Tips Cara Memilih Dokter Kandungan

Perawatan prenatal yang baik adalah salah satu persiapan terpenting dalam mewujudkan bayi yang sehat. Tetapi memutuskan siapa dokter kandungan yang harus menyediakan pelayanan dan membantu Anda adalah tantangan tersendiri. 

Jika Anda seperti kebanyakan wanita, Anda mungkin sulit mengungkapkan bagian paling intim dari tubuh dan kehidupan Anda kepada dokter. Meskipun Anda bersemangat untuk memiliki bayi, menemukan dokter kandungan yang tepat bisa terasa seperti tugas yang sangat berat. Namun, kesehatan Anda, dan kesehatan bayi Anda jika Anda hamil, bergantung padanya.

Pasti Anda juga sudah tahu referensi dokter kandungan dari lingkungan Anda, namun bagaimana Anda menemukan dokter kandungan terbaik yang tepat untuk Anda? Berikut beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan dalam menentukan dokter kandungan:

  • Putuskan dokter kandungan seperti apa yang Anda inginkan

Untuk memulai, tanyakan kepada dokter perawatan primer Anda untuk daftar rujukan. Keluarga, teman, dan penyedia layanan kesehatan lainnya juga merupakan sumber yang baik untuk rekomendasi dokter kandungan. Luangkan waktu untuk meneliti kredensial dan pengalaman dokter tersebut. Riwayat kesehatan Anda dan apakah Anda mungkin mengalami kehamilan beresiko tinggi, bisa menjadi faktor yang perlu Anda pertimbangkan.

  • Pikirkan tentang kepribadian dan gaya komunikasi Anda

Sebelum mencari tahu potensi dokter kandungan sedikit lebih jauh, Anda perlu mempertimbangkan diri Anda sendiri. Misalnya, jika Anda menganggap diri Anda lebih serius, apakah Anda menginginkan OB-GYN atau dokter kandungan yang serupa, atau seseorang yang dapat membawa sedikit sikap santai dalam kunjungan Anda? Apakah Anda ingin OB-GYN Anda hanya memberikan fakta, atau Anda lebih memilih sikap yang lebih lembut? 

Pikirkan tentang “yang harus dimiliki” yang Anda cari pada dokter kandungan Anda dan jenis kepribadian apa yang cenderung cocok dengan kepribadian Anda, untuk membantu Anda mengetahui dengan lebih jelas apakah dokter merasa tepat untuk Anda saat Anda berkunjung.

  • Pertimbangkan gender

Anda harus merasa nyaman dengan jenis kelamin dokter kandungan karena Anda perlu mendiskusikan informasi pribadi secara terbuka. Pikirkan apakah jenis kelamin penting bagi Anda dan apakah Anda mungkin merasa terhambat atau canggung di depan dokter dengan jenis kelamin tertentu. Pada saat yang sama, untuk masalah kesehatan yang berpotensi serius, jangan menyangkal perawatan profesional terbaik untuk diri Anda sendiri karena jenis kelamin dokter.

  • Periksa sejarah, lokasi, dan spesialisasi mereka

Setelah Anda melihat calon dokter kandungan, temukan biografi online mereka. Periksa apakah mereka saat ini berlatih di klinik yang nyaman bagi Anda. Sertifikasi ketika OB-GYN telah menyelesaikan pelatihan tambahan dan ujian di luar lisensi mereka untuk diakui sebagai ahli mungkin penting bagi Anda. Lihat juga apakah Anda dapat menemukan detail tentang spesialisasi apa pun. Misalnya, Anda mungkin menginginkan dokter kandungan yang sangat tertarik dalam mengelola menstruasi yang berat. Atau jika Anda sedang hamil, Anda mungkin menginginkan dokter kandungan yang berpengalaman dengan diabetes gestasional.

  • Penelitian kualitas rumah sakit

Rumah sakit dokter kandungan Anda adalah rumah sakit Anda. Untuk alasan ini, pertimbangkan kualitas perawatan di rumah sakit tempat dokter Anda dapat merawat pasien. Kualitas rumah sakit penting bagi Anda karena pasien di rumah sakit berperingkat teratas memiliki komplikasi yang lebih sedikit dan tingkat kelangsungan hidup yang lebih baik. Selain itu, pertimbangkan apakah lokasi rumah sakit penting bagi Anda. Sering bolak-balik ke rumah sakit mungkin berarti Anda memerlukan lokasi yang nyaman agar mudah untuk dijangkau.

Ingatlah bahwa Anda tidak terjebak dengan keputusan Anda. Anda memegang kendali atas perawatan kesehatan Anda. Jika hubungan dokter kandungan Anda tampaknya tidak berhasil, coba bicarakan tentang kekhawatiran Anda. Kadang-kadang hal ini mungkin masalah sederhana untuk membereskan miskomunikasi atau kesalahpahaman, dan kemudian semuanya berjalan lancar. Tetapi jika Anda merasa perlu beralih ke dokter kandungan baru, tidak apa-apa juga. 

Biasanya pasien merasa bersalah saat ingin berganti dokter kandungan. Anda tidak perlu khawatir, karena setiap dokter kandungan tidak mungkin menjadi dokter yang terbaik untuk setiap pasien. Untuk membantu Anda menemukan dokter kandungan yang paling cocok, Anda bisa melihat daftar dokter kandungan di SehatQ.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *