Prodia Kedoya Sediakan Program Pap Smear Gratis BPJS

Banyak nama Laboratorium klinik di Indonesia yang hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia. Di Indonesia, laboratorium klinik terbagi dalam laboratorium klinik umum dan khusus. Salah satu laboratorium klinik umum yang memiliki layanan pemeriksaan baik laboratorium maupun penunjang ada Prodia. 

Sejak berdiri pada 1973 lalu, Prodia telah berkembang pesat menyediakan layanan pemeriksaan yang lebih lengkap dengan alat yang lebih canggih untuk hasil diagnosa yang lebih baik. Salah satu klinik yang menyedia ragam layanan kesehatan adalah laboratorium klinik Prodia Kebayoran.

Tak hanya menyediakan pemeriksaan kesehatan yang lengkap, Prodia bekerja sama dengan pemerintah khususnya BPJS untuk memberikan Program Pap Smear Gratis BPJS. Berikut penjelasannya

Apa itu pap smear?

Pap smear atau tes Pap adalah prosedur skrining untuk kanker serviks, yang menguji keberadaan sel prakanker atau kanker pada leher rahim (pembukaan rahim). Sel-sel dari leher rahim akan dengan lembut dikerok atau dikumpulkan dan diperiksa untuk melihat apakah ada sel-sel yang bertumbuh secara abnormal.

Mungkin Anda akan merasakan sedikit ketidaknyamanan, tapi biasanya tidak menyebabkan rasa sakit jangka panjang. The American Cancer Society menyarankan skrining ini harus dimulai pada usia 25 tahun, bahkan kadang disarankan mulai dari usia 21 tahun. 

Dengan pap smear, kanker serviks bisa dideteksi sejak dini dan peluang untuk sembuh pun akan lebih besar. Pap smear juga dapat mendeteksi potensi adanya kanker yang dapat berkembang di masa depan yang ditunjukkan dari perubahan sel serviks.

Pap smear juga menjadi langkah pertama dalam menghentikan kemungkinan perkembangan kanker serviks. Pemeriksaan panggil biasanya juga dilakukan bersamaan dengan pap smear.

Pada wanita yang berusia 30 tahun ke atas, pap smear dapat dikombinasikan dengan tes untuk human papillomavirus (HPV), yaitu tes untuk mendeteksi infeksi menular seksual yang umum yang dapat menyebabkan kanker serviks.

Pap smear biasanya direkomendasikan oleh dokter untuk dilakukan pengulangan setiap setiap tiga tahun untuk wanita yang berusia 21 hingga 65 tahun. Khusus wanita berusia 30 tahun ke atas, pap smear dapat dipertimbangkan dilakukan setiap lima tahun jika prosedurnya dikombinasikan dengan tes HPV.

Hasil tes pap smear sendiri ada dua macam, yaitu normal (negatif) dan abnormal (positif). Jika hasil tes normal, berarti tidak ada sel-sel abnormal yang tumbuh di leher rahim Anda. Tapi jika hasilnya adalah abnormal, maka berarti ada sel-sel abnormal yang tumbuh dan kemungkinan Anda mengidap kanker.

Jika hasilnya abnormal atau positif, biasanya dokter akan menyarankan untuk meningkatkan frekuensi Pap smear Anda dan melihat lebih dekat jaringan serviks Anda dengan prosedur kolposkopi.

Tes pap smear sangat akurat untuk mendeteksi kanker serviks, bahkan National Cancer Institute mengatakan bahwa skrining pap smear secara teratur mengurangi tingkat kanker serviks dan kematian denga nminimal 80 persen.

Program pap smear gratis BPJS di Prodia Kedoya

Prodia Kedoya menjadi salah satu cabang yang terpilih untuk menyediakan Program Pap Smear Gratis BPJS. Namun, penting diketahui bahwa terdapat kuota yang sudah ditentukan per harinya. 

Untuk itu, lebih baik untuk mendaftar terlebih dahulu ke Prodia Kedoya atau menghubungi melalui telepon minimal sehari sebelum pemeriksaan untuk mengetahui apakah masih ada kuota.

Anda juga perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum melakukan pemeriksaan, diantaranya:

1. Pasien harus membawa surat rujukan dari faskes pertama, beserta diagnosa

2. Membawa KTP dan Kartu BPJS (Asli dan fotokopi)

3. Tidak ada tunggakan pembayaran iuran

4. Belum pernah periksa dalam 1 tahun terakhir, atau belum berturut2 mendapatkan hasil normal dalam 3 tahun terakhir dengan menggunakan fasilitas BPJS

5. Sudah memenuhi persyaratan pemeriksaan PAP SMEAR, yaitu:

  • Saat melakukan pemeriksaan tidak sedang haid/menstruasi (waktu terbaik adalah lima hari setelah haid berakhir)
  • Tidak diperkenankan melakukan hubungan seksual selama 2 hari sebelum pemeriksaan
  • Tidak diperkenankan pencucian vagina selama 2-3 hari sebelum pemeriksaan
  • Tidak menggunakan obat-obatan yang melalui vagina
  • Tidak sedang hamil

Pap smear adalah salah satu pemeriksaan yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan karena dapat mencegah perkembangan kanker serviks serta memberi peluang lebi tinggi untuk kesembuhan. BPJS menyediakan program pap smear gratis untuk masyarakat Indonesia.

Prodia Kedoya menjadi salah satu laboratorium klinik yang terpilih untuk bekerja sama dengan program tersebut. Namun ada kuota harian terbatas, jadi Anda disarankan untuk menghubungi Prodia terlebih dahulu.

Temukan lebih banyak informasi tentang topik ini dan seputar Prodia Kedoya beserta jadwal praktik dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Play Store. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *