Penyabab Umum Kram Perut Sebelah Kiri

Kram perut sebelah kiri bagian bawah seringkali tidak perlu dikhawatirkan, tetapi tetap bukan sesuatu yang harus Anda abaikan. Penyebab kram perut sebelah kiri bawah mungkin tidak serius, seperti nyeri gas, atau bisa lebih serius, seperti pada kasus infeksi.

Sisi kiri bawah perut Anda adalah rumah bagi bagian terakhir usus besar Anda, dan bagi beberapa wanita, ovarium kiri. Kram ringan di area ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan dan dapat hilang dengan sendirinya dalam satu atau dua hari.

Berikut beberapa penyebab kram perut sebelah kiri bawah dan kapan Anda harus ke dokter:

  • Divertikulitis

Kondisi ini adalah salah satu penyebab paling umum dari kram perut sebelah kiri bawah. Divertikulitis terjadi ketika divertikula (kantong kecil) di dinding usus Anda terinfeksi dan meradang. Divertikula ditemukan pada banyak orang dewasa.  Seiring bertambahnya usia seseorang, jumlah divertikula meningkat, membuatnya lebih mungkin untuk robek atau membengkak.

  • Penyakit celiac

Penyakit celiac adalah kondisi kronis yang terjadi pada saluran pencernaan ketika Anda tidak dapat mencerna gluten. Gluten adalah protein yang ditemukan dalam gandum dan terdapat dalam beberapa makanan dan produk perawatan kesehatan. Ketika seseorang menderita penyakit celiac, sistem kekebalannya menyerang bagian-bagian usus, menyebabkan berbagai masalah pencernaan dan kekurangan vitamin.

  • Gas

Gas sering terperangkap di saluran pencernaan saat Anda menelan udara saat makan, maupun melalui proses pencernaan alami. Biasanya, gas tidak perlu dikhawatirkan dan akan melewati rektum atau kerongkongan. Gas yang terperangkap sementara di saluran pencernaan dapat menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman hingga keluar dari sistem Anda.

  • Intoleransi laktosa

Seseorang yang intoleran laktosa memiliki masalah dalam mencerna susu dan produk berbahan dasar susu, seperti keju dan yogurt. Hal ini karena orang tersebut kekurangan jumlah enzim yang disebut laktase dan dapat menyebabkan kram perut sebelah kiri. Laktase memecah laktosa dalam susu, yang terdiri dari gula sederhana, glukosa dan galaktosa.

  • Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan disebabkan oleh penumpukan asam setelah makan. Bagi kebanyakan orang, nyeri gangguan pencernaan terjadi di bagian atas perut.  Meski jarang, gangguan pencernaan bisa terjadi di bagian perut sebelah kiri. Biasanya, sebagian besar kasus gangguan pencernaan ringan. Gejala gangguan pencernaan meliputi sensasi terbakar, sedikit nyeri atau tidak nyaman, mulas, kembung, atau gas.

Jika Anda mengalami kram perut sebelah kiri yang terjadi secara terus-menerus atau kronis, Anda harus mencari pertolongan medis. Demikian pula, nyeri hebat yang muncul tiba-tiba di perut kiri bawah mungkin memerlukan perawatan medis segera.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *