Tips Memilih Pembersih Muka yang Mengandung Surfaktan

Surfaktan terkenal dengan kemampuannya sebagai surface active agent yang mampu membersihkan wajah. Zat kimia ini memang kerap kali akan kamu temukan dalam produk kecantikan seperti gentle cleanser. Kebutuhan terhadap sabun pembersih muka menjadi sangat urgent, apalagi jika kita secara intensif melakukan aktivitas di luar rumah. Debu, kotoran dan kuman yang menempel pada wajah harus segera dibersihkan agar tidak menimbulkan jerawat.

Namun ternyata menggunakan gentle cleanser untuk wajah tidak boleh sembarangan. Walaupun semua produk pembersih muka mempunyai khasiat yang sama, yaitu untuk membersihkan wajah, namun kamu perlu hati-hati. Menggunakan pembersih wajah tanpa paham komposisinya bisa berakibat fatal. Bukannya malah membersihkan, wajah bisa kering, kusam atau kemerahan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memilih gentle cleanser, atau pembersih wajah yang mengandung surfaktan.
Pilih produk yang sesuai untuk kondisi wajah
Kondisi wajah setiap orang berbeda-beda, ada yang kering, berminyak, dan sensitif. Untuk memastikan sabun pembersih wajah yang digunakan aman dan mampu memenuhi kebutuhan kamu, pastikan membeli produk gentle cleanser yang mengakomodasi kebutuhan kulit. Apabila kamu mempunyai kulit berminyak, pilihlah pembersih wajah yang khusus untuk kulit berminyak dan berbentuk gel agar menetralisir produksi minyak. Begitupun untuk kulit kering, carilah produk yang khusus untuk kebutuhan kulit keringmu agar wajah tetap lembab. Untuk kulit sensitif, pastikan pembersih wajah tidak akan menyebabkan iritasi pada area muka.
Cek bahan-bahan pada produk
Melakukan pengecekkan bahan baku pada produk bisa menjadi salah satu langkah yang kamu gunakan untuk memilih gentle cleanser. Pastikan kamu menghindari bahan-bahan dengan kandungan yang bisa membuat kulit iritasi. Bahan-bahan pada pembersih wajah yang perlu kamu hindari, yaitu Sodium Lauryl Sulfate (SLS), pewangi, oil, paraben, dan alkohol
Hindari penggunaan produk dengan bahan scrub
Scrub pada gentle cleanser umumnya berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Hal ini tentu bagus dilakukan agar wajah tidak kusam dan terlihat lebih cerah. Namun, penggunaan scrub pada wajah yang terlalu sering bisa mengiritasi kulit sehingga wajah akan kemerahan dan terasa pedih. Kulit wajah bertekstur lembut sehingga lebih sensitif terhadap penggunaan bahan kimia, dibandingkan bagian kulit tangan, punggung atau dada. Oleh karena itu, bagi kamu yang mempunyai kulit sensitif hindari penggunaan scrub, cukup gunakan pembersih wajah biasa tanpa ada eksfoliator di dalamnya.
Lakukan review sebelum membeli
Ada baiknya kamu melakukan pengecekkan produk melalui review yang dilakukan oleh orang lain. Melalui review tersebut kamu bisa mendapatkan insight terkait kualitas produk dan pengalaman pengguna setelah memakai produk lebih dari 1 kali pakai. Kamu juga perlu membandingkan review dengan rating rendah hingga tinggi. Jangan hanya terpaku pada review bagus, namun kamu tetap perlu membandingkan dengan review berbintang rendah.
Kandungan pelembab
Pastikan produk yang kamu gunakan mengandung pelembab. Artinya, bahan pembersih wajah mampu memberikan kelembaban pada wajah. Kondisi di negara tropis seperti Indonesia memerlukan kelembaban yang cukup pada area wajah agar tidak cepat kering dan kusam karena sengatan sinar matahari dan suhu panas saat musim kemarau.
Konsultasikan ke dokter
Apabila kamu masih ingin mendapatkan informasi lebih dari, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit di rumah sakit. Informasikan tujuan kamu untuk konsultasi terlebih dahulu, bukan untuk membeli produk perawatan atau melakukan treatment.

Nah, itu saja informasi mengenai tips memilih pembersih muka yang mengandung surfaktan. Semoga bermanfaat untuk kamu yang ingin mencari gentle cleanser wajah ya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *