Vaksin Covid 19 memang sudah ditemukan dan sebagian kalangan sudah mendapatkan suntikan vaksinasinya. Namun, pandemi belumlah berakhir. Bahaya penyebaran Covid 19 masih tetap mengancam Anda maupun orang-orang yang Anda sayangi. 

Memiliki perlengkapan harian tangkal kuman menjadi sangat penting untuk meminimalkan penyebaran Covid 19. Dengan mempergunakan perlengkapan harian tersebut, Anda setidaknya bisa memastikan kebersihan dan kesterilan diri sendiri dan sekitar untuk terhindar dari paparan virus corona baru. 

Jadi, apakah Anda masih teguh mempersiapkan perlengkapan harian tangkal kuman sampai sekarang? Dari daftar di bawah ini, pastikan Anda tetap memiliki dan menggunakan semuanya, ya. 

  1. Sabun Anti Bakteri 

Mencuci tangan adalah cara paling efektif untuk membunuh virus corona baru yang sudah hingga di tangan Anda. Namun tentunya, tidak cukup jika hanya mencuci tangan memakai air mengalir. Anda perlu mencuci tangan menggunakan sabun anti bakteri untuk bisa membunuh virus corona baru hingga lebih dari 90 persen. Bukan sekadar cuci tangan juga, pastikan Anda mencuci tangan dengan langkah yang benar. Jika memang habis bepergian, tidak ada juga sekalian mandi menggunakan sabun anti bakteri.

  1. Masker 

Menghadapi masa pandemi memang disarankan untuk berdiam di rumah saja. Namun tidak bisa ditampik, ada banyak urusan yang mesti Anda lakukan di luar untuk terus bertahan hidup. Masker dapat menjadi perisai yang pasti untuk meminimalkan paparan Covid 19. Gunakanlah minimal masker  kain 3 lapis. Jika memungkinkan, menggunakan masker medis dengan 3 lapisan jauh lebih baik dan berefek lebih mujarab untuk menghindarkan dari paparan virus corona baru. 

  1. Faceshield 

Masker hanya menutupi area hidung sampai ke dagu untuk melindungi agar virus corona baru tidak masuk lewat saluran pernapasan Anda. Namun, tahukah Anda bahwa virus tersebut juga bisa menginfeksi dengan masuk lewat saluran mata? Karena itu, alangkah lebih baik Anda juga menggunakan face shield saat sedang bepergian atau mesti bertemu seseorang agar seluruh bagian wajah Anda terlindungi dan sulit ditembus oleh Covid 19. 

  1. Handsanitizer 

Tidak semua tempat yang Anda datangi memiliki tempat cuci tangan yang memadai, lengkap dengan sabun antibakteri. Jika memang tidak memungkinkan untuk cuci tangan, Anda juga dapat meminimalkan paparan Covid 19 dengan rajin membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer. Namun, pastikan handsanitizer yang menjadi perlengkapan harian tangkal kuman yang Anda bawa adalah yang memiliki kandungan alkohol aktif minimal 70 persen. 

  1. Cairan Disinfektan 

Tidak ada salahnya membawa perlengkapan harian tangkal kuman berupa cairan desinfektan yang ada dalam wadah kecil. Cairan disinfektan ini dapat Anda semprotkan di tiap benda yang hendak Anda pegang atau duduki guna mematikan kemungkinan virus Covid 19 yang ada di sana. Anda pun menjadi lebih tenang karena risiko terpapar Covid 19 menjadi lebih kecil. 

  1. Alcohol Swab 

Anda mungkin sudah memastikan diri Anda bersih dari virus corona baru karena rajin mencuci tangan menggunakan sabun anti bakteri dan selalu memakai masker. Namun, bagaimana dengan barang-barang yang biasa Anda bawa setiap hari ke manapun, seperti dompet dan ponsel? Justru virus bisa bertahan lebih lama di benda-benda tersebut. Karena alasan ini pulalah, jangan ragu untuk menyiapkan alkohol alcohol swab sebagai perlengkapan harian tangkal kuman. Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan barang bawaan Anda setiap habis keluar rumah. 

*** 

Jadi dari berbagai perlengkapan harian tangkal kuman di atas, apa saja yang sudah Anda miliki? Jika ada yang belum, segera lengkapi perlengkapan tersebut, yuk, supaya hidup lebih aman dan tenang.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *