Anda mungkin sering bertanya-tanya, apakah program penurunan badan yang dijalankan saat ini sudah termasuk dalam diet sehat atau sebaliknya? Selama program diet Anda harus benar-benar mengetahui apakah Anda sudah makan dengan benar, berlatih secara teratur, mengalami penurunan berat badan yang wajar dan sudahkah Anda mendengarkan tubuh. 

Pesan halus yang dikirim tubuh akan memberitahu Anda. Dengarkan baik-baik dan Anda akan berhasil dalam memilih makanan terbaik untuk tubuh, termasuk makan banyak sayuran organik, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang-kacangan. Oleh karena itu, sebaiknya ketahui beberapa ciri diet sehat dan berikut adalah beberapa tanda bahwa Anda sudah makan dengan benar untuk tubuh.

1. Rutin buang air kecil dan besar setiap hari

Sembelit seringkali merupakan tanda pertama bahwa Anda tidak makan dengan benar. Anda harus buang air besar setiap hari. Jika tidak, tambahkan lebih banyak buah, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang kaya serat.

2. Anda sudah tidak lagi memerhatikan kalori harian

Jika Anda harus memerhatikan kalori sepanjang waktu, kemungkinan besar Anda terlalu banyak makan makanan olahan, minuman manis, keju, dan daging. Tetapi jika Anda kebanyakan makan makanan nabati, Anda akan melihat bahwa tubuh secara alami langsing. Anda tidak berpikir tentang makan ketika Anda tidak lapar dan Anda hanya mau makan sampai merasa kenyang saja serta berhenti pada waktu tubuh mulai memberikan sinyal untuk berhenti.

3. Suasana hati dan mood menjadi lebih seimbang

Banyak faktor dapat menyebabkan perubahan suasana hati, seperti terlalu banyak alkohol, gula, dan kafein yang dapat menyebabkan perubahan suasana hati terutama berhubungan dengan kecemasan. Jumlah berlebihan makanan ini tidak boleh menjadi bagian rutin dari diet Anda. Makanan tersebut akan membuat Anda menginginkan pikiran yang semakin buruk. Sebaliknya mengurangi asupan mampu membuat pikiran Anda menjadi lebih seimbang dan damai.

4. Tubuh terhidrasi dengan baik

Dehidrasi adalah tanda tubuh Anda minum terlalu sedikit air dan minum terlalu banyak kafein, gula dan alkohol. Kondisi ini menyebabkan rasa haus, kulit kering, bibir kering, dan sel-sel kering di semua area tubuh Anda. Minum banyak air dan mengonsumsi banyak makanan dengan kandungan air tinggi seperti buah-buahan dan sayuran akan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

5. Anda memiliki energi sepanjang hari

Selama diet sehat Anda harus merasa berenergi sepanjang hari dan memenuhi kebutuhan. Jika Anda mengalami gangguan energi pada jam 4 sore setiap hari, maka ada sesuatu tentang diet Anda yang tidak beres. Terlalu banyak kopi atau sarapan yang terlalu tinggi karbohidrat dapat menyebabkan penurunan gula darah di kemudian hari. Bisa juga Anda membutuhkan camilan di sore hari untuk membantu menjaga keseimbangan gula darah hingga waktu makan malam.

6. Tidur nyenyak di malam hari 

Segala macam hal dapat membuat Anda terjaga di malam hari termasuk diet. Minum alkohol dapat membuat Anda tetap terjaga serta kafein yang berlebihan sepanjang hari. Jika Anda makan terlalu banyak untuk makan malam, atau sebelum tidur, hati Anda terus-menerus mencoba memecah makanan di malam hari, yang dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk tidur dan tetap tertidur.

7. Mulai belajar masak makanan rumahan setiap malam

Jika Anda makan di luar hampir setiap malam, hampir tidak mungkin untuk mengontrol apa yang Anda makan. Belajar memasak di rumah dengan baik adalah salah satu teknik terbaik untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya selama diet sehat. Anda juga dapat masak untuk makan siang yang merupakan salah satu cara lain untuk memastikan Anda tetap berpegang pada diet sehat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *