Tips memilih dokter spesialis kandungan yang tepat. Yang terlintas dalam pikiran saat mendengar dokter spesialis kandungan adalah segala hal yang berkaitan dengan pemeriksaan kehamilan. Padahal tidak cuma sekedar itu loh.

Dokter spesialis kandungan dikenal juga dengan istilah dokter obgyn, yaitu istilah yang berasa dari singkatan obstetri dan ginekologi.

Obstetri adalah cabang ilmu kedokteran yang khusus mempelajari masalah kehamilan dan persalinan. Sementara Ginekologi, merupakan cabang ilmu kedokteran yang fokus mempelajari sistem dan organ reproduksi perempuan.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa dokter spesialis kandungan sudah mendapat pelatihan spesialisasi untuk merawat kesehatan reproduksi perempuan secara menyeluruh.

Mengenal Subspesialisasi Dokter Spesialis Kandungan

Dokter spesialis kandungan atau dokter obgyn sudah terlatih dalam melayani kebutuhan pasien dari yang remaja hingga yang memasuki masa menopause. 

Sebagai spesialis obstetri dan ginekologi, selain memeriksa kehamilan, dokter juga bisa menjalankan screening kanker hingga melakukan operasi. Ada empat subspesialisasi dokter obgyn, yaitu sebagai berikut.

  • Ginekologi onkologi, meliputi bidang pengobatan kanker di organ reproduksi perempuan
  • Kedokteran ibu-janin, ahli dalam menangani kehamilan berisiko tinggi
  • Pengobatan panggul dan bedah rekonstruktif, memberikan perawatan medis dan bedah untuk perempuan dengan masalah pada panggul, seperti inkontinensia urine dan prolaps organ panggul
  • Endokrinologi reproduksi dan infertilitas, mengevolusi dan menangani masalah kesuburan, serta menangani berbagai gangguan reproduksi

Tips Memilih Dokter Spesialis Kandungan yang Tepat

Masalah kehamilan dan organ reproduksi adalah masalah yang sensitif. Sehingga Anda perlu memperhatikan pemilihan dokter obgyn atau dokter spesialis kandungan. 

Anda bisa meminta rekomendasi dari orang yang dipercaya, seperti anggota keluarga, teman, atau dokter kenalan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dipertimbangkan dalam pemilihan dokter.

Memilih dokter perempuan atau laki-laki 

Karena terkait dengan kenyamanan mungkin Anda perlu mempertimbangkan diperiksa oleh dokter yang juga perempuan.

Mengecek tempat praktek 

Kenyamanan lain yang perlu diperhatikan adalah masalah jarak yang dekat dengan rumah. Namun Anda harus tetap memperhatikan reputasi dan kualitas rumah sakit tersebut.

Mempertimbangkan pengalaman

Biasanya, semakin banyak pengalaman suatu dokter dalam menangani kondisi kesehatan tertentu, semakin tinggi peluang untuk mendapatkan hasil yang baik.

Evaluasi kenyamanan

Saat anda melakukan konsultasi, pastikan Anda menikmati dan nyaman dalam melakukan pemeriksaan. Lakukan evaluasi saat masa konsultasi. 

Evaluasi gaya komunikasinya, evaluasi apakah penjelasannya mudah dimengerti, serta apakah dokter tersebut mudah dihubungi.

Kapan Saat yang Tepat ke Dokter Kandungan

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa dokter spesialis kandungan tidak hanya mengurusi masalah kehamilan saja. 

Oleh karena itu, Anda bisa datang ke dokter kandungan jika Anda memiliki beberapa masalah atau keluhan seperti infeksi pada area produksi, keputihan tidak biasa, menstruasi telat, hingga menopause. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan faktor resiko kanker.

Perempuan sehat juga dibolehkan mengunjungi dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sistem reproduksi dan mencegah potensi penyakit yang mungkin terjadi. Pemeriksaan ini penting bagi perempuan di atas 21 tahun, khususnya yang telah aktif berhubungan secara seksual.

Demikian tips memilih dokter spesialis kandungan yang tepat. Penting untuk mendapatkan dokter spesialis kandungan yang cocok dengan kenyamanan Anda. 

Tips ini berlaku tidak cuma bagi Anda yang sedang mengalami masa kehamilan.  Tips ini juga berlaku bagi perempuan yang ingin memeriksakan kondisinya. Tak perlu malu untuk mengunjungi dokter kandungan saat sedang mengalami masalah yang berkaitan dengan menstruasi, terkena infeksi, atau hubungan seksual.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *