Apakah masih banyak orang yang menjalankan kebiasaan makan tengah malam, jawabannya tentu saja masih banyak dan bisa saja Anda menjadi salah satunya. Makan tengah malam biasa dilakukan oleh orang-orang yang suka begadang, misalnya menonton pertandingan sepak bola ataupun para pekerja kreatif yang kerap menyelesaikan tugas hingga dini hari.

Tidak bisa dimungkiri, rasa lapar bisa menyeruak ketika hari menjelang tengah malam sehingga makan tengah malam pun menjadi sulit terhindarkan. 

Jika Anda masih sering melakukannya, mulai sekarang cobalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Bagaimanapun, kebiasaan makan yang satu ini rentan menimbulkan beragam bahaya bagi kesehatan tubuh Anda yang dirasakan secara langsung maupun baru dialami beberapa waktu mendatang. 

Berikut ini adalah beberapa bahaya makan tengah malam yang sebaiknya tidak Anda pandang sebelah mata. Jangan sampai Anda menyesal terlebih dahulu karena mengalami hal-hal di bawah ini, baru akhirnya berencana menghentikan kebiasaan bersantap ketika jam sudah menunjukkan pukul tengah malam. 

Tidur Tidak Nyenyak 

Kebiasaan makan tengah malam bisa sangat mengganggu siklus tidur Anda. Kebiasaan yang satu ini bukan hanya membuat Anda sulit untuk memejamkan mata. Bahkan ketika akhirnya Anda sukses untuk tertidur, istirahat Anda akan kurang pulas dan kemungkinan kerap terbangun. Kondisi ini berhubungan dengan adanya ketidaknyamanan di bagian lambung Anda akibat makanan yang disantap saat tengah malam cenderung belum tercerna dengan baik ketika akhirnya Anda memutuskan untuk tidur. 

Berat Badan Gampang Naik 

Makan tengah malam bisa menyebabkan kegendutan bahkan obesitas itu bukan sesuatu yang mengada-ada. Kenyataannya saat Anda memutuskan makan tengah malam, pembakaran kalori menjadi tidak maksimal sehingga menumpuk di tubuh dan berpotensi menjadi lemak yang sulit hilang. Hal inilah yang membuat berat badan Anda gampang naik dan sulit dikendalikan ketika terbiasa makan tengah malam. Pembakaran kalori yang tidak maksimal setelah makan tengah malam sendiri terjadi karena metabolisme tubuh pada malam hari memang melambat dan tidak seefektif siang hari. 

Sistem Pencernaan Terganggu 

Orang-orang yang punya kebiasaan makan tengah malam cenderung mengeluhkan adanya masalah di bagian saluran pencernaan mereka. Tidak jarang mereka akan merasa tidak nyaman karena menderita mulas, maag, diare, bahkan sembelit. Pasalnya, makan tengah malam membuat produksi asam lambung berlebih. Hal inilah yang menjadi awal mula dari beragam gangguan pencernaan yang mungkin Anda rasakan. 

Tekanan Darah Meningkat 

Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa menjadi awal mula berbagai penyakit kronis. Penyakit jantung sampai stroke tidak jarang disebabkan oleh tekanan darah tinggi pada awalnya. Makan tengah malam sendiri bisa menjadi penyebab tekanan darah meningkat sehingga Anda pun menderita hipertensi alias penyakit tekanan darah tinggi. Untuk mencegah peningkatan tekanan darah akibat makan malam, disarankan Anda tidak makan di atas pukul 7 malam.

Diabetes Mengintai 

Tidak tanggung-tanggung, kebiasaan makan tengah malam bisa membuat risiko penyakit diabetes menjadi lebih besar Anda alami. Soalnya ketika Anda terbiasa makan tengah malam dan memutuskan untuk cepat tidur setelahnya, ditemukan terjadi peningkatan glukosa dan insulin dalam tubuh. Kadar glukosa dan insulin yang tinggi inilah yang bisa menjebloskan Anda ke situasi penyakit diabetes. 

Fungsi Otak Melemah 

Kebiasaan makan tengah malam juga dapat berpengaruh pada kinerja otak Anda. Jika belakangan Anda merasa mudah lupa dan sulit berkonsentrasi, bisa jadi ini merupakan imbas dari perilaku Anda yang suka menyantap makanan ketika sudah lewat jam makan malam. Ini terjadi karena saat makan tengah malam, terjadi perubahan perilaku otak yang bisa membuat fungsi otak melemah sehingga Anda menjadi sulit berkonsentrasi dan mudah lupa. 

Kesehatan Mental Memburuk 

Orang-orang yang memiliki kebiasaan makan tengah malam ternyata memiliki kesehatan mental yang lebih buruk daripada orang-orang yang makan malam di waktu yang lebih awal. Ini berkaitan dengan terganggunya kualitas tidur ketika seseorang makan tengah malam. Waktu tidur yang kurang hingga kualitas yang tidak apik inilah yang membuat mental Anda menjadi memburuk. Beberapa tanda kondisi kesehatan yang memburuk akibat kebiasaan makan tengah malam, antara lain gampang marah, mudah panik, sampai memiliki kecemasan berlebih. 

Mulai sekarang buat waktu makan malam Anda lebih awal. Makan tengah malam hanya membuat kualitas hidup Anda memburuk karena berisiko mengganggu kesehatan fisik dan mental Anda secara keseluruhan. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *