Perlu Waspada! Inilah Penyebab Muka Pucat yang Kerap Tak Disadari

Secara umum, wajah yang pucat kerap diidentikkan dengan anemia atau kekurangan darah. Padahal hal ini tak selalu benar. Ada beragam faktor yang bisa menyebabkan wajah pucat. Anda perlu mewaspadai jika timbul gejala-gejala umum ketika seseorang mengalami wajah pucat berkepanjangan.

Beberapa penyebab umum muka yang pucat adalah sebagai berikut.

1. Anemia

Kekurangan darah merah dan trombosit yang rendah adalah salah satu penyebab anemia. Hal ini dikarenakan tubuh Anda kurang asupan sayuran hijau, dan daging atau hati. Umumnya penanda ini juga disertai dengan warna lebam kebiruan pada kulit seperti terkena pukulan. Selain itu, penanda lainnya juga terlihat dari gusi yang berdarah tanpa sebab.

Bila beberapa gejala di atas sudah berlangsung berkepanjangan, segera ke dokter untuk mengetahui penyebabnya, ya! Bisa jadi ada penyakit berat bawaan seperti kanker atau sumsum tulang yang tak sehat.

2. Kurang Paparan Matahari atau Terlalu Banyak Paparan Udara Dingin

Jika tubuh Anda kurang paparan sinar matahari, maka kulit akan lebih cepat keriput karena kurangnya asupan vitamin D. Sebaliknya, jika terlalu banyak paparan udara dingin pun akan membuat kulit wajah lebih cepat pucat. Maka, Anda harus bisa menyiasatinya agar semua lebih seimbang.

3. Kekurangan Vitamin B12

Penyebab lainnya wajah yang pucat juga dapat disebabkan kurangnya vitamin dan zat gizi yang seimbang. Jika hal ini terjadi, maka tubuh akan lebih sulit untuk memproduksi sel darah yang sehat. Anemia akan lebih cepat terjadi karena adanya defisiensi karena kadar B12 atau folat dalam tubuh tidak mencapai batas minimum. 

Kekurangan folat dapat terjadi ketika saluran pencernaan tidak berfungsi maksimal dalam penyerapan vitamin. Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi vitamin penambah darah, suplemen kebugaran, ditambah dengan konsumsi makanan sehat yang kaya zat besi dan vitamin B12.

4. Faktor Kelelahan

Penyebab muka dan kulit pucat selanjutnya adalah karena kelelahan. Rasa lelah yang terlalu besar akan menyebabkan seseorang terlihat lemas dan pucat. Matanya akan tampak merah, tubuhnya akan terlihat lesu. Kelelahan yang tidak dibarengi dengan istirahat yang cukup tentu akan semakin memperparah kondisi.

5. Terdapat Gangguan Genetik

Perlu juga diwaspadai adanya kelainan genetik langka yang pada akhirnya bisa mempengaruhi produksi sel darah merah dalam tubuh. Hal ini bisa mengakibatkan kondisi wajah pucat kronis, bahkan hingga ke seluruh tubuh. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya defisiensi glukosa-6-fosfat dehidrogenase (G6PD). Jika berkepanjangan maka akan berakibat pada kondisi kesehatan yang buruk.

Penyakit Albinisme adalah salah satu kondisi yang menjabarkan kelainan genetik yang menyebabkan wajah pucat. Kondisi ini membuat penderitanya harus terus memantau kesehatan secara rutin ke dokter spesialis agar mendapatkan penanganan yang tepat.

6. Infeksi Pembuluh Darah

Salah satu penyebab pucat pada wajah dan tubuh adalah adanya infeksi pembuluh darah. Secara umum, tanda yang timbul biasanya ada demam berkepanjangan, napas cepat, menggigil, jantung berdebar-debar. Jika kombinasi tanda tersebut ada pada diri Anda dan berlangsung lebih dari satu minggu, maka segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit agar segera diberikan penanganan.

7. Efek Samping Mengonsumsi Obat

Selain beberapa tanda di atas, efek samping dalam mengonsumsi obat juga bisa menimbulkan wajah pucat. Rasa kantuk dan lemas akan membuat tubuh Anda terasa tak bertenaga. Meski demikian, gejala ini akan membaik seiring kondisi tubuh Anda yang semakin segar.

Beberapa penanda wajah pucat di atas harus bisa Anda waspadai. Jika merasa kondisi tubuh semakin melemah, maka memeriksakan diri ke dokter adalah sebuah pilihan yang paling tepat. Tenaga medis akan memberikan rekomendasi pengobatan yang terbaik jika memang terdapat penyakit serius yang mungkin Anda miliki.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *