Pemeriksaan THT Dapat Anda Lakukan di Laboratorium Klinik Prodia

Organ penting lainnya yang perlu dijaga kesehatannya adalah tenggorokan hidung tenggorokan (THT). Ketiga organ ini memiliki fungsi penting bagi tubuh Anda. Jika salah satunya bermasalah atau mengalami gangguan kesehatan bisa membuat ketidaknyamanan dalam beraktivitas. Anda bisa melakukan pemeriksaan terhadap oragn – organ tersebut di Laboratorium Klinik Prodia.

Biasanya pemeriksaan dilakukan oleh dokter spesialis THT (otolaringologis) untuk memastikan apakah Anda mengalami gangguan kesehatan seperti infeksi, alergi atau bahkan tumor. Berikut ini beberapa pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter.

  1. Pemeriksaan Telinga

Dokter THT melakukan tes audiometri pada pemeriksaan telinga untuk menilai kemampuan dan fungsi pendengaran Anda. Selain itu, pemeriksaan telinga ini bisa mendeteksi gejala tuli. Dokter akan menggunakan alat otoskop untuk menampilkan, mendiagnosis dan memeriksa bagian dalam dan luat jika ternyata ditemukannya infeksi pada telinga.

  1. Pemeriksaan Tenggorokan

Pemeriksaan tenggorokan dilakukan dengan melakukan pemeriksaan fisik dan melakukan esophagoscopy untuk memastikan penyebab dari sakitnya tenggorokan. Pemeriksaan esophagoscopy dilakukan dengan cara memasukkan selang berkamera ke dalam tenggorokan untuk melihat kondisi atau gambar tenggorokan Anda sehingga dokter bisa memberikan Analisa dan diagnosa secara tepat.

  1. Pemeriksaan Hidung

Anda bisa memeriksakan diri ke dokter THT jika mengalami keluhan seperti flu, hidung tersumbat, cedera atau gangguan lainnya. Nantinya dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan mengenai riwayat medis dan gejala yang dirasakan sebelum melanjutkan ke pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lainnya. 

Telinga, hidung dan tenggorokan merupakan ketiga organ tubuh yang saling berhubungan dan berkaitan. Jadi, jika terdapat satu gangguan dari salah satu organ bisa memengaruhi yang lainnya. Berikut ini beberapa gangguan dari telinga, hidung, tenggorokan yang perlu Anda perhatikan.

  1. Gangguan pendengaran

Kehilangan pendengaran bisa terjadi dalam waktu jangka waktu tertentu dan bersifat sementara sehingga bisa disembuhkan. Meski begitu, Anda perlu mewaspadai apabila kondisi ini terjadi dalam jangka waktu lama karena bisa menjadi tanda adanya kerusakan dari telinga Anda. Jika sudah seperti ini, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter THT. Gangguan pendengaran ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti mendengar suara terlalu keras, adanya penumpukan kotoran di telinga, faktor geneti, sampai faktor usia.

  1. Gangguan penciuman yang terus berulang

Jika Anda mengalami gangguan seperti hidung tersumbat, hidung berair, hingga kehilangan penciuman, itulah tanda atau gejala jika terjadi gangguan pada hidung Anda. Bagian rongga udara di sekitar dahi, kedua sisi batang hidung dan area hidung di sekitar mata merupakan bagian yang sering jadi penyebab dari masalah kesehatan pada hidung. Jadi tidak herna jika Anda mengalami gangguan penciuman, daerah sekitar wajah, telinga, daerah gigi atas dan kepala ikut terasa nyeri atau sakit.

  1. Gangguan pernapapasan, menelan, dan suara serak

Nyeri tenggorokan, sakit saat menelan, suara serak bahkan sesak napas adalah gejala dari adanya penyakit yang menyerang THT. Meski sebagian besar gejala ini tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu yang cepat, tetap saja jika hal ini terjadi lebih dari 2 minggu, Anda harus mewaspadainya. 

  1. Kepala dan Leher

Sakit pada bagian kepala dan leher ini bisa jadi sebagai tanda adanya masalah kesehatan yang berkaitan dengan tumor baik itu yang jinak atau pun ganas. Jika ternyata benar sakit yang dirasakan karena adanya tumor, nantinya dokter THT akan bekerjasama dengan dokter spesialis bedah saraf ataupun dokter spesialis onkologi untuk mengatasi masalah kesehatan ini.

  1. Gangguan Tidur

Gangguan tidur seperti sleep apnea sering kali dikaitkan dengan gangguan yang terdapat pada hidung dan juga peyumbatan yang terjadi pada saluran pernapasan. Anda perlu memeriksakan kondisi ini ke dokter THT karena organ yang bermasalah saling berkaitan.

Itulah beberapa gangguan kesehatan yang bisa Anda konsultasikan dengan laboratorium klinik prodia. Anda bisa membuat jadwal untuk berkonsultasi melalui website atau aplikasi SehatQ maupun melakukan pemesanan di website Prodia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *