Obat Sakit Tenggorokan dan Hidung Tersumbat Medis

Dalam mengatasi sakit tenggorokan dan hidung tersumbat, kita memang punya banyak pilihan untuk memakai bahan alami. Akan tetapi, ada kalanya obat bahan alami atau herbal ini tidak membantu secara optimal. Oleh karena itu, penjelasan mengenai obat sakit tenggorokan dan hidung tersumbat medis dirasa perlu untuk kita ketahui bersama. Paling tidak, dengan mengetahui obat medis ini kita bisa memiliki lebih banyak pilihan dalam mengatasi sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. 

Berkebalikan dengan obat alami, obat medis ini kerap kali dibuat dengan berbagai campuran zat tertentu. Akan tetapi, apabila obat itu sudah beredar, semestinya sudah aman untuk digunakan karena pasti telah melalui rangkaian tes dari lembaga terkait. Di sisi lain, minum obat medis dalam batas wajar juga masih aman jika kita mengonsumsinya sesuai dengan aturan pemakaian dan petunjuk dokter. 

Di samping itu, meskipun aman digunakan, tapi jangan sampai kita ketergantungan dengan obat medis, ya. Sebab, ada beberapa obat medis yang dapat memberikan efek samping yang mana munculnya jangka panjang alias baru dirasakan bertahun-tahun sesudahnya. Di sisi lain, dalam membelinya juga harus hati-hati karena bukan tak mungkin beredar obat palsu atau tiruan.

Setelah perkenalan singkat dengan obat medis, lantas apa saja sih obat sakit tenggorokan dan hidung tersumbat medis yang dapat kita gunakan? Nah untuk sakit tenggorokan sendiri paling tidak ada tiga jenis nan bisa digunakan. 

Pertama adalah paracetamol. Sebagai informasi, obat medis tersebut biasanya memang digunakan untuk menurunkan demam. Namun demikian, paracetamol ini ternyata juga punya manfaat lain, seperti meredakan nyeri akibat peradangan. Untuk manfaat tersebut, salah satu penyakit yang bisa diatasi adalah sakit tenggorokan. 

Kedua ada aspirin. Obat aspirin ini memang dikenal untuk meredakan rasa sakit, dalam hal ini termasuk juga sakit tenggorokan. Akan tetapi, orang yang dapat menggunakan obat tersebut terbatas. Pasalnya, anak-anak sampai remaja tidak diperkenankan menggunakan obat aspirin. Hal itu lantaran aspirin bila dikonsumsi anak-anak atau remaja bisa menimbulkan sindrom reye. 

Adapun obat medis ketiga untuk sakit tenggorokan adalah ibuprofen. Menurut berbagai sumber, obat ibuprofen ini bisa digunakan untuk meredakan gejala peradangan, termasuk sakit tenggorokan. Akan tetapi, obat ini hanya bisa dikonsumsi dalam kondisi tertentu saja. Pasalnya, berbagai sumber juga menyatakan bahwa ibuprofen tidak disarankan untuk dikonsumsi apabila sakit tenggorokan disertai dengan batuk kering dan demam. 

Sebagaimana judul artikel ini, yaitu Obat Sakit Tenggorokan dan Hidung Tersumbat Medis, maka selanjutnya akan disampaikan mengenai obat medis untuk hidung tersumbat. Sebagaimana sakit tenggorokan, ternyata hidung tersumbat ini bisa juga diatasi dengan obat yang mengandung paracetamol dan ibuprofen. Dua kandungan itu disinyalir bisa meredakan gejala hidung tersumbat. 

Obat medis berikutnya adalah obat yang mengandung antihistamin. Diketahui, antihistamin merupakan kandungan obat yang kerap digunakan untuk mengatasi alergi. Namun demikian, kandungan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan hidung tersumbat. 

Sementara obat medis terakhir untuk hidung tersumbat adalah obat yang mengandung dekongestan.  Dikutip dari berbagai sumber, dekongestan ternyata bisa membantu mengurangi pembengkakan di hidung yang kemudian itu bisa membuat hidung menjadi tersumbat. 

Demikianlah obat sakit tenggorokan dan hidung tersumbat medis yang bisa dimanfaatkan. Tentu saja dalam kategori obat medis, sudah banyak merek-merek obat yang bisa dipilih. Namun, sebelum menggunakan salah satu merek, pastikan kalau anda tidak alergi terhadap kandungan yang ada di dalam obat tersebut. Di samping itu, jangan sampai kita ketergantungan sama obat medis. Kalau alami masih ampuh, sebaiknya gunakan cara alami saja.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *