit.

  • Bilas gigi Anda dengan obat kumur

Gunakan obat kumur yang mengandung alkohol untuk mendisinfeksi dan mematikan gigi Anda. Air garam juga bisa digunakan, karena air ini adalah desinfektan alami, dan dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di antara gigi Anda. Mengobati sakit gigi dengan air garam terpercaya juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut.

  • Gunakan kompres es sebelum tidur

Bungkus kantong es dengan kain dan letakkan pada sisi wajah Anda yang mengalami gigi ngilu di atasnya. Hal ini bisa membantu mengurangi rasa ngilu sehingga Anda bisa beristirahat.

Jika gejala Anda bertahan lebih dari satu atau dua hari, segera kunjungi dokter gigi Anda. Mereka dapat memberikan panduan tentang bagaimana meringankan gejala Anda dan mencegah rasa sakit di masa mendatang.

Anda juga harus berbicara dengan dokter gigi Anda sebelum menggunakan obat-obatan di atas jika Anda sedang hamil, menyusui, atau memiliki kondisi medis yang dapat dipengaruhi oleh bahan herbal.

Jika ngilu gigi Anda parah atau merupakan akibat dari kondisi medis yang lebih serius, Anda perlu mengunjungi dokter gigi sehingga Anda dapat mendapatkan obat dengan benar. Karena banyak sakit gigi yang membutuhkan perawatan medis.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *