Saat Anda mengalami batuk, baik itu batuk kering atau batuk berdahak pastinya akan membuat rasa tidak nyaman di tenggorokan. Bahkan, di beberapa kasus batuk juga dapat menyebabkan munculnya radang tenggorokan. Jika sudah terjadi kondisi seperti itu, sebaiknya Anda langsung mengonsumsi obat seperti Konidin Lozenges Strong Merah.

Konidin Lozenges Strong Merah merupakan permen yang memiliki rasa mint yang kuat. Rasa mint yang dirasakan ini sangat efektif untuk melegakan tenggorokan, menyehatkan rongga mulut dan juga menyegarkan nafas Anda. Jadi tidak heran jika mengonsumsi Konidin ini mampu untuk membuat tenggorokan Anda menjadi lebih baik dan terasa lega.

Permen konidin bahkan mampu meredakan gejala batuk, sakit radang tenggorokan bahkan asma, karena kandungan ekstrak akar manis di dalamnya dapat menyehatkan sistem pernapasan sehingga membuat Anda dapat bernapas dengan lega tanpa adanya hambatan dari lendir atau dahak yang menganggu. Jika Anda tidak ingin mengonsumsi obat – obatan untuk mengatasi radang tenggorokan, ikuti langkah berikut ini.

  1. Perbanyak minum air putih

Saat radang tenggorokan jangan sampai kekurangan cairan atau dehidrasi karena jika itu sampai terjadi mampu memperparah kondisi Anda. Selain memperbanyak minum air putih untuk mencukupi cairan, Anda juga bisa mengonsumsi minuman hangat seperti campuran teh dengan lemon dan madu atau teh chrysanthemum agar tenggorokan menjadi lebih nyaman dan terasa lega.

  1. Mengonsumsi makanan lembut

Saat dalam kondisi radang tenggorokan, hindari makanan yang dapat memicu kondisi semakin parah seperti gorengan atau makanan yang berminyak dan pilihlah makanan yang lembut dan tidak mengganggu atau melukai tenggorokan agar tidak semakin meradang. Anda bisa mengonsumsi bubur ayam, nasti tim, atau pun sup yang tidak terlalu panas untuk menghangatkan tenggorokan dan meminimalisir risiko luka di tenggorokan semakin parah.

  1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam sebanyak 2 hingga 3 kali dalam satu hari dipercaya mampu mengurnagi keluhan peradangan yang tejadi di tenggorokan. Anda bisa membuatnya dengan mencampurkan ¼ sendok garam ke dalam ½ gelas air putih, kemudian berkumurlah kurang lebih selama 5 menit.

  1. Menghirup udara lembap

Penggunaan pelembap udara atau humidifier akan sangat membantu Anda dalam membersihkan lendir dan cairan yang menganggu pernapasan akibat peradangan yang terjadi. Udara lembap ini tentunya akan membuat lendir menjadi lebih cepat encer sehingga mudah untuk dikeluarkan. Ketika sedang mengalami radang pun sebaiknya Anda menghindari terlalu lama berada dalam ruangan yang dingin.

  1. Berhenti merokok

Jika Anda seorang perokok aktif, maka disarankan untuk sementara waktu menghentikan kebiasaan tersebut. Merokok dapat memperparah kondisi tenggorokan karena infeksi yang terjadi tidak kunjung membaik. Sebaliknya, jika Anda berhenti merokok sementara akan dapat membuat masa penyembuhan menjadi lebih cepat karena tenggorokan terbebas dari zat – zat berbahaya sehingga infeksi yang terjadi tidak semakin meradang.

  1. Meninggikan kepala saat tidur

Posisi saat Anda tidur dapat memengaruhi proses keluarnya lendir. Jika Anda ingin mengeluarkan lendir atau dahak dengan mudah, maka lakukanlah posisi kepala yang lebih tinggi. Hal ini  bisa membantu Anda untuk mengeluarkan dahak dari tenggorokan karena memudahkan lendir untuk keluar. Jika dalam posisi tidur datar, lendir akan sulit yang berasal dari hidung sulit untuk mengalir ke tenggorokan sehingga membuat Anda merasa tidak nyaman karena dahak yang sulit keluar. 

  1. Mengonsumsi banyak buah

Selain mengonsumsi makanan yang lembut, mengonsumsi banyak buah – buahan juga akan sangat membantu Anda dalam mengatasi radang tenggorkan. Hal ini karena dengan mengonsumsi buah dapat mengurangi risiko terkena masalah pernapasan seperti penumpukan lendir di tenggorokan dan juga mengurangi peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi radang tenggorokan selain mengonsumsi Konidin Lozenges Strong Merah. Jika Anda ingin berdiskusi dengan dokter mengenai cara mana yang lebih efektif dan tepat untuk masalah kesehatan Anda, silakan berkonsultasi melalui aplikasi kesehatan SehatQ.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *