USG testis di Biotest Kelapa Gading untuk mendeteksi berbagai penyakit.

Biotest Kelapa Gading memiliki satu layanan yang sangat direkomendasikan oleh semua pria, baik yang sudah berumah tangga maupun belum. Biotest Kelapa Gading menyediakan layanan USG testis yang sangat penting dan banyak manfaat.

Apa itu USG testis?

USG adalah prosedur medis yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menghasilkan gambar bagian dalam tubuh. Ultrasonografi testis secara khusus akan dilakukan pada bagian tubuh tertentu pada seseorang tersebut.

Jenis USG ini sering kali merupakan tes pertama yang dilakukan di klinik dan rumah sakit jika dokter mengira Anda mungkin menderita kanker testis. Hal ini perlu dilakukan karena pemindaian ultrasound dapat digunakan untuk melihat apakah perubahan anatomi bersifat jinak atau berisi cairan, atau lebih padat yang mungkin mengindikasikan bahwa itu adalah tumor.

Mengapa USG testikular perlu dilakukan?

Meskipun alasan paling umum untuk melakukan USG adalah menemukan benjolan di suatu tempat di tubuh Anda, itu bukan satu-satunya alasan Anda memilih untuk melakukan USG. Misalnya, Anda mungkin menderita nyeri skrotum atau bahkan torsio testis. Jenis torsi ini terjadi ketika testis berputar, memutar korda spermatika yang membawa darah ke skrotum. Berkurangnya aliran darah dari torsi testis dapat menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan yang tiba-tiba dan parah.

Benjolan umum yang mungkin ditemukan selama ultrasound

Ada sejumlah jenis benjolan umum yang dapat ditemukan selama USG:

Epididimis

Kepala epididimis biasanya terasa seperti benjolan.

Kista epididimis

Ini adalah jenis kista yang tidak berbahaya dan sangat umum, ketika kantung berisi cairan yang ditemukan terutama di kepala epididimis. 

Epididimitis

Ini adalah infeksi epididimis dan terkadang testis. Epididimitis adalah ketika epididimis menjadi bengkak dan terkadang nyeri. Anda akan memerlukan pengobatan antibiotik jika ini ditemukan menjadi masalah.

Hydrocoele

Ini adalah cairan ekstra di sekitar testis, yang mungkin memiliki puing-puing mengambang di dalam cairan. Hal ini terkait dengan kandungan protein atau kolesterol. Jenis benjolan ini jinak tetapi mungkin memerlukan perawatan jika ukurannya besar

Kista intratestikular

Ini adalah bentuk lain dari kantung cairan, tetapi terletak di dalam testis daripada di epididimis dan bersifat jinak.

Seminoma

Ini adalah bentuk umum dari kanker testis. Seminoma tumbuh lambat dan biasanya ditemukan di testis, tetapi berpotensi menyebar ke kelenjar getah bening. Seminoma testis sangat sensitif terhadap terapi radiasi dan dapat diobati dengan cara ini.

Varikokel

Ini adalah saat pembuluh darah di dalam kantung skrotum melebar, dan berpotensi mempengaruhi kualitas sperma karena meningkatkan suhu di dalam kantung itu sendiri. Mereka juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

Siapa yang dapat melakukan USG testis?

Seringkali, pasien yang mengalami masalah kesuburan memerlukan USG sebagai bagian dari penilaian kesuburan mereka. Dengan melakukan USG testis pada pasien ini, para dokter spesialis di Biotest Kelapa Gading mungkin dapat melihat lesi di dalam testis yang mungkin tidak dirasakan saat pemeriksaan.

Bagaimana USG testis dilakukan?

Prosedurnya sendiri akan cukup mudah dan harus paham, meskipun Anda mungkin merasakan beberapa ketidaknyamanan atau tekanan, namun umumnya Anda tidak merasa sakit selama USG.

Anda harus melepas pakaian bawah dan akan diminta untuk berbaring untuk proses tersebut. Seluruh janji temu akan memakan waktu sekitar setengah jam, dengan USG itu sendiri hanya berlangsung selama 10 menit.

Spesialis di Biotest Kelapa Gading akan mulai dengan mengoleskan gel hangat berbasis air ke skrotum Anda. Ini membantu probe, juga disebut “transduser”, untuk bergerak di atas kulit Anda. Memindahkannya akan membantu membentuk gambar, yang kemudian dapat ditinjau oleh tim setelah USG selesai.

Mempersiapkan USG 

Biasanya, tidak akan ada persiapan khusus yang perlu Anda lakukan untuk melakukan USG skrotum. Misalnya, Anda tidak perlu berpuasa, membatasi makanan tertentu dari makanan, atau khawatir tentang memiliki kandung kemih penuh sebelum ujian berlangsung. Anda juga dapat mendiskusikan penggunaan obat tertentu yang boleh dikonsumsi dengan spesialis sebelum prosedur berlangsung

Setelah USG 

Prosedur ini seharusnya tidak ada efek samping setelah Anda menerima pemindaian ultrasound testis. Anda dapat meninggalkan klinik, mengemudi, makan, minum, dan segera melanjutkan aktivitas biasa lainnya.

Jika Anda yakin ada masalah, atau jika masalah ditemukan selama USG testis atau skrotum, Anda sebaiknya segera tayanyak ke dokter di Biotest Kelapa Gading untuk tindak lebih lanjut atau diberikan pengobatan lainnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *